Pengertian Media VCD dalam Pembelajaran, Definisi, Makalah, Menurut Para Ahli

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Media VCD dalam Pembelajaran - Salah satu media Audio-Visual adalah media VCD pembelajaran Menurut Brown adalah suatu media pada program distribusi atau produksi untuk program master yang dibuat dalam bentuk film atau video tape dan dipindahkan atau ditransfer pada disc atau potongan plastik melalui proses yang tepat, yang dibentuk seperti piringan hitam.( Borwn. Instruction, Tecnology, Media and Methods. New York : Mc. Graw Hill. 1977. Hlm 237)


Media VCD dalam Pembelajaran - Selain itu Heinich, juga mengemukakan pengertian VCD adalah sebuah disc plastik yang digunakan untuk merekam suara, gambar, dan bahkan simbol atau lambing, dan juga suara dan gambar tersebut bisa ditayangkan atau ditampilkan kembali melalui VCD player dan monitor televisi. (Heinich. Instuctional Media and The New Technologies of Instuction. New York : John Wiley and Sons. 1982. Hlm 238) 

Begitu juga dengan Locatis mengemukakan pengertian VCD adalah suatu benda yang diformat untuk program televisi, yang fungsinya bisa merekam dan menampilkan informasi dalam bentuk audio visual. (Locatis. Media and Technology For Education and Training. Sydney : Colombus Toronto London Sydney. 1984. Hlm 210)
 
Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa media VCD pembelajaran adalah media berbentuk piringan lengkap audio visual yang berisikan materi pelajaran serta dimasuki dengan suara narator yang berguna untuk menjelaskan objek yang telah divisualkan, biasanya mempunyai diameter 12 cm. sehingga manfaat VCD pembelajaran adalah sangat membantu guru dalam penyampaian ide-ide atau gagasan materi pelajaran yang diinformasikan kepada siswa dan antara guru dengan siswa memiliki persamaan persepsi.
Jadi, media merupakan suatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada siswa. Penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik dan dapat meningkatkan performan mereka sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Media dapat berupa manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan. Keterampilan atau sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks dan lingkungan sekolah juga merupakan media.

Langkah-langkah media VCD
Pemanfaatan media VCD pembelajaran ekonomi ini, juga mengacu pada prosedur pemanfaatan media pembelajaran yang dikemukakan oleh Abidin yaitu: (Abidin Zainal. Aplikasi Media Dalam Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud. 1998. Hlm 77.)
1.    Langkah persiapan
Langkah persiapan dalam pemanfaatan media pembelajaran diarahkan untuk menciptakan terjadinya interaksi antara subyek didik dengan media pembelajaran, yaitu segala kegiatan dan cara yang perlu dilakukan guru baik berhubungan dengan dirinya sendiri, siswa, bahan dan alat serta lingkungan agar nantinya siap untuk menciptakn terjadinya interaksi yang optimal sehingga mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berupa : 
  • mempelajari petunjuk pemanfaatan dan  bahan penyerta bagi guru atau siswa yang menempuh pembelajaran individual, 
  • mempelajari tujuan pembelajaran khusus terutama yang berkaitan dengan kemampuan dan isi yang perlu disampaikan, 
  • meempersiapkan dan menguasai materi yang akan disampaikan, 
  • mencatat hal-hal yang pokok yang perlu diperhatikan,
  • mempelajari urutan dan hubungan antara materi satu dengan materi lain, 
  • menugaskan kepada siswa untuk membaca, merangkum, mengobservasi, menginterview, atau tugas lainnya sehubungan dengan pembelajaran yang akan dibahas.


2.    Langkah Pelaksanaan
Tingkat ini merupakan tindak lanjut dari segala sesuatu yang dipersiapkan pada langkah persiapan termasuk kegiatan yang telah ditetapkan dalam petunjuk pemanfaatan yang intinya merealisasikan terjadinya interaksi antara siswa dengan media dalam mencapai setiap tujuan pembelajaran yang sesuai dengan pola, prosedur, dan strategi pembelajaran yang dipakai serta menerapkan prinsip-prinsip belajar siswa aktif, pemberian motivasi dan lain-lain. Sedangkan kegiatan ini dapat berupa : 
  • mengkaitkan pelajaran yang lalu dengan yang akan dipelajari dengan berbagai teknik penggunaan media, 
  • menyampaikan topik dan tujuan serta manfaat atau pentingnya topik yang akan dipelajari dengan sedapat mungkin dimediakan, 
  • diusahakan selalu dimonitor pemahaman mereka akan materi yang dipelajari melalui media  dengan tanya jawab atau cara lain, 
  • atau penyampaian permasalahan melalui media kemudian dibahas bersama, 
  • dapat juga media dipakai sebagai bahan akhir untuk mencocokkan pemahaman atau persepsi mereka, 
  • menutup pelajaran dengan cara merangkum, menyimpulkan menunjukkan urutan keterhubungan materi satu dengan yang lain melalui media.


3.    Langkah Tindak Lanjut
Langkah tindak lanjut dalam pemanfaatan media pembelajaran ini dimaksudkan untuk menjajaki apakah tujuan pembelajaran telah tercapai. Juga dimaksudkan untuk pemantapan, pendalaman, dan mendapat balikan dari materi yang telah disajikan melalui media. Termasuk juga dalam kegiatan ini adalah mengadakan perbaikan atau remediasi bagi yang mengalami kesulitan dan memberikan pengayaan bagi mereka yang telah mencapai dengan baik, sekaligus mendapatkan informasi masukan untuk perbaikan penggunaan media pembelajaran bila perlu diulangi pemanfaatannya. 

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain yaitu : 
  • mengadakan tes untuk mengetahui seberapa banyak tujuan pembelajaran yang dicapai, 
  • meminta masukan dari berbagai pihak tentang komponen dan prosedur pemanfaatan media melalui angket atau wawancara, 
  • memberikan tugas untuk mendiskusikan, mengadakan observasi menyimpulkan, melaporkan atau tugas-tugas lain untuk pendalaman atau pemantapan materi yang disajikan, 
  • mengadakan balikan terhadap kegiatan pembelajaran yang telah diikuti, 
  • mengadakan remediasi terhadap mereka yang mengalami kesulitan dengan pemanfaatan media yang sama atau yang telah dipersiapkan khusus untuk kegiatan remedi.
Pengertian Media VCD


Adapun manfaat media VCD pembelajaran ekonomi adalah: 
  1. Guru lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran ekonomi tentang kegiatan ekonomi, karena media VCD pembelajaran mampu menyajikan gambar bergerak dan bersuara (audio visual) sehingga siswa akan lebih cepat menerima pesan dan merangsang untuk belajar.
  2. Media pembelajaran ekonomi pada pokok bahasan pendapatan nasional  disampaikan melalui VCD pembelajaran akan lebih efektif dibandingakan dengan menggunakan contoh atau media benda sebenarnya, karena menggunakan contoh atau media benda sebenarnya terlalu sulit dan rumit. Melalui media VCD pembelajaran contoh gerakan-gerakan dapat disajikan dengan cepat dan mudah diulang dan di “pause” sesuai dengan kebutuhan.
  3. Siswa lebih termotivasi dan terhibur dalam menerima materi pelajaran yang disampaikan melalui media VCD pembelajaran, sehingga lebih mudah dalam memahami materi tentang kegiatan ekonomi.

Artikel Pengertian Media VCD dalam Pembelajaran ini dilengkapi dengan footenote untuk dijadikan referensi dalam mengerjakan tugasnya.


Artikel Menarik lainnya :