Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

Posted by Sanjaya Yasin 2 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa
Pada bagian pembahasan ini, penulis mencoba menguraikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor-faktor yang penulis maksudkan adalah sebagai berikut :

a. Faktor Intern
Faktor intern yaitu faktor yang datang dalam individu itu sendiri. Faktor intern ini terdiri dari :
1) Faktor Jasmaniah
Faktor jasmaniah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar dimana faktor tersebut berhubungan dengan jasmaniah atau kondisi badan siswa. Sehingga apabila kondisi badan siswa tergantung akan mempengaruhi hasil belajarnya. Olehnya itu, jasmani harus dijaga agar selalu dalam kondisi yang prima.
2) Faktor Psikologis
  • Faktor eksteren adalah merupakan salah satu faktor intern yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, Faktor psikologis ini berkenaan dengan kondisi kejiwaan siswa.
  • Faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar individu yang dapat mempengaruhi prestasi belajar.


Slameto (1987), mengemukakan bahwa ada tiga bagian faktor ekstern, yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
  1. Keluarga
  2. Sekolah
  3. Masyarakat.
Prestasi belajar yang dicapai oleh seseorang siswa merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang berasal dari dalam diri siswa maupun faktor yang berasal dari luar siswa. Salah satu faktor dari dalam diri siswa adalah minat belajar.


Minat dapat mendorong seseorang siswa untuk dapat belajar dengan baik. Siswa yang mempunyai minat belajar yang tinggi akan menghasilkan prestasi belajar yang tinggi pula. Dimana siswa memperlihatkan adanya rasa senang dan melalui mau belajar tanpa ada pengaruh dari siapapun. Karena mereka melakukan semua itu didasari atas niat yang suci dan ikhlas.

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa seseorang yang berminat dalam belajar dapat dilihat dalam kegiatan belajarnya, adanya rasa senang, dapat dilihat dari frekwensi belajarnya.
Hubungan minat dengan prestasi belajar dapat digambarkan sebagai berikut:
Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa


Siswa yang berminat dalam pelajaran akan merasa senang dan penuh perhatian dalam belajar, ia akan dengan suka rela aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa yang demikian sudah barang tentu akan menguasai materi pelajaran dengan baik sehingga prestasi belajarnya pun akan meningkat pula.


Slameto, 1987, Belajar dan Fajktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Bina Aksara.


Artikel Menarik lainnya :