Sukai Halaman Grosir Mutiara Lombok Supplier Murah

5 Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Banyak orang ingin belajar bahasa inggris namun menemukan banyak kendala atau kesulitan ketika mempelajarinya. Seperti yang kita tahu, belajar bahasa asing terkadang menjadi sebuah hal yang sulit karena kita tidak terbiasa pada bahasa tersebut. Namun karena bahasa Inggris begitu penting, kadang-kadang banyak orang memaksakan diri untuk belajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode yang salah. Saat hal seperti ini tejadi, cari guru privat bisa menjadi solusi untuk anda.

Berbicara tentang metode untuk belajar bahasa Inggris, tak semua metode pembelajaran bisa cocok untuk setiap orang. Sebenarnya, ada berbagai tips yang bisa kita gunakan untuk mengatasi berbagai kesulitan yang sering kita temukan saat belajar bahasa Inggris. Namun terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis-jenis kesulitan yang biasanya dihadapi oleh orang yang belajar bahasa Inggris. Baca informasi di bawah ini untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dalam belajar bahasa Inggris dan juga tips menarik untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut.

Apa Saja Kesulitan Dalam Belajar Bahasa Inggris?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, akan ada kesulitan yang dihadapi oleh seseorang yang belajar bahasa Inggris. Hal itu terjadi karena kita tidak terbiasa dengan bahasa tersebut. Secara umum, inilah kesulitan-kesulitan yang biasanya dihadapi oleh orang yang sedang belajar bahasa Inggris:

  • Pengucapan
    Bagi sebagian orang, bahasa Inggris merupakan bahasa yang sulit karena kosa kata dalam bahasa Inggris sulit untuk diucapkan. Seperti yang kita tahu, beberapa huruf seperti r atau t merupakan huruf tersirat dalam bahasa Inggris dan memerlukan cara tertentu untuk mengucapkannya. Hal seperti ini yang akhirnya membuat orang merasa sulit dalam belajar bahasa Inggris. Kosa kata dalam bahasa Inggris pun begitu beragam. Ada yang tampak sama padahal memiliki arti dan pengucapan yang berbeda. Inilah yang menjadi kendala dalam belajar bahasa Inggris. Terlalu banyak kosa kata yang tampaknya sama saat mengucapkannya, padahal memiliki pengucapan berbeda. Ada juga yang pengucapannya sama namun memiliki arti yang berbeda.
  • Kosa Kata
    Selain pengucapan, kosa kata dalam bahasa Inggris pun menjadi kendala dalam belajar bahasa Inggris. Kosa kata bahasa Inggris begitu banyak, dan sebagian orang merasa kewalahan saat harus menghafalkannya. Bahkan kosa kata dalam bahasa Inggris seringkali memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya kata have, yang bisa digunakan untuk menyatakan kepemilikan dan juga pelengkap untuk beberapa tenses. Bagi orang yang belum terlalu mahir dalam bahasa Inggris, tentunya hal itu menjadi kendala dan sering membuat mereka kebingungan. Akhirnya lambat laun kendala tersebut membuat mereka merasa malas untuk mendalami bahasa Inggris.
  • Berbicara
    Hal lainnya yang menjadi kendala dalam belajar bahasa Inggris adalah berbicara dalam bahasa Inggris. Banyak orang yang merasa ragu untuk berbicara bahasa Inggris karena takut salah. Tak hanya takut salah mengucapkan, mereka pun kadang takut salah menggunakan grammar. Hal seperti ini tentunya akan membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi terhambat. Seperti yang kita tahu, berbicara dalam bahasa Inggris merupakan hal penting yang harus kita lakukan untuk meningkatkan skill bahasa Inggris kita. Jadi kendala seperti ini pastinya akan benar-benar menghambat kemampuan kita untuk memahami bahasa Inggris lebih dalam lagi.

Bagaimana Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris?

Kendala-kendala yang biasa kita hadapi saat belajar bahasa Inggris harus segera kita atasi. Membiarkan kendala tersebut muncul hanya akan membuat skill bahasa Inggris kita semakin menurun. Lalu, apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi berbagai kendala dalam belajar bahasa Inggris? Simak cara-caranya di bawah ini:


  1. Hafalkan Minimal 10 Kosa Kata Per Hari
    Kosa kata merupakan bagian penting dalam sebuah bahasa asing, begitu pun dalam bahasa Inggris. Dengan menguasai banyak kosa kata, kita akan lebih mudah memahami teks bahasa Inggris, sehingga akhirnya kemampuan bahasa Inggris kita akan berkembang. Jadi, biasakan untuk menghafal minimal 10 kosa kata bahasa Inggris per hari agar kemampuan bahasa Inggris kita berkembang dengan cepat. Jika kita kesulitan dalam menghafalkannya, kita bisa menghafal bagian dari kosa kata tersebut yang menurut kita unik. Dengan cara seperti ini, kita akan mudah menghafal  10 kosa kata per hari.
  2. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman
    Hal lain yang biasanya mempengaruhi proses belajar kita adalah suasana saat kita belajar. Suasana belajar yang nyaman biasanya akan membuat kita lebih berkonsentrasi. Jadi, usahakan untuk belajar di tempat yang nyaman. Misalnya, kita bisa belajar di taman ataupun tempat lain yang membuat kita lebih berkonsentrasi saat belajar bahasa Inggris. Dengan suasana yang nyaman, konsentrasi kita akan meningkat dan akhirnya kita akan menguasai bahasa Inggris dengan lebih cepat.
  3. Ikut Les Privat Online
    Saat ini, berbagai hal bisa dilakukan lewat online, begitu juga dengan les bahasa Inggris. Tak ada salahnya untuk mengikuti les bahasa Inggris online. Les bahasa Inggris online benar-benar fleksibel dan tidak akan mengganggu jadwal kegiatan anda. Anda bisa belajar bahasa Inggris kapanpun dan dimana pun anda mau. Tak hanya itu, anda pun bisa menemukan guru privat online yang sesuai dengan anggaran yang anda miliki. Website terpercaya seperti Preply.com akan membantu anda menemukan guru privat bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya sesuai dengan anggaran yang anda miliki. Guru privat online yang disediakan pun merupakan guru privat berpengalaman dan sebagian diantaranya merupakan penutur asli. Hal ini tentunya sangat menguntungkan. Bukankah belajar dari penutur asli akan membuat kemampuan bahasa Inggris kita semakin meningkat?
  4. Rutin Praktekkan Dalam Kegiatan Sehari-hari
    Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi kendala dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan mencoba mempraktekkan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saat anda di rumah dan ingin melakukan sesuatu, anda bisa melakukan sesuatu tersebut sambil menceritakannya dalam bahasa Inggris. Bahkan saat anda sedang berbicara dalam hati, anda bisa mengubah kebiasaan tersebut ke dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat membantu. Karena saat kita sudah terbiasa dengan bahasa Inggris, skill kita dalam bahasa Inggris pun akan semakin meningkat. Itu artinya kita bisa mempelajari materi bahasa Inggris yang lainnya, hingga kita benar-benar mahir berbahasa Inggris.
  5. Seringlah Mendengar Lagu Bahasa Inggris dan Film dengan Subtitle Bahasa Inggris
    Mendengarkan lagu berbahasa Inggris bisa kita jadikan cara untuk memahami bahasa Inggris dengan mudah. Saat kita mendengarkan lagu bahasa Inggris, kita akan tahu kosa kata baru. Apa lagi jika kita menuliskan lirik lagu tersebut, kita bisa memahami berbagai grammar dalam bahasa Inggris. Juga jika kita menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, itu akan membantu kita untuk tahu lebih banyak tentang kosa kata bahasa Inggris dan penggunaannya. Seperti yang kita tahu, terkadang ada beragam kosa kata yang memiliki arti yang sama namun penggunaannya berbeda. Dengan menonton film berbahasa Inggris, kita akan lebih tahu tentang penggunaan-penggunaan kosa kata tersebut.

Itulah beberapa informasi  tentang kesulitan dalam belajar bahasa Inggris dan juga cara tepat untuk mengatasinya. Semoga informasi tentang 6 cara mengatasi kesulitan belajar bahasa Inggris di atas bisa bermanfaat untuk anda. Anda pun bisa cari guru privat agar menguasai bahasa Inggris lebih cepat.