Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Definis Manajemen

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli - Dalam dunia pendidikan, kata manajemen mempunyai pengertian yang sangat luas, ilmu manajemen mempercayai beberapa cabang diantaranya adalah manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen keuangan serta manajemen personalia.

Definisi Manajemen selalu mengalami perkembangan, sehingga dalam perkembangannya manamejen selalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi sejalan dengan pertumbuhan manajemen itu sendiri. Di bawah ini akan dikemukakan beberapa definisi dari manajemen.

Berikut Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli | Definis Manajemen

1.    Prof. Oie Liang Lee, membatasi masalah manajemen sebagai berikut :
Manajemen adalah ilmu dans eni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan “. (Basu Swastha, DH dan Ibnu Sukotjo, Pengantar Ekonomi Persuahaan Modern, Edisi Revisi, Liberty, Yogyakarta, hal . 5)

2.    Drs. M. Manullang, memberi batasan pengertian manajemen yaitu :
“ Seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu “.(M Manullang, Manajemen Personalia, Edisi revisi, Ghalia Indonesia, 1981, hal 10-11)
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Dari definisi di atas maka dapat ditarik suatu pengertian bahwa manajemen adalah merupakan ilmu dan seni. Manajemen disebut sebagai ilmu karena manajemen mengandung ilmu pengetahuan. Dan disebut sebagai seni karena seorang manajer dalam pengambilan keputusan untuk menggerakkan bawahannya harus dapat menciptakan suasana yang harmonis dan partisipasif penuh semangat, sehingga sasaran yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Dalam Artikel Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli | Definis Manajemen ini saya menulis referensinya menggunakan Fote note untuk memudahkan anda dalam mendukung kekuatan dari artikel itu sendiri dari segi referensi.


Artikel Menarik lainnya :