Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan Makalah Definisi

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan Definisi - Kontrasepsi adalah tindakan atau usaha yang bertujuan untuk   mencegah terjadinya konsepsi atau pembuahan (Notohardjo, R. 1998). Kontrasepsi suntik 3 bulanan adalah alat kontrasepsi berupa cairan yang berisi hanya hormon progesteron dan disuntikkan kedalam tubuh wanita secara periodik yaitu 3 bulan sekali (Depkes RI. 2002).

Mekanisme Kerja Kontrasepsi Suntik
Mekanisme kerja kontrasepsi suntik dapat dijelaskan sebagai berikut:  
  1. Menghalangi pengeluaran FSH dan LH FSH dan LH akan mempengaruhi ovarium, sehingga tidak terjadi pelepasan ovum.
  2. Mengentalkan lendir servik. Sehingga spermatozoa akan sulit menembus serviks. 
  3. Terjadi perubahan peristaltik tuba fallopi. Akan menghambat terjadinya konsepsi 
  4. Mengubah suasana endometrium, sehingga tidak sempurna untuk implantasi hasil konsepsi. (Manuaba, IBG.1998)

Efektifitas Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Efektivitas tinggi, kesuburan dapat kembali setelah beberapa lama dan cocok untuk ibu-ibu sedang menyusui bayinya. Angka kegagalan adalah  0,3 kehamilan dari 100 pemakai pada tahun pertama pemakaian (Namiruddin, R. 2002).

Keuntungan Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Kontrasepsi suntik 3 bulanan memiliki beberapa keuntungan antara lain sangat efektif untuk pencegahan kehamilan jangka panjang, tidak berpengaruh pada hubungan suami istri klien dan tidak memiliki pengaruh terhadap ASI (jadi dapat digunakan pada ibu meneteki), (Syaifuddin, AB. 2004). Juga dapat menurunkan kejadian penyakit jinak payudara serta dapat digunakan usia >35 thn sampai perimenopause.

Kekurangan  Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Selain memiliki kelebihan kontrasepsi suntik 3 bulanan juga memiliki beberapa kekurangan antara lain : Klien sangat tergantung pada tempat sarana pelayanan kesehatan, kontrasepsi suntik juga tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu sebelum suntikan dan tidak menjamin perlindungan terhadap penularan penyakit menular seksual, hepatitis B, atau virus HIV. Selain itu kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian cukup lama dan pada  penggunaan jangka panjang dapat menurunkan kepadatan tulang (densitas). (Syaifuddin, AB. 2003)     

Indikasi  Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Aspek umum pemakaian kontrasepsi suntik 3 bulanan antara lain  menginginkan penjarangan kelahiran  untuk paling sedikit satu tahun, menginginkan kontrasepsi kerja lama yang sangat efektif,  metodenya  yang bersifat pribadi dan  tidak terkait dengan senggama, memerlukan kontrasepsi bebas estrogen sehingga tidak mengganggu proses laktasi (menyusui), serta bagi wanita yang kurang dapat diandalkan atau kurang motivasi dalam minum pil (Speroff, L. 2005). 

Kontrasepsi suntik 3 bulanan juga dapat diberikan pada akseptor yang memiliki penyakit sel sabit dan gangguan kejang. Selain itu juga pada akseptor yang memiliki riwayat maupun menderita hipertensi ringan atau yang tekanan darah yang  terkendali baik (Glasier, A. 2005).

Kontra Indikasi Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Kontrasepsi suntik 3 bulan tidak  boleh diberikan pada ibu hamil atau diduga hamil, klien yang mengalami perdarahan genital yang tidak terjelaskan. menginginkan  pemulihan fertilitas yang cepat, mengalami kesulitan dengan suntikan, dan mengalami depresi berat (Speroff , L. 2005). Selain itu juga jangan diberikan pada klien yang menderita kanker  payudara atau riwayat kanker payudara, dan diabetes mellitus yang disertai komplikasi (Syaifuddin, AB. 2004).
Maupun pada akseptor karsinoma  traktus genitalis dan yang mengalami perdarahan abnormal uterus (Hanafi, H. 2002).

Efek Samping Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Seperti pada kebanyakan  kontrasepsi hormonal yang ada, kontrasepsi suntik 3 bulanan menimbulkan beberapa efek samping. Umumnya akseptor mengalami gangguan siklus haid, baik siklus haid yang memanjang atau memendek, perdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak (spotting ), dan kadang tidak haid sama sekali (Syaifuddin, AB. 2003).  Selain itu juga terjadi perubahan berat badan (peningkatan/ penurunan),  timbul depresi dan jerawat. Pada beberapa akseptor juga mengeluhkan adanya keputihan,  rambut rontok, pusing/ sakit kepala/ migrain, mual dan muntah, serta  adanya perubahan libido/ dorongan seksual (Depkes RI. 2002).

Waktu penyuntikan Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Suntikan kontrasepsi dapat diberikan saat saat tertentu yaitu sedang menstruasi (sampai hari ke 7), bila tidak sedang menstruasi atau menstruasi hari ke 8 atau lebih, boleh disuntik, namun memakai perlindungan ganda (kondom) selama  2x24 jam. Bisa juga diberikan  pada klien sedang menyusui (segera setelah nifas, 6 mingggu) dan bila tidak menyusui , berikan segera setelah nifas (6 minggu post partum) (Rifayani, S. 2006).  

Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan

Jadwal Kunjungan Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Akseptor kontrasepsi suntik  3 bulanan harus datang untuk mendapatkan suntikan, yaitu:
  • Pada saat jadual ulangan penyuntikan 3 bulan untuk Depo Provera, dan 1 bulan untuk kontrasepsi suntik 1 bulanan 
  • Bila berhalangan, dapat datang sebelum waktu kunjungan berikutnya. 2.3.10.3  Bila tidak dapat pada jadual berikutnya, pakai perlindungan ganda (kondom, spermisida,  sampai bisa datang untuk suntikan). (Rifayani, S. 2006)  
Daftar Pustaka Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan Makalah Definisi
Depkes RI. 2002.  Pedoman Penanggulangan Efek Samping/ Komplikasi Kontrasepsi. Jawa Timur: Bagian Proyek Peningkatan Upaya Kesehatan SM-PEA.

Manuaba, IBG. 1998.  Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Namiruddin, R. 2002. Capaian Kesehatan . Available from http//www.google.com/ridwanamiruddin.wordpress. diakses 12 April 2008.

Syaifuddin, A.B, Biran Affandi, Enriquito R. 2003.  Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: YBPSP

Speroff, L, Philip D Darney. 2005. Pedoman Klinis Kontrasepsi (Ed 2). Jakarta: EGC.

Glasier, A & Ailsa Gebbie (Ed). 2006.  Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi (Ed 4). Jakarta : EGC

Rifayanni, S. 2006. Keluarga Berencana Available from http//www.google.com/ diakses 31 Maret 2008.


Artikel Menarik lainnya :