Pengertian Partisipasi Menurut Para Ahli Definisi

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Partisipasi - Menurut Bedjo (1996), yang dimaksudkan dengan partisipasi adalah: “Perilaku yang memberikan pemikiran terhadap sesuatu atau seseorang. Perilaku merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan pemilihan rangsangan yang dari luar lingkungannya. ( Pengertian Partisipasi Menurut Para Ahli )

Definisi Partisipasi - Pengertian lain tentang partisipasi juga dikemukakan oleh Slameto (1995) yang mengatakan bahwa partisipasi adalah: “Pemusatan energi psikis yang tertuju pada suatu obyek, dan juga meliputi banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang sedang dilakukan”.

Dengan demikian, dapat dirumuskan bahwa partisipasi orang tua dalam pendidikan anaknya adalah perilaku orang tua yang dilaksanakan secara sadar untuk melakukan berbagai tindakan secara maksimal untuk mendukung keberhasilan pendidikan anaknya. Dalam hal ini adalah pencapaian prestasi belajar IPA-Biologi yang tinggi pada anak yang akan menuju pada jenjang sekolah lanjutan.

Lebih lanjut Bedjo (1996) mengemukakan bahwa: “Partisipasi orang tua terhadap pendidikan anaknya tercermin dari perilaku orang tua”. Misalnya, kepedulian orang tua terhadap sekolah dimana anaknya menuntut ilmu atau pengadaan sarana dan prasarana belajar sesuai dengan kemampuannya.

Referensi - Pengertian Partisipasi Menurut Para Ahli Definisi

Bedjo. 1996. Prhatian Orang Tua dari Keluarga dalam Pendidikan anak-anaknya. Majalah Ilmiah Universitas Udayana. Bali: Universitas Udayana.

http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-partisipasi-menurut-para.html

Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.


Artikel Menarik lainnya :