Pengertian Peran Definisi Menurut Para Ahli, Konsep, Struktur

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Peran adalah serangkaian perilaku yang diharapkan pada seseorang sesuai dengan posisi sosial yang diberikan baik secara formal maupun secara informal.  Peran didasarkan pada preskripsi ( ketentuan ) dan harapan peran yang menerangkan apa yang individu-individu harus lakukan dalam suatu situasi tertentu agar dapat memenuhi harapan-harapan mereka sendiri atau harapan orang lain menyangkut peran-peran tersebut. ( Friedman, M, 1998 : 286 )   Pengertian Peran Definisi Menurut Para Ahli, Konsep, Struktur

Peran adalah - Stres Peran
Stres peran terjadi jika suatu struktur sosial, seperti keluarga menciptakan tuntutan-tuntutan yang sangat sulit, tidak mungkin atau tuntutan-tuntutan yang menimbulkan konflik bagi mereka yang menempati posisi dalam struktur sosial masyarakat. (Friedman, M, 1998 : 287 )


Struktur Peran
Struktur peran dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: 
a. Peran Formal ( Peran yang Nampak Jelas )
Yaitu sejumlah perilaku yang bersifat homogen. Peran formal yang standar terdapat  dalam keluarga. Peran dasar yang membentuk posisi sosial sebagai suami-ayah dan istri-ibu adalah peran sebagai provider ( penyedia ); pengatur rumah tangga; memberikan perawatan; sosialisasi anak; rekreasi; persaudaraan (  memelihara hubungan keluarga paternal dan maternal ); terapeutik; seksual.

b. Peran Informal ( Peran Tertutup )
Yaitu suatu peran yang bersifat implisit ( emosional ) biasanya tidak tampak ke permukaan dan dimainkan hanya untuk memenuhi kebutuhan emosional individu dan untuk menjaga keseimbangan dalam keluarga, peran-peran informal mempunyai tuntutan yang berbeda, tidak terlalu dan didasarkan pada atribut-atibut kepribadian anggota keluarga individual. Pelaksanaan peran-peran informal yang efektif dapat mempermudah pelaksanaan peran-peran formal. 

Variabel-variabel yang Mempengaruhi Struktur Peran

a. Kelas sosial
Menurut Komarovsky (1964) di dalam Friedman, M (1998) dalam studi kualitatifnya tentang pekerja terampil berkerah putih dan pekerja kasar, dalam keluarga mereka ditemukan bahwa semakin tinggi pendidikan suami, semakin besar keakraban dan persahabatan dalam perkawinan. Sedangkan kelas sosial sendiri dapat di  bagi menjadi Keluarga Kelas   9 Bawah dan Keluarga Kelas Menengah (Friedman, M, 1998 : 303-304 )   

Pengertian Peran


b. Bentuk-bentuk keluarga 
  • Keluarga Inti ( Konjugal )
 Terdiri dari suami, istri, dan anak mereka. 
  • Keluarga Orientasi.
 Unit keluarga yang di dalamnya seseorang dilahirkan. 
  • Keluarga Besar. 
Kelurga inti dan orang-orang yang berhubungan ( oleh darah ) yaitu keluarga  inti ditambah sanak keluarga       ( kakek/nenek, tante, paman dan sepupu ). (Friedman, M, 1998 : 12 )
c. Latar Belakang Keluarga
d. Tahap Siklus Kehidupan Keluarga 
c. Model-model Peran 
d. Peristiwa Situasional yang Khususnya Masalah Kesehatan  atau Sakit (Friedman, M, 1998 : 302)


Daftar Pustaka - Pengertian Peran Definisi Menurut Para Ahli, Konsep, Struktur

Friedman, Marilyn M. (1992). Family Nursing. Theory & Practice. 3/E. Debora Ina R.L. (1998) ( alih bahasa ). Jakarta: EGC


Artikel Menarik lainnya :