Pengertian Akhlak Definisi Menurut Para Ahli dan Ulama

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Akhlak - Perkataan akhlak berasal dari  bahasa Arab  jama'  dari “khuluqun” yang menurut lughat diartikan: budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat.

Adapun secara terminologi yang dikemukakan oleh ulama akhlak adalah sebagai berikut:
اَلأَخْلاَقُ هُوَ تَقْيِيْمُ اْلأَعْمَالِ اْلإِنْسَانْيَّةِ عَلَى ضَوْءِ تَحْدِيْدِهِ لِقِيْمَةِ كُلٍّ مِنَ الْخَيْرِ وَالشَّرِّ

“Akhlak ialah Munculnya perbuatan manusia atas dasar cahaya batasan manusia untuk munculnya suatu perkara yang baik dan buruk”.
Pengertian Akhlak Definisi Menurut Para Ahli
Selain definisi diatas ada ulama’ lain yang berpendapat bahwa :
  • Ilmu akhlak adalah ilmu yang menentukan batas antara baik dan buruk, antara yang terpuji dan tercela, tentang perkataan atau perbuatan manusia lahir dan batin.
  • Ilmu akhlak adalah ilmu pengetahuan yang memberikan pengertian tentang baik dan buruk, ilmu yang mengajarkan pergaulan manusia dan menyatakan tujuan mereka yang terakhir dari seluruh usaha dan pekerjaan mereka. (Hamzah Ya’qub, Etika Islam Pembinaan Akhlaqulkarimah Suatu Pengantar, Bandung, CV. Diponegoro, 1991, hlm. 12.)

Jadi Ilmu Akhlak merupakan ilmu yang menentukan batas antara baik dan buruk, terpuji dan tercela, tentang perkataan atau perbuatan manusia lahir dan batin. Dengan lain perkataan, ilmu akhlak adalah,
  1. Menjelaskan arti baik dan buruk.
  2. Menerangkan apa yang seharusnya dilakukan.
  3. Menunjukkan jalan untuk melakukan perbuatan.
  4. Menyatakan tujuan di dalam perbuatan. (Barmawie Umary, Materi akhlak, Solo: Ramadhani, 1993, hlm. 1.)

Jadi ilmu akhlak adalah ilmu yang mempersoalkan baik buruknya amal, dan amal terdiri dari perkataan, perbuatan atau kombinasi keduanya dari segi lahir dan batin.

Sedangkan menurut Agus Sudjanto pengertian Akhlak sebagai berikut:

Akhlak ialah suatu ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh setengah manusia kepada lainnya menyatakan tujuan yang harus dituju oleh manusia dalam perbuatan mereka dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang harus diperbuat. (Agus Sudjanto, Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara, 1997, hlm. 12.)

Pengertian Akhlak merupakan kelakuan yang timbul dari hasil perpaduan antara hati nurani, pikiran, perasaan, bawaan, dan kebiasaan yang menyatu, membentuk suatu kesatuan tindak akhlak yang dihayati dalam kenyataan hidup keseharian. Dari kelakuan itu lahirlah perasaan moral (moralsence), yang terdapat dalam diri manusia sebagai fitrah, sehingga ia mampu membedakan mana yang baik dan mana yang jahat, mana yang bermanfaat dan mana yang berguna, mana yang cantik dan mana yang buruk. (Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1995, hlm.11-12.)

Pengertian Akhlak

Daftar Pustaka Pengertian Akhlak Definisi Menurut Para Ahli Ulama
Hamzah Ya’qub, Etika Islam Pembinaan Akhlaqulkarimah Suatu Pengantar, Bandung, CV. Diponegoro, 1991, hlm. 12.
Barmawie Umary, Materi akhlak, Solo: Ramadhani, 1993, hlm. 1.
Agus Sudjanto, Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara, 1997, hlm. 12.
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1995, hlm.11-12.


Artikel Menarik lainnya :