Pengertian Problematika Defisi Menurut Para Ahli Artikel Dakwah

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Problematika Defisi Menurut Para Ahli Artikel Dakwah - Pengertian Problematika Istilah problema/problematika berasal dari bahasa Inggris yaitu "problematic" yang artinya persoalan atau masalah. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, problema berarti hal yang belum dapat dipecahkan; yang menimbulkan permasalahan. (Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Bulan Bintang, 2002), hal. 276)


Sedangkan ahli lain mengatakan menyatakan bahwa "definisi problema/problematika adalah suatu kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang diharapkan dapat menyelesaikan atau dapat diperlukan atau dengan kata lain dapat mengurangi kesenjangan itu." (Syukir, Dasar-dasarStrategi Dakwah Islami, (Surabaya : Al-Ikhlas, 1983), hal. 65)

Jadi, problema adalah berbagai persoalan-persoalan sulit yang dihadapi dalam proses pemberdayaan, baik yang datang dari individu Tuan Guru (faktor eksternal) maupun dalam upaya pemberdayaan masyarakat Islami secara langsung dalam masyarakat.

Problematika dakwah itu terbagi ke dalam dua faktor intern dan faktor ekstren :

1)    Faktor intern
Problematika datangnya dari dalam atau faktor intern cukup banyak, diantaranya :
  • Banyaknya paham atau aliran yang berkembang di tengah-tengah masyarakat
  • Pengaruh adat istiadat yang sudah mendarah daging
  • Tingkat pengetahuan jama’ah yang tidak sama dalam suatu forum pengajian atau manjelis taklim.
  • Banyaknya orang-orang munafik yang berselimutkan Islam. Bicaranya Islam, membicarakan perjuangan tapi hati dan tingkahlakunya tidak berbeda dengan orang kafir, kalau tidak dikatakan lebih jelek lagi. (Slamet, Prinsip-prinsip Metodologi Dakwah, (Jakarta : Usaha Nasional, 1994), hal. 78)

2)    Faktor ekstern
Yang menjadi kendala atau problema dalam dakwah ini bukan saja faktor intern, tapi juga faktor ekstern. Hal ini mencakup diantaranya :
  • Pengaruh budaya asing baik itu melalui film, video, maupun dengan perantara orang asing itu sendiri yang datang sebagai turis
  • Pengaruh Ideologi yang menjurus kepada mendiskreditkan Islam.
  • Aparat atau penegak hukum yang sudah terlanjur alergi terhadap Islam
  • Peraturan dan undang-undang yang kurang mendukung terhadap kegiatan dakwah (Ibid., hal. 80)
Pengertian Problematika


Melihat berbagai problema-problema dakwah di atas baik secara intetern dan ekstern kita dapat memahami dan mempelajarinya, sehingga kita bisa menyikapi dan mengupayakan bagaiamana cara kita mengatasi problematika dakwah tersebut agar terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan menuju terciptanya dakwah Islamiyah yang baik dan benar yang diridhoi Allah Swt.

Daftar pustakanya pada tulisan Pengertian Problematika Defisi Menurut Para Ahli Artikel Dakwah saya tulis seperti footenote lengkap dengan halamannya pada kutipan sumber artikelnya.


Artikel Menarik lainnya :