Pengertian Karbon Dioksida Makalah dan Atmosfer Macam Macam karbon

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Karbon Dioksida dan Atmosfer Macam Macam karbon - Berbagai macam karbon yaitu karbon dioksida, karbon atmosfer dan lain-lain

Pengertian Karbon adalah siklus bigokmia dimana karbon dipertukarkan antara biosper, geosfr, hidrosfer dan atmoser bumi. Objek antronomis lainnya bisa jadi memeiliki skluus karbon yang hamper sama meskipun kini belum diketahui. Dalam siklus ini terdapat resvoir karbon utama yang dihubungkan oleh jalur pertukaran oleh rsevoir-resevoir tersebut  yaitu atmosfer, biosfer. 


Teresterial biasanya termasuk pula freshwatersistem dan material non hayati organic seperti karbon tanah soil, karbon lautan termasuk karbon anorganik terlarut dan biota laut hayati dan non hayati dan sedimen termasuk bahan bakar posil pergerakan tahanan karbon, pertukaran karbon antara resepoic terjadi karena proses-proses kimia fisika geologi dan biologi yang bermacam-macam. Lautan mengandung kolam aktif yang terbesar dekat permukaan bumi namun laut mengalami prtukaran yang lambat. Neraca karbon global adalah kesetimbangan prtukaran karbon yang masuk dan kluar antara satu putaran.

Symbol: C; Z 6; Ar 12,011; t.l. 35500C; grafik menyublin pada 3357-+250C; titik-tripel: (grafit-cair-gas) 3627-+500C pada tekanan 10,1 MPa, dan( grafit-intan-cair) 3830-39300C pada tekanan 12-113 GPa; d (amorf: 1,8-2,1), (intan:3,15-3,53), (intanpermata:3,513 pada 250C ); BO +2,+4.

Unsur non logam yang terdapat dalam keadaan terikat secara luas dialam semesta (matahari, bintang, komet, dan tumbuhan dibumi) dalam keadaan bebas berada berupa 3 bentuk alotrop, yaitu amrf, grafit, dan intan (dus bntuk terahir ini merupakan Kristal kovalen) grafit bersifat paling lunak sementara intan paling keras. Dikenal ada7 isotop karbon isotop C-12 digunakan sebagai acuan untuk ,assa atom unsur oleh IUPAC (sejak 1961) isotop C-14 (umur paroh 5730 tahun) digunakan untuk menetapkan umur kayu dan bnda ekologi lainya: isotop C-13 diperdagangkan dengan harga lebih dari 1000  dolar. Sifat has atom karbon adalah antara atomnya dapat memebentuk rantai ikatan kovalen sehingga dijimpai begitu banyak sekali baik jnis maupun jumlah senyawa karbon, unsure karbon juga berada dalam keadaan garam karbonat, garam bikarbonat, dan karbida.

KARBON DIOKSIDA
Senyawa dengan rumus kimia CO2 GAS tak berwarna, tak berbau, dapat terbakar, dihasilkan dari pembakaran sempurna, pernafasan, dan pembusukan, digunakan untuk proses potosintesis, penyegar minuman, bahan pemadam api, dan untuk pembuatan CO2 padat (disebut es kering) es kering digunakan sebagai campuran pendingin dan untuk pmbuatan hujan pembuatan.

KARBON ATMOSFER
Bagioksida ian yang terbesar dari karbon yang berada di atmosfer bumi adalah gas karbon dioksida meskipun jumlah gas ini merupakan bagian yang sangat kecil dari selurh gas yang  diatmosfer hanya sekitar 0,04% dalam basis molar meskipun sdang mengalami kenaikan namun ia memiliki peran yang penting dalam mengokong kehidupan gas lain yang mengandung karbon diatmosfer adalah metan dan kloroflorokarbon, gas tersebut adalah gas rumah kaca yang konsentrasinya di atmosfer telah bertumbuh dalam dekat terahir ini dan berperan dalam pemanasan global. Karbon diambil dari atmosfer dengan berbagai cara, ketika matahari bersinar tumbuhan melakukan potosintesis mengubah karbon doksida menjadi karbohidrat. Proses ini akan lebih banyak menyerap karbon pada hutan dngan tumbuhan yang baru saja tumbuh atau hutan yang sedang mengalami pertumbuhan yang cepat.

Pada permukaan laut menjadi lebih dingin dan CO2 akan lebih mudah larut, selanjutnya CO2 yang larut tersbut akan terbawa oleh sirkulasi trmohalin yang membawa massa air dipermukaan yang lebih berat kedalaman laut atau interior laut.

Dilaut bagian atas pada daerah dengan produktivitas yang tinggi, organism membntuk jaringan yang mengandung karbon, beberapa organism juga membentuk cangkang karbonat dan bagian-bagian tubuh lainnya yang keras pross ini akan menyebabkan aliran karbon kebawah. Pelapukan bagianslikat tidak sperti dua peruses sbelumnya, peruses ini tidak memindahkan karbon kedalam reservoir yang siap untuk kembali keatmosfe. Pelapuk batuan karbonat tidak memeiliki efek netto terhadap CO2 atmosferik karena ion biokarbonat yang terbentuk terbawa kelaut dimana selanjutnya dipakai untuk membuat karbonat laut dengan reaksi yang sebaliknya.

Karbon dapat kembali keatmosfer dengan berbagai cara yaitu, melalui pernafasan oleh tumbuhan dan binatang hal ini mrupakan reaksi exsotermik dan termasukjuga didalamnya penguraian glikosa organic lainnya dioksida lainnya menjadi karbon dioksida dan air. Melalui pmbusukan binatang dan tumbuhan. Fungsi atau jamur dan bakteri mngurai senyawa karbon pada binatang dan tumbuhan yang matidn mengubah karbon menjadi karbon dioksida jika trsesedia oksigen, atau menjadi mtana jika tidak tersedia oksigen. Melalui pmbakaran material organik yang mengoksidasi karbon yang terkandung yang menghasilkan karbon dioksida (juga yang lainya sperti asap) pmbakaran bahan bakar fosil sperti bara produk dari industri perminyakan dan gas alam akan melepaskan karbon yang sudah tersimpan yang sudah tersimpan selama jutaan tahun dalam geosfer. 

Pengertian Karbon Dioksida 

Hal inilah yang merupakan penyebab utama naiknya jumlah karbon dioksida diatmosfer produksi semen salh satu komponenya yaitu kapur atau kalsium oksida dihasilkan dengan cara dipanaskan batu kapur yang akan menghasilkan juga dalam karbon dioksida dalam jumlah yang banyak. Dipermukaan laut dimana air menjadi lebih hangat karbon dioksida terlarut dilepas dan kembali keatmosfer dipermukaan laut dimana air menjadi lebih hangat, karbon dioksida terlarut dilepas kembali keatmosfer. Erupsi fulkanik atau ldakan gunung berafi akan melepaskan gas keatmosfer gas tersebut trmasuk uap air, karbon dioksida, dan belereng jumlah karbon dioksida yang dilepas diatmossfer scara kasar hamper sama dengan jumlah karbon dioksida yang hilang dari attmosfer dari pelapukan sikat, kedua peruses kimia ini yang saling berkrbalikan ini memberikan hasil penjumlahan yang sama dngan nol dan tidak brpengaruh terhadap jumlah karbon dioksida diatmosfer dalam sekala waktu 100 juta tahun.


Daftar Pustaka Pengertian Karbon Dioksida dan Atmosfer Macam Macam karbon

http://www.sarjanaku.com/2013/05/pengertian-karbon-dioksida-dan-atmosfer.html
 
Drs. Mulyono HAM, M. Pd, 2008. Kamus kimia. PT. Bumi Aksara. Jakarta.


Artikel Menarik lainnya :