Sukai Halaman Grosir Mutiara Lombok Supplier Murah

Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh - memang benar manusia tanpa bicarapun kita sudah tahu bagaimana wataknya, kepribadiannya, kita bisa melihat dari cara mereka melihat, berdiri, duduk, jalan, mereka bisa dilihat melalui bahasa tubuh yang mereka lakoni. langsung saja sahabat semua membaca cara pintar memahami bahasa tubuh



BAHASA PIKIRAN DAN BAHASA TUBUH
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Ketika sedang berbicara dengan orang lain jarang sekali kita bisa menyampaikan  suatu pesan yang sepenuhnya tepat dengan hanya menggunakan untaian kata-kata.jadi memiliki kesadaran yang baik mengenai bahasa tubuh akan memberi anda pemahaman yang praktis untuk meningkatkan interaksi anda dengan orang lain dalam kebanyakan situasi.

A.    Berkomunikasi tanpa kata-kata

Dalam interaksi sehari-hari kita kebanyakan melibatkan pengucapan kata-kata,secara alami kita kita telah dididik untuk mempercayai bahwa kemampuan berbahasa adalah kemampuan berkomunikasi yang  terpenting.bahasa tanpa kata-kata ini juga sama pentingnya bahkan terkadang lebih penting.kita berkomunikasi melalui:
  • Pakaian
  • Sikap
  • Ekspresi wajah
  • Kontak mata
  • Gerakan tangan,lengan dan kaki
  • Ketegangan tubuh
  • Jarak yang renggang
  • Sentuhan
  • Suara

Penelitian  klasik yang di lakukan oleh Mehrabian memberi tahu kita bahwa pengaruh anda di tentukan oleh tiga faktor berikut:
  • Cara anda memandang
  • Cara anda bersuara
  • Cara anda berkata

Ringkasnya adalah bahasa tuibuh berbicara lebih keras dari pada kata-kata.
Jadi berdasarkan cara anda menilai ketiga faktor di atas orang-orang akan membuat keputusan tentang :
  • Apakah mereka menyukai anda
  • Apakah mereka mempercayai anda
  • Apakah mereka akan berpacaran dengan anda
  • Apakah mereka akan melakukan bisnis dengan anda

B.    Sadar atau tidak sadar
Kita semua menjalani kehidupan sehari-hari dengan mengirimkan pesan kepada dunia melalui bahasa tubuh kita.akan tetapi anda perlu mengingat dua hal di bawah ini
  • Sebagian dari isyarat itu di sengaja
  • Banyak  gerakan yang berada di luar kontrol


C.    Apa yang harus di cari-dua hal yang besar
Mari kita sederhanakan segala sesuatunya dari awal   dengan menggunakan poin-poin utama.tujuan tersebut adalah dua hal yang harus anda waspadai  sepanjang waktu selama berinteraksi .anda ingin mengetahui apakah orang yang berinteraksi  dengan anda itu menunjukkan isyarat:
  • Nyaman atau tidak  nyaman
  • Bahasa tubuh yang terbuka atau tertutup

Gelagat-gelagat yang terkait dengan ketika orang tersebut merasa nyaman akan semakin di perkuat oleh bahasa tubuh yang terbuka.bahasa tubuh yang terbuka itu menyambut,santai,dan penuh perhatian.bahasa tubuh tersebut menunjukkan tidak adanya rintangan  dalam bentuk apapun.sedangkan bahasa tubuh yang  tertutup  di sertai dengan gelagat-gelagat negatif seperti gelisah,takut,gugup,permusuhan.

MEMANDANG
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Dalam pelajaran ke dua ini,kita akan memfokuskan pembahasan pada wajah dan mata karena dua anggota tubuh ini merupakan pusat  dari komunikasi non-verbal kita. Orang cenderung meyakini apa yang dikatakan  wajah anda daripada kata-kata  yang mereka dengar.titik pusat dari wajah adalah mata.mata mengungkap sebagian besar informasi,tempat kedua diduduki oleh ekspresi wajah kita.

Kita lebih banyak beromunikasi dengan mata kita dari pada dengan bagian lain dari anggota tubuh kita.oleh karena itu kita bahas terlebih dahulu mengenai mata.

A.Prilaku mata

Mata begitu kuatnya sehingga sebuah tatapan yang biasanya beberapa detik menjadi lebih lama dari keadaan yang biasanya normal.bisa memberikan isyarat yang sangat kuat bahwa:
  • Pihak yang berbicara akan terus memalingkan pandangan dan kembali melakukan kontak mata untuk memastikan bahwa orang yang di ajak bicara masih mendengarkan dan melihat mata mereka apakah mereka masih tertarik terhadap pokok bahasan tersebut.
  • Seorang pendengar menunjukkkan bahwa mereka tertarik terhadap sebuah percakapan  dengan lebih sering memandang orang yang sedang bersamanya/
  • Jika mereka sedang merasa bingung atau mereka tidak setuju dengan perkataan tersebut atau sekedar merasa bosan mereka akan jarang melakukan kontak mata.
  • Jika pendengar terus memalingkan pandangan maka kemungkinan terjadi sesuatu yang serius, ini karena perhatiannya terpecah sepenuhnya.


B. Kedipan

Kita rata-rata berkedip antara 8-15 kali permenit.dari sudut pandang fisiologis,kita dirancang untuk berkedip agar selaput mata terlumasi dengan baik.

Seseorang yanng berada dalam tekanan yang datang tiba-tiba akan memperlihatkan pola kedipan mata yang cepat begitu juga dengan orang yang mungkin sedang berbohong,dengan di seratai dengan gelagat –gelagat yang lain,ketika seorang kembali ke keadaan yang normal maka rata-rata kedipannya juga akan menurun secara perlahan-lahan.semakin lambat seseorang berkedip dari pada rata-rata kecepatan sebuah kedipan normal,maka itu berarti mata tertutup lebih lama dari yang seharusnya.

Anda akan melihat bahwa sebenarnya sebagian orang mengerjap-ngerjapkan kelopak mata mereka jika sedang berusaha  untuk menjelaskan sesuatu atau mersa malu mengenai sesuatu atau sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka dengar yang mereka tidak sukai.

C.  Aktivitas mata

1. Gerakan mata bolak-balik
Gerakan lain yang bisa kiita jumpai adalah seseorang  yanng menggerakkan  matanya dengan cepat dari sisi ke sisi.perilakku ini merupakan respons untuk menghindar .Mata yang bergerak cepat menandakan keinginan untuk mencari jalan keluar atau suatu pertolongan ,mereka hanya ingin pergi dari tempat itu.

2. Membelalakkan mata dan menyipitkan mata

Apa sebenarnya makna dari isyarat ini? Biasanya isyarat ini menunjukkan semacam penolakan atas sesuatu atau isyarat untuk menunjukkan dominasi yang dapat di samakan dengan pengaruh tindakan memandang melalui kaca depan.ekspresi ini sering di sertai dengan tindakan mengerutkan alis dan karena itu sering di salah artiakan sebagai tanda kemarahan

D.Dimana harus memandang

Banyak orang merasa tidak nyaman untuk melakukan kontak mata  dan mereka juga tidak sepandai yang mereka bisa karena mereka entah dengan alasan apa kesulitan untuk mengetahui bagian mana dari wajah seseorang yang harus dipandang.
  • secara umum,ketika kita sedang berbicara dengan orang asing termasuk dalam urusan bisnis tatapan yang ideal adalah dengan membayangkan segitiga pada dahi  seseorang dengan dua ausut bawah yang berada tepat di kedua belah mata.
  • pada tingkatan pergaulan sosial tatapn dapat diarahkan kebawah mata dengan mengimajinasikan sebuah gambar segitiga di antara mata dan mulut.
  • pada tingkatan intim,ketika laki-laki dan perempuan ingin menunjukkan bahwa mereka saling tertarik ,tatapan melintas mata dan mengarah ke bawah dagu menuju bagian tubuh yang lainnya.
.

MENYIMAK
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Dalam setiap interaksi terdapat status ganda yang anda jalani.terkadang anda menjadi
  • Pendengar
  • Pembicara.

Jika anda adalah tipikal oranng kebanyakan anda akan cenderung lebih suka berbicara dari pada menyimak.

A.    Mendengarkan (menyimak) dengan segenap anggota tubuh

Mampu mendengarkan dan menanggapi dengan cara yang dapat membantu anda untuk memahami persepektif orang lain .serta menunjukkan tanda-tanda bahwa anda memang benar-benar sedang mendengarkan mereka merupakan langkah pertama dalam membangun sebuah hubungan.

B.    Mendengarkan bahasa tubuh

Mari kita amati aktivitas menyimak bahasa tubuh:
  • Melakkukan kontak mata yang baik. Kontak mata membantu pembicara agar memiliki rasa percaya diri bahwa sedang di dengarkan dan bahwa anda tertarik dengan pembicaraan tersebut.
  • Menggunakan gerakan kepala. Gerakan kepala merupakan bagian yang menarik kaitannya sebagai sarana untuk memberikan dorongan kepada seseorang untuk berbicara dan membentuk sebuah hubungan.sebagian besar gerakan tersebut adalah melalui gerakan menganggukan kepala.makna yang tersirat dari sebuah anggukan .
    • Anggukan pelan biasanya merupakan sebuah dorongan agar pembicara melanjutkan perkataannya
    • Agak cepat anda sedang memberi tahu mereka bahwa anda paham
    • Sangat cepat anda sepakat sepenuhnya (menumbuhkan emosi dalam diri anda) atau barangkali,anda ingin menginterupsi dan bertukar peran menjadi pihak pembicara. 
    • Gerakan memiringkan kepala dalam sebuah percakapan,gerakan ini merupakan gerakan yang tidak mengancam yang menunjukkan adanya ketertariakan terhadap sesuatu..
  • Menunjukkan bahasa tubuh.banyak orang yang gagal membangun sebuah hubungan dengan orang lain karena mereka tidak menunjukkan melalui gerakan tubuh  bahwa mereka bena-benar terlibat.


LENGAN DAN TUNGKAI
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh 
A.    TANGAN
Kita akan memulai pembahasan ini dari tangan yang barangkali merupakan anggota tubuh yang yang paling sepontan.jadi di samping wajah,tangan kitapun merupakan bagian yang paling ekspresif dan komunikatif dan pada saat berbicara  kita sering menggunakannya secara alami sebagi ganti dari kata-kata

Dalam pelajaran ini kita akan membahas isyarat-isyarat yang di tunjukkan oleh tungkai dan lengan kita.
.
1.    Telapak tangan
Hampir secara eksklusif,posisi telapak tangan yang mengarah ke atas menang terhadap posisi telapak yang menghadap ke bawah.ketika anda menggunakan posisi telapak tangan menghadap ke atas  pda saat sedang berbicara,sebagian besar pendengar anda mengartikan pesan tersebut secara positif alasannya karena kami menghubungkan isyarat tangan terbuka ini dengan keramahan,kejujuran dan kepercayaan .karena prilaku ini biasanya merupakan sesuatu yang  tidak disadari,kita cenderung untuk mempercayai isyarat tersebut,kita cenderung menempatkan suasana  hati yang lebih  menerima terhadap pesan yang di sampaikan orang lain.

Perilaku menghadapkan telapak tangan kebawah di gunakan untuk menujukkan domonasi atau otoritas. Misalnya anda sedang mengeluarkan perintah.
2.    apa intinya
Anda menggunakan posisi telapak tangan yang tertutup dan mengubahnya menjadi posisi mengepalkan  dengan telunjuk menuding.bagaimana reaksi anda?saya yakin pasti anda mersa tidak nyaman.jika anda adalah pribadi yang bangga memiliki perangai ini berusahalah untuk segera mengatasinya sebab sikap ini hanya menumbuhkan kejengkelan.
3.    gaya merokok
Penelitian menegaskan bahwa orang yang sedang memiliki oikiran yang positif  dan mungkin penuh rasa percaya diri sebagian besar akan menghembuskan asap rokok dengan ke arah atas.menghembuskan rokok ke arah yang bawah cenderung di kaitkan dengan negatifitas,kemarahan dan frustasi.
4.    gerakan untuk menenangkan diri
Ini merupakan aktivitas pengalihan yang di arahkan dari dalam
a)    Tangan menggengam satu sama lain
Tangan yang saling menggenggam satu sama lain itu mungkin akan terus bergerak-gerak ketika seseorang sedang berbicara dalam ritme tertentu tetapi kedua tangannya akan terus menerus saling menggenggam satu sama lain.orang tersebut sedang berupaya menekan perilakku negattif yang tidak bisa mereka perlihatkan.
b)    Menara tangan
Gerakan ini cenderung diterapkankedalam dua kedok.ketika duduk jika seseorang sedang berbicara,mereka cenderung menggunakan menara yang tinggi.siku berada di atas meja,kedua telapak tangan saling di tangkupkan dan ujung jari saling bersentuhan satu sama lain.jika seseorang sedang mendengarkan mereka cenderung untuk menggunakan menara yang lebih rendah yang bisa di letakkan di pangkuan di atas atau di antara dua lutut.biasanya posisi ini menunjukkan sikap yang lebih kooperatif
c)    Tangan berada di belakang punggung
Dengan mengadopsi posisi ini  bisa di simpulkan bahwa posisi ini sebenarnya bisa memberi anda rasa percaya diri yang lebih tinggi dan mengubah perasaan serta kesan anda bahwa orang bisa memiliki anda.

B.    LENGAN

Terdapat banyak sekali  perbedaan sikap seseorang yang bisa disampaikan oleh setiap inci bagian tubuh.
1)    Tangan  di wajah /kepala
Ketika sedang tertekan atau mersa tidak nyaman kita akan sering melakukan gerakan untuk menenangkan diri yang meliputi tindakan tangan menyentuh wajah,kepala atau rambut.misalnya jika kita sedang meraasa gelisah kita mungkin akan akan menyisir rambut dengan tangan.
2)    Rasa bosan
Ciri-ciri gerakan tangan ke wajah adalah gerakandimana tangan menopang rahang dengan siku berada di atas meja.umumnya semakin sering anda melihat tangan menutupi rahang ini berarti semakin bosan dan tidak tertarik orang tersebut.

Meskipun demikian, kepala tangan yang menopang dagu adalah sesuatu yang berbeda : seperti halnya kedua tangan terbuka yang menutupi seluruh pipi atau rahang, keduanya juga menopang kepala. Jadi ketika anda berulang kali melihat para audiens menopang kepalanya dengan cara seperti ini, maka ini merupakan sebuah tanda bahaya ketika kebetulan anda sedang menyampaikan sebuah persentasi kerja, menjadi pembicara dalam sesi pelatihan, atau berpidato.

Untuk bisa memeriksa isyarat kebosanan, anda perlu menatap mata dan mengamati gerakan tangan ke arah wajah. Jika anda melihat kebawah, atau sedikit terpejam, atau terlihat sedikit muram “ hal itu seperti berkata”  tolong hentikan pertarungan ini , maka hampir bisa dipastikan bahwa anda perlu bergantian haluan untuk mencoba kembali membanguninteraksi.

3.Penolakan atau perbedaan pendapat

Terkadang, anda menjumpai seseorang yang menutupi mulutnya pada jari-jari tangan menutupi mulut dengan ibu jari menekan pipi. Biasanya sikap ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki perbedaan pendapat dengan apa yang dikatakan oleh si pembicara atau tidak percaya bahwa si pembicara berkat  jujur. Tangan secara tidak sadar bergerak ke arah mulut.

Bentuk lain dari sikap ini adalah ketika anda melihat seseorang yng menaruh jari tangannya di mulut mereka. Sikap ini biasanya menunjukkan bahwa seorang tersebut sedang merasa tidak nyaman atau tertekan.

4. posisi-posisi lengan
Kita akan membahas pososi-posisi lengan dan apa yang ditunjukkannya, dan juga apa pengaruhnya terhadap otakanda ketika lengan anda tetap berada dalam posisi tertentu.
a.    Lengan dilipat
Lengan dianggap sebagai bagian tubuh yang menarik dalam ilmu bahasa tubuh sebab lengan dalam posisi dilipat memiliki kapasitas untuk membentuk sebuah “penghalang” antarindividu yang protektif dan menutup komunikasi.

Mendekapkan lengan (bersedekap) adalah gerakan yang bisa anda temui diseluruh dunia. Seperti yang sudah disebutkan sebelimnya, biasanya sikap ini menunjukkan adanya rasa tidak nyaman pada diri anda, dan pastinya, anda menunjukkan ketidak nyamanan itu kepada orang yang melihat nya.

Kapanpun kita, sebagai manusia, merasakan kegelisahan atau tekanan, kita cenderung untuk menarik lengan kita, lengan akan selalu berada lurus di sisi badan atau disilangkan/ dilipat didepan dada. Sikap ini memberi kita posisi pertahanan dan yang tidak kalah pentingnya rasa nyaman. Kita tidak hanya selalu mempertimbangkan isyarat-isyarat yang kita tangkap, tetapi juga isyarat- isyarat yang kita berikan, oleh sebab itu kita harus berhati-hati ketika mengambil sikap menyilang lengan (bersedekap) bahkan meskipun saat itu kita sedang menggigil kedinginan.
b.    Menyilangkan lengan
Hal penting mengenai isyarat menyilangkan lengan adalah bahwa tingkah laku dan perilaku mental orang tersebut sudah tetap dalam posisi teersebut selama dia terus bersikap demikian.

Jenis tindakan menyilangkan lengan lain yang juga sering dijumpai adalah posisi dimana lengan digenggam. Tangan memegang dengan erat bagian atas kedua lengan seolah-olah untuk memastikan bahwa lengan tetap berada diposisi atas, sehingga ia tidak akan lari. Tindakan ini sama dengan tindakan mencengkram lengan kursi. Orang tersebut mungkin merasakan suatu kegelisahan yang sangat kuat atau bersiap mengantisipasi kejadian yang tidak menyenangkan, atau merasa sangat keras kepala mengenai sesuatu.

Tindakan menyilangkan lengan menyampaikan adanya suatu perasaan tidak nyaman atau kekehawatiran, akan tetapi ibu jari yang mengarah ke atas menunjukkan rasa percaya diri.
c.    Menyilangkan salah satu lengan
Anda akan menyilangkan sebelah lengan anda hanya satu lengan saja. Dengan hanya meng gunakan satu lengan saja, kita bisa membentuk satu penghalang defensif dengan cara menyilangkan tangan memegang lengan yang satunya.sikap ini lazim dilakukan oleh kaum perempuan dan anda akan sering melihat ketika ada sekelompok orang yang sedang bercakap-cakap, khususnya ketika mereka belum terlalu saling mengenal satu sama lain.
5.    Tangan ke  leher
Tangan dengan sendirinya bergerak ke leher dalam banyak kesempatan ketika kita sedang merasa gelisah.perempuan cenderung lebih sering menyentuh lehernya dari pada laki-laki.sebagai gerakan untuk me nenangkan diri,kita akan menyentuh bagian depan leher  atau biasanya dilakukan oleh kaum laki-laki memijat bagian belakang leher.laki-laki biasanya akan menutupi bagian tepat di bawah dagunya dengan tangan mereka untuk merangsang ujung-ujung saraf.

C.    KAKI

Sebagaiman dari lengan kita juga bisa mengambil banyak informasi dari gerakan kaki,khususnya ketika gerakan itu disertai dari lengan untuk membentuk kumpulan  isyarat-isyarat yang penting.
a)    Kaki yang jujur
Yang kita sebut sebagi gerakan yang yang di sengaja akan sangat jelas terlihat pada betis dan kaki.misalnya jika anda sering berbicara dengan seseorang yang menghadap ke arah anda,kemudian dia mengganti arah salah satu kakinya ke arah luar dengan satu kaki yang lain masih menghadap ke arah anda meskipun percakapan anda berjalan dengan baik,ini menandakan isyarat bahwa dia harus pergi.
b)    Ke arah anda atau ke  arah lain?
Ketika sedang duduk akan sangat membantu bila kita anggap saja betis tidak di silangkan  mengikuti ke arah mana kaki menghadap.jika kedua kaki berada di lantai dan salah satu atau keduanya tidak menghadap ke arah anda,maka anda belum mencapai tahapan interaksi di mana setiap orang yang terlibat di dalamnya bisa merasa nyaman.

Gerakan yang lazim kita lakukan adalah ketika kita sedang duduk dan menunjukkan isyarat-isyarat bahwa kita ingin pergi.seringkali gerakan ini tidak ita sadari.ita akan mengatur posisi kaki kita agar mengarah ke pintu keluar.tangan akan bertumpu pada lengan kursi dan kita berusaha untuk pergi.

D.     TUNGAKAI
Sebagaimana kaki yang bisa memberikan petunjuk mengenai maksud kita yang sebenarnya atau dimana sebenarnya kita ingin berada,tungkai juga mengungkap banyak hal.

Umumnya baik pada laki-laki maupun perempuan lengan dan tungkai  yang di silangkan menunjukkan bahwa mereka sedang menghadapi masalah.terkadang bagian tubuh yang di silangkan adalah pada bagian pergelangan kaki bukan seluruh tungkai kaku.perempuan cenderung merapatkan kedua lututnya dengan kedua tangan yang munkin di letakkan di atas pangkuannya.sedangkan laki-laki cenderung merenggangkan kedua tungkainya dengan tangan yang berada di samping kursi.


BERBOHONG
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

A.    JENIS-JENIS KEBOHONGAN

Spektrum mengatakan kebohongan sangatlah luas mulai dari tidak mengerjakan rumah hingga kebohongan basa-basi.untungnya sebagian besar ke bohongan yang kita katakan lebih merupakan kebohongan tipe  basa-basi dan  bukannya kebohongan serius yang bisa menghancurkan struktur masyarakat. Memberi tahu pihak tuan rumah yang mengundang kita makan malam bahwa sup buntut  warung depan meskipun secara tidak sengaja  anda barusan melihat bungkusny a ketika anda sedang mengambil sebotol anggur di dapur.terpaksa berbohong seperti ini kadang jauh lebih baik dari pada kita merusak sebuah hubungan.pada dasarnya kita tidak ingin membuat seseorang merasa buruk mengenai diri  mereka sendiri  atau membuat mereka  malu.

Sebuah pengecualian  terkadang kita akan menjumpai  sebuah keadaan dimana seseorang mengatakan sesuatu yang jelas-jelas merupakan sebuah kebohongan kepada kita  tetapi mereka meyakininya sebagai sebuah kebenaran.

B.    SENYUM YANG MENGUNGKAP

Semua penelitian menunjukkan bahwa,secara keseluruhan,faktanya justru berkebalikan orang-orang yang suka berbohong malah jarang tersenyum.

Bukan berarti bahwa para pembohong itu tidak tersenyum: ereka hanya jarang tersenyum,dengan keyakinan bahwa,secara umum orang mengharapkan kita untuk sering tersenyum jika mereka sedang berbohong,sehingga dengan demikian,mereka akan terhalang untuk melakukannya.

Ketika seseorang tersenyum,mereka akan menggunakan senyum “palsu”jika sedang berbohong.senyum palsu muncul dengan cepat dan berlangsung lama dari sebuah senyuman  tulus,untuk kemudian ,tiba-tiba menghilang begitu cepat dari pandangan.

C.    MATA
 1.    Arah tatapan mata
Arah tatapan bisa mengungkap banyak hal kita terlebih dahulu mengujinya dengan mengamati perilaku dasar seseorang .para ahli sepakat bahwa kedua sisi otak bertanggung jawab terhadap fungsi-fungsi tertentu .
Berikut ini adalah pembagian yang lebih jelas dari fungsi sisi otak kanan dan sisi otak kiri:
  • Ketika anda mencari jawaban untuk sebuah pertanyaan dari gudang informasi yang tersimpan dalam otak ,otak kiri anda akan lebih aktif.
  • Jika anda berbohong dan setelah itu anda lupa,akan tetapi anda membutuhkan imajinasi agar bisa menciptakan jawaban yang fiktif,maka ini saatnya otak kanan yang bekerja.
Jadi,jika seseorang menatap kekanan ketika mereka menjawab pertanyaan anda,mereka mungkin berkata jujur dan jika tatapan mereka condong ke kiri,mereka mungkin berbohong karena jawaban tersebut berasal dari sisi otak sebelah kanan yang imajinatif.

2.    Berkedip
Anda mungkin akan semakin sering berkedip ketika anda sedang berbohong ini akibat adanya peningkatan aktifitas kognitif yang di hubungkan dengan pertanyaan menekan seolah-olah mempercepat segala sesuatunya.peningkatan jumlah kedipan ini tidak selalu disebabkan oleh kebohongan,hal ini bisa pula terjadi ketika  anda sedang berada di bawah tekanan atau sedang lelah.

C.    MULUT
a.    Menutupi mulut
Dalam situasi yang melibatkan adanya unsur kebohongan ,tangan mungkin bergerak menuju mulut.terkadang kepalan tanganlah yang di gunakan untuk menutupi mulut alih-alih menggunakan telapak tangan yang terbuka.sikap ini sering kali di jumpai ketika seseorang pendengar sedang mendengarkan anda bicara  dan dia beranggapan bahwa anda menyembunyikan sesuatu mereka akan menutup mulutnya dengan kepalan tangan karena mereka sedang berusaha menahan dorongan alam bawah sadar untuk menentang anda.
b.    Sedikit tentang bibir
kita semua sekali waktu memperlihatkan  bibir yang tertutup rapat ketegangan ini biasanya menandakan bahwa kita sedang mencoba untuk tidak memperlihatkan rasa bersalah karena kita telah berbohong.
D.    TANGAN
Dari berbagai penelitian diketahui bahwa ketika seseorang sedang berbohong,gerakan-gerakan tangannya cendrung semakin menyimpang dari perilaku dasar yang normal.tangan akan terdiam bukannya bergerak-gerak ini berkebalikan dengan apa yang di pikirakan oleh sebagian pembohong.
Kedua tangan biasanya di sembunyikan.oleh karena itu alam bawah sadar mungkin dengan sendirinya akan mencari tempat persembunyian.

E.    TUNGKAI
a.pergelangan kaki
Dalam situasi yang menekan, anggota tubuh bagian bawah seperti pergelangan kaki mungkin akan saling menyilang satu sama lain dengan posisi “pergelangan kaki yang mengunci.”yang menarik adalah bahwa,dalam situasi ini, kaki cenderung tidak banyak bergerakdan sikap ini biasa menyertai gerakan tangan dan lengan secara terbatas sebagaimana yang sering dijumpai pada kumpulan sikap seperti ini-isyarat bahasa tubuh yang tertutup.
b. variasi
terkadang,anda akan melihat variasi dari posisi diatas, dimana orang tersebut benar-benar mengunci kakinya pada kaki kursi (sebuah posisi yang tidak wajar pada laki-laki). Perilaku ini sering kaki disertai dengan menggenggam erat pegangan kursi-jika ada-atau jika tidak, perilaku mungkin disertai dengan posisi lengan yang saling disilangkan atau mungkin gerakan-gerakan yang terlihat berlebihan.

F.    VOKAL
1.    berbicara lebih pelan
Pada orang yang sedang berbohong, pengucapan kata-kata dilakukan secara lebih pelan daripada rata-rata pengucapan kata-kata yang normal. Ini karena seseorang harus bergantung pada ingatan mereka, bukan pada kebenaran itu s endiri.
2.     diam atau jeda
Orang yang berbohong mungkin akan menggunakan jeda atau diam sejenak disela-sela pembicaraan .
3.    pola pernapasan
Seseorang mungkin saja mampu menunjukkan sikap santai ketika ia sedang merasa tidak nyaman-entah itu dia sedang berdiri atau duduk-akan tetapi, isyarat naik turunnya rongga dada bisanya  tidak mungkin untuk disembunyikan, khususnya jika dibarengi adanya aktivitas bahu.
4.      menelan ludah
Kita melakukannya setiap waktu.menelan ludah mungkin menjadi sebuah masalah karena reaksi akibat stres menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Meskipun demikian, aktivitas menelan ludah yang berlebihan dan menunjukkan adanya rasa  ketidaknyamanan yang besar.
5.    salah ucap atau ragu-ragu
Kemungkinan terdapat banyak “eee” dan “um” yang menandai sebuah percakapan yang banyak mengandung kebohongan. Ini bertentangan dengan percakapan yang berjalan lancar dan tidak dibuat-buat.


6.    nada suara
Nada suara bisa menjadi suatu penanda yang sangat baik untuk menunjukkan terjadinya perubahan emosi  seseorang karena bagian yang satu ini cenderung menyebabkan naiknya nada suara dan sangat sulit untuk disembunyikan. Karena itu, suara orang yang berbohong  cenderung menjadi lebih tinggi, dan mungkin lebih keras, dibandingkan dengan suara biasa.


SIFAT-SIFAT YANG MENYENANGKAN
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Sifat  menyenangkan yang anda miliki akan menentukan kesuksesan anda,baik dalam kehidupan profesional maupun kehidupan pribadi bertemu anda.sudah terbukti dari waktu ke waktu bahwa sikap menyenangkan inilah yang membentuk dasar dari hubungan yang awet dan berkualitas dalam semua bidang.

A.    Penampilan
Orang-orang sering mengatakan bahwa ketika  bertemu seseorang,hal yang pertama kali mereka lihat adalah pakaian oarang tersebut dan kemudian secara tidak sadar menilai daya tarik fisik mereka.penelitian juga menunjukkan bahwa daya tarik fisik dan penampilan tidak dapat di pungkiri,memiliki pengaruh besar dalam penilaian seseorang terhadap kepada orang lain

B.    Senyum
Senyum yang anda berikan tidak tidak selalu harus  senyum yang lebar.cukup senyuman yang tulus.bahkan meskipun segala sesuatunya tidak berjalan dengan terlalu baik,dan anda tetap memaksa untuk tersenyum yang  pastinya dilakukan setengah hati orang yang memiliki empati akan menangkapnya dan bisa memahami alasannya dari perasaan anda yang bercampu aduk.

C.    Ekspresi pada mata
Ekspresi pada mata anda juga dapat menyampaikan banyak hal dan orang bisa mendeteksi adanya kehangatan,simpati,dan kepedulian melalui mata.ketika anda memberikan perhatian kepada orang lain mereka akan lebih merasa di hargai.

D.    Menyimak
Menyimak merupakan hal penting terkait dengan alasan mengapa seseoarang  di anggap menarik dan karena itu aktifitas menyimak memiliki peringkat yang sangat tinggi pada urutan sifat-sifat yang menyenangkan.

Semua penelitian menunjukkan bahwa perempuan  akan terpesona jika bertemu dengan seorang laki-laki yang mendengarkan.


KEBOCORAN
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

A.    perubahan pikiran dah tubuh
Agar kita bisa lebih memahami kebocoran yang sifatnya negatif ini saya merasa bahwa akan sangat membantu anda jika kita mengamati sejenak pikiran-pikiran yang negatif atau kegelisahan serta perubahan-perubahan samar yang berlangsung dalam pikiran dan tubuh anda.perubahan ini akan mempengaruhi:
  • Pikiran anda
  • Emosi anda
  • Bagaimana tubuh anda merasa  secara fisik
  • Perilaku anda.


B.    Apa yang anda pikirkan,itulah yang anda rasakan
Dalam skenario yang lain anda mungkin menyadari adanya gejala takut –melawan-melarikan diri ketika anda sedang menunggu di ruang resepsionis karena tubuh anda memang menyuruh anda untuk bertindak demikian.hal ini membawa anda kembali pada apa yang menjadi penyebabnya-emosi anda-dan memberikan anda kesempatan untuk mengubah pikiran anda sebelum masuk ke dalam ruangan. 

Bahasa tubuh ketika menyampaikan pidato atau persentasi
Jika anda sedang menyampaikan pidato atau persentasi,anda akan mengetahui betapa pentingnya angka 93% (55% visual dan 38% paralanguage)
  • cobalah untuk tidak berdiri seperti sebuah manekin khususnya jika terdapat podium.lakukan gerakan agar audiens tetap terjaga.
  • jika terdapat podium,cobalah untuk tidak memegangnya dengan erat-erat seolah-olah anda sedang memegang sebuah pegangan tangga sikap ini menunjukkan kegugupan.
  • jaga agar kepala anda tetap tegak.
  • perlihatkan lengan anda dengan telapak  tangan menghadap ke atas.
  • jika anda mengacu terhadap layar,jangaan lupa untuk menjaga agar tubuh bagian depan tetap menghadap kepada audiens.berbaliklah sedikit kemudian tunjuk poin yang anda maksud.
  • cobalah untuk tidak melihat ke bawah baik untuk meliihat catatan atau lantai
  • sesekali lakukan kontak mata dengan semua audiens dengan cepat.
  • perhatikan bahasa tubuh negatif yang di tunjukkan oleh para audiens dengan mengamati setiap kebocoran.kemudian bertindaklah,baik dengan melibatkan satu atau banyak audiens,dengan mengubah topik atau bahkan enghentikan sejenak acara untuk istirahat.

Tulisan diambil dari sebuah buku Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh  karya James Borg bukunya sangat bagus untuk dibaca silahkan beli ditoko buku terdekat