Contoh KTI Kebidanan, Judul Skripsi, Karya Tulis Ilmiah, Tugas Akhir

Posted by Sanjaya Yasin 1 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Contoh KTI Kebidanan, Judul Skripsi, Karya Tulis Ilmiah, Tugas Akhir  - sudah barang tentu sebagai mahasiswa akhir jurusan kebidanan yang akan membutuhkan referesnsi atau contoh Karya Tulis ilmiah atau biasa disebut KTI Kebidanan sebagai salah satu kelengkapan administrasi untuk menyelesaikan pendidikannya yaitu ahli dalam kebidanan.


Dibawah ini ada contoh Karya Tulis Ilmiah Kebidanan yang bisa dijadikan contoh dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiahnya nanti,  namun saya,  dalam postingan ini saya tidak memposting Skripsi Kebdanan secara lengkap dikarenakan banyak hal, bisa jadi karena keterbatasan waktu, jangan cemas dulu sahabat semua akana mendapatkan secara lengkap kalau sudah mengunduhnya.


Judul KTI Kebidanan - Tingkat Pengetahuan Kader Posyandu Tentang Imunisasi Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Pojok Kecamatan ::::
BAB I 
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang  - Karya Tulis Ilmiah kebidanan
Kader posyandu merupakan pilar utama penggerak pembangunan khususnya di bidang kesehatan (www.purwakarta.go.id). Mereka secara swadaya dilibatkan oleh puskesmas  dalam kegiatan pelayanan kesehatan desa yang salah satunya adalah pemberian imunisasi Polio. Tanpa mereka kegiatan pelayanan kesehatan di desa tidak banyak artinya (Mardiati, 2006). Kader posyandu sebaiknya mampu menjadi pengelola posyandu, karena merekalah yang paling memahami masyarakat di wilayahnya (Dinkes.Prov. Jatim, 2006). Kader bertugas melaksanakan penyuluhan di posyandu, salah satunya penyuluhan tentang bayi / balita mengenai jadwal pemberian imunisasi dan manfaatnya (Dinkes.Prov.Jatim, 2005). 

Upaya imunisasi perlu terus ditingkatkan untuk mencapai tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi sehingga PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi) dapat dibasmi,  dieliminasi atau dikendalikan berdasarkan pada Kep. Menkes No. 1611/Menkes/SK/XI/ 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Imunisasi (Dinkes.Prov.Jatim, 2006). 

Indikator keberhasilan program imunisasi dikatakan berhasil jika cakupan target imunisasi  mencapai target UCI (Universal Child Imunization) yakni 86% balita telah diimunisasi (www.indomedia.com).

Dewasa ini, desa yang mencapai cakupan imunisasi dasar lengkap di atas 80% untuk anak di bawah 1 tahun baru sekitar 73% (Van, 2005). Rendahnya cakupan tersebut mungkin disebabkan kurangnya sosialisasi kegiatan imunisasi yang dilakukan kader di posyandu, termasuk dampak yang mungkin terjadi dan cara penanggulangannya (Ginting, 2005). Meja penyuluhan banyak yang tidak berjalan karena kurangnya pengetahuan dankepercayaan diri kader dalam melakukan penyuluhan (www.gizikesmas.multiply.com). Sehingga masih ada ibu-ibu yang enggan membawa anaknya ke posyandu, selama ini tidak ada penjelasan tentang kemungkinan yang terjadi akibat imunisasi itu dan apa yang harus dilakukan jika kemungkinan itu terjadi (Ginting, 2005).

1.2  Rumusan Masalah Skripsi Kebidanan
Dengan latar belakang diatas, maka penulis ingin mengetahui
seberapa besar tingkat pengetahuan kader posyandu tentang imunisasi dasar
di wilayah kerja Puskesmas Pembantu Pojok Kecamatan Mojoroto Kota
Kediri.

1.3  Tujuan Penelitian

1.3.1  Tujuan Umum
Mengetahui tingkat pengetahuan kader posyandu tentang imunisasi dasar

1.3.2  Tujuan Khusus 
  • Mengetahui pengetahuan kader posyandu tentang pengertian imunisasi dan imunisasi   dasar.
  • Mengetahui pengetahuan kader posyandu tentang macam imunisasi dasar. 
  • Mengetahui pengetahuan kader posyandu tentang manfaat imunisasi dasar.  
  • Mengetahui pengetahuan kader posyandu tentang jadwal pemberian imunisasi dasar. 
  
1.4  Manfaat Penelitian
1.4.1  Bagi Peneliti 
  • Menambah wawasan bagi peneliti mengenai  tingkat pengetahuan kader posyandu tentang imunisasi dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri
  • Mengembangkan kemampuan peneliti dalam  mengaplikasikan pengetahuan tentang metode penelitian dalam masalah nyata yang ada dalam masyarakat 

1.4.2  Bagi Tempat Penelitian 
  • Sebagai gambaran informasi tentang tingkat pengetahuan  kader posyandu tentang imunisasi dasar sehingga dapat digunakan untuk menentukan langkah selanjutnya.
  • Sebagai tambahan informasi bagi kader mengenai imunisasi dasar.


 Dapatkan BAB II Contoh KTI Kebidanan setelah mengunduhnya

Kerangka Konsep KTI Kebidanan

Kerangka Konsep KTI Kebidanan

BAB III 
METODE PENELITIAN 
Contoh Skripsi Kebidanan


3.1  Desain Penelitian 

Desain penelitian adalah suatu strategi penelitian dalam mengidentifikasi permasalahan sebelum perencanaan akhir pengumpulan data (Nursalam, 2003).  

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendiskripsikan (memaparkan) peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa kini. Deskripsi peristiwa dilakukan secara sistemik dan lebih menekankan pada data faktual daripada penyimpulan. Fenomena disajikan secara apa adanya tanpa manipulasi dan peneliti tidak mencoba menganalisa bagaimana dan mengapa fenomena tersebut bisa terjadi, oleh karena itu penelitian jenis ini tidak perlu adanya hipotesis (Nursalam, 2003). 

3.2  Populasi, Sampel dan Sampling 
3.2.1  Populasi 

Populasi adalah keseluruhan  subyek penelitian (Nursalam, 2003). 

Dalam penelitian ini populasinya adalah semua kader posyandu sejumlah 45 orang di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.


3.2.2  Sampel 
Sampel adalah bagian populasi terjangkau yang dapat digunakan sebagai subyek penelitian melalui sampling (Nursalam, 2003). 
Sampel  yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagian kader  posyandu di wilayah kerja Puskesmas Pembantu Pojok.


3.3  Kriteria Sampel 
3.3.1  Kriteria Inklusi 
Yaitu karakteristik umum subyek penelitian dari suatu populasi target dan terjangkau yang akan diteliti (Nursalam, 2003). 

Kriteria inklusi dalam penelitian ini : 
3.3.1.1  Kader posyandu yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Pojok.



BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN 
Contoh KTI Kebidanan, Judul Skripsi, Karya Tulis Ilmiah, Tugas Akhir


Pada bab ini akan diuraikan tentang hasil penelitian dan pembahasan untuk mengetahui pengetahuan ibu menyusui tentang tingkat pengetahuan posyandu tentang imunisasi dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.


4.1  Hasil Penelitian 
Berdasarkan hasil penelitian  yang dilakukan tanggal 14 – 20 Juli 2008 di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan jumlah 40 responden diperoleh data sebagai berikut :


BAB V
PENUTUP
Contoh KTI Kebidanan Terbaru

5.1  Kesimpulan
Saran
Daftar pustaka

Dalam postingan yang berjudul Contoh KTI Kebidanan, Judul Skripsi Karya Tulis Ilmiah, Tugas Akhir, ini saya tidak lengkap mempostingnya dikarena ada beberapa hal yang tidak dapat saya tulis yaitu sepeti tabel, image dalam bentuk banyak, diagram, dan data data yang lain, namun sahabat semua jangan khawatir, setelah mengunduh filnenya, sahabat semua akan mendapatkan referensi contoh Karya Tulis Ilmiah Kebidanan secara lengkap.


Skripsi Teknik Sipil


Artikel Menarik lainnya :