Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Makalah Faktor yang mempengaruhi

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses yang terjadi pada tiap mahluk. Pada manusia terutama kanak-kanak, proses tumbuh kembang ini terjadi dengan sangat cepat, terutama pada periode tertentu (Depkes. 1997:2). Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Makalah Faktor yang mempengaruhi


Definisi Pertumbuhan adalah bertambah jumlah dan besarnya sel diseluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur ,sedangkan perkembangan merupakan bertambah  sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui tumbuh kematangan dan belajar ( Hidayat, Aziz Alimul. 2005: 15)

Peristiwa pertumbuhan pada anak dapat terjadi perubahan tentang besarnya, jumlah, ukuran didalam tingkat sel, organ maupun individu, sedangkan peristiwa perkembangan pada anak dapat terjadi pada perubahan bentuk dan fungsi pematangan organ mulai dari aspek sosial,emosional dan intelektual, pertumbuhan dan perkembangan pada anak terjadi mulai dari pertumbuhan dan secara fisik, intelektual maupun emosional. Peristiwa pertumbuhan dan perkembangan secara fisik dapat terjadi dalam perubahan ukuran besar kecilnya fungsi organ mulai dari tingkat sel hingga perubahan organ tubuh.

Pertumbuhan dan perkembangan secara intelektual anak dapat dilihat dari kemampuan secara simbol maupun abstrak seperti berbicara, bermain, berhitung, membaca dan lain-lain, sedangkan perkembangan secara emosional anak dapat dilihat dari perilaku sosial dilingkungan anak ( Hidayat, aziz Alimul. 2005:15). 

Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan anak
Masa lima tahun pertama merupakan masa terbentuknya dasar-dasar kepribadian manusia, kemampuan penginderaan, berfikir, ketrampilan berbahasa dan berbicara, bertingkah laku sosial dan lain-lain.

Ada 2 faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembngan optimal seorang anak, yaitu:

1. Faktor Dalam
Yaitu faktor-faktor yang ada dalam diri anak itu sendiri baik faktor bawaan maupun faktor yang diperoleh, termasuk disini antara lain:

  • Hal-hal yang diturunkan dari orang tua, kakek-nenek, atau generasi sebelumnya.
    Misalnya: warna rambut, bentuk tubuh.
  • Unsur berfikir dan kemampuan intelektual.
    Misalnya: kecepatan berfikir
  • Keadaan kelenjar zat-zat dalam tubuh.
    Misalnya: kekurangan hormon yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Emosi dan sifar-sifat (emosional) tertentu.
    Misalnya: pemalu, pemarah, tertutup dan lain-lain. 
2. Faktor Luar Termasuk disini antara lain:
  • ƒKeluarga
    Sikap dan kebiasaan keluarga dalam mengasuh dan mendidik anak, hubungan orang tua dengan anak, hubungan antara saudara, dan lain-lain. Keluarga yang beresiko tinggi adalah lingkungan keluarga yang tidak menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
  • Gizi
    Kekurangan gizi dalam makanan menyebabkan pertumbuhan anak terganggu yang akan mempengaruhi perkembangan seluruh dirinya. Kekurangan gizi tersebut meliputi kekurangan vitamin A, iodium, zat besi dan mineral / vitamin lain. 
  • Budaya
    Asuhan dan kebiasaan dari suatu masyarakat dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.  Misalnya: kebersihan lingkungan, kesehatan dan pendidikan. 
  • Teman bermain dan sekolah
    Ada tidaknya teman bermain, tempat dan alat permainan, kesempatan pendidikan disekolah akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (Depkes. 1997: 5-6) 

Aspek Pertumbuhan dan Perkembangan anak
Pencapaian suatu kemampuan pada setiap anak bisa berbeda-beda, namun demikian ada patokan umur tentang kemampuan apa saja yang perlu dicapai seorang anak pada umur tertentu. Adanya patokan tersebut agar anak yang belum mencapai tahap kemampuan tertentu itu perlu dilatih berbagai kemampuan untuk dapat mencapai perkembangan yang optimal.

Ada 4 aspek pertumbuhan dan perkembangan yang perlu dibina dalam menghadapi masa depan anak yaitu:

1. Perkembangan kemampuan gerak kasar yang dimaksud gerakan (motorik) adalah semua gerakan yang mungkin dilakukan oleh seluruh tubuh.

2. Perkembangan kemampuan gerak halus
Disebut gerakan halus, bila hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, karena itu tidak begitu memerlukan tenaga, gerakan halus memerlukan koordinasi yang cermat.

3. Perkembangan kemampuan berbicara, bahasa, dan kecerdasan
Sebagai mahluk sosial, anak akan selalu berada diantara atau bersama orang lain, agar  dicapai saling pengertian maka diperlukan kemampuan berkomunikasi.

4. Perkembangan kemampuan bergaul dan mandiri
Pada awal kehidupannya, seorang anak bergantung pada orang lain dalam hal pemenuhan kebutuhannya (misalnya: makanan, pakaian, kesehatan, kasih sayang, pengertian, rasa aman dan kebutuhan akan perangsangan mental, sosial dan emosional) (Depkes. 1997: 6-8)

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Hal-hal yang diperhatikan dalam pemberian stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun :  
  • Mengajari/melatih anak dalam berbagai kegiatan seperti : bermain, berlari, menari, menulis, menggambar,   20makan/minum sendiri, membantu orang tua, menghitung dan membaca 
  • Bicara dengan baik / pandai bicara  
  • Dapat menghitung jari-jarinya  
  • Dapat menyebut hari-hari dalam seminggu 
  • Mengenal minimal 4 warna 
  • Membedakan besar kecil mendengar dan mengulang hal-hal penting dalam cerita.  
  • Mencuci tangan sendiri  
  • Memakai dan melepas baju sendiri  (Harnawatiaj. 2008) 
Daftar Pustaka Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan  Anak Makalah Faktor yang mempengaruhi

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (1997).  Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita. Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Hanawatiaj. (2008). Tumbuh kembang anak (3-5 tahun). Available from: www. Hanawatiaj. com. accessded april 5 2008. 17.00 pm

Aziz Alimul Hidayat. (2005).  Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: Salemba Medika


Artikel Menarik lainnya :