Sukai Halaman Grosir Mutiara Lombok Supplier Murah

Hubungan Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Prestasi Kerja

Hubungan Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Prestasi Kerja - Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi prestasi organisasi karena kepemimpinan merupakan aktifitas yang utama  dengan mana tujuan organisasi dapat dicapai. Pada umumnya kepemimpinan didefinisikan sebagai suatu proses mempengaruhi aktifitas dari individu atau kelompok untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu. Kepemimpinan yang dapat diterima oleh bawahanya, membuat karyawan tidak jenuh dalam menjalankan pekerjaannya sehingga karyawan dapat bekerja lebih berprestasi dan mempercepat tercapainya sasaran perusahaan.


Komunikasi merupakan sarana memadukan aktifitas-aktifitas yang terorganisasi, juga merupakan sarana untuk memodifikasi perilaku, mempengaruhi perubahan, memprodutifkan informasi , dan sarana untuk mencapai tujuan. Komunikasi yang dapat diterma oleh bawahanya, membuat karyawan tidak miss comunication dalam mengerjakan pekerjaanya sehingga karyawan akan segera berinteraksi untuk memulai aktifitas-aktifitas yang terorganisasi.

Prestasi kerja merupakan hasil kerja seseorang selama periode tertentu dibanding dengan berbagai kemungkinan seperti target, sasaran dengan kondisi dan kriteria kriteria yang telah ditentukan.kepemimpinan dan komunikasi yang dapat diterma oleh bawahan adalah yang tidak jenuh dan tidak miss komunikasi sehingga karyawan akan cepat menyelesaikan pekerjaanya dengan tidak ada gangguan yang menghambat dalam kegiatan perusahaan dan dapat menghasilkan output yang maksimal dari segi kuantitas maupun kualitas. Hal ini akan meningkatkan prestasi kerja karyawan. 

Seperti diketahui organisasi terdiri dari 3 unsur, yaitu fungsi , hubungan dan struktur. Hubungan didalam organisasi mencakup tanggung jawab wewenang dan pelaporan.

Tanggung jawab adalah kekuasaan yang didelegasikan: seseorang bertugas agar dapat melaksanakannya. Wewenang merupakan salah satu kekuasaan (power) didasarkan pada pengakuan hukumiah usaha orang memaksakan pengaruhnya (influence).sedang kekuasaan adalah kemampuan memaksakan pengaruh seseorang maupun mengubah sikap dan perilaku orang lain. pengaruh adalah perubahan dalam sikap dan perilaku seseorang sebagai akibat langsung atau tidak langsung tindakan atau contoh orang atau contoh orang terhadap orang atau kelompok lain.pelaporan adalah usahan wajib menjawab hasil-hasil pelaksanaan tugas. Dengan mene4rima tanggung jawab dan wewenang,individu dalam organisasi dapat dipersalahkan atau menerima imbalan bila memang ia bersalah atau berhasil dalam melaksanakan tugas.

Tanggung jawab wewenang dan pelaporan syarat mutlak bagi keberhasilan pimpinan mempengaruhi bawahan. biasanya proses pendelegasian ditunjang dengan unsur motivasi dan komunikasiyang baik membantu pimpinan mempengaruhi bawahan sehingga dicapai tingkat kepemimpinan yang dikehendaki dan juga prestasi kerja yang semakin baik. (Sukanto Reksohadiprojo, Perencanaan dan Organisasi perusahaan. BPFE, Yogyakarta. 1988, hal 121  )
Hubungan Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Prestasi Kerja

Hubungan Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Prestasi Kerja

Stoner (james A.F. Stoner,management,prentice-hall international company,London, 1978, hal.405) mendefinisikan motivasi sebagai suatu yang menyebabkan, menyalurkan serta melestarikan perilaku seseorang. Ini merupakan salah satu syarat kemampuan kepemimpinan seorang manajer. Seorang manajer harus mampu memotifasi, mempengaruhi, mengarahkan dan berkomunikasi dengan bawahan..maka bawahan yang dimotivasi dipengaruhi, diarahkan dan diajak komunikasi dapat meningkatkan prestasi dan kepuasan kerjanya.


Sukanto Reksohadiprojo, Perencanaan dan Organisasi perusahaan. BPFE, Yogyakarta. 1988, hal 121

james A.F. Stoner,management,prentice-hall international company,London, 1978, hal.405