Berpikir Dan Berjiwa Besar

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

 Berpikir Dan Berjiwa Besar

1.    Percaya Anda Dapat Berhasil, Maka Anda Pun Akan Benar-Benar Berhasil
Keberhasilan berarti banyak hal yang mengagumkan dan positif. Keberhasilan berarti kesejahteraan peribadi, rumah yang bagus, liburan, perjalanan, pengalaman baru. Keberhasilan berarti memperoleh kehormatan, disegani oleh rekan bisnis dan populer di kalangan teman. Keberhasilan terutama berarti kebebasan: kebebasan dari kekehawatiran, ketakutan, frustasi, dan kegagalan. Keberhasilan berarti menang. Keberhasilan dan prestasi adalah tujuan hidup.


Setiap manusia menginginkan keberhasilan. Setiap orang pasti menginginkan yang terbaik bagi hidupnya. Salah satu dari kearifan pembangun keberhasilan yang paling peraktis terdapat pada kutipan Kitab Suci yang mengatakan bahwa iman dapat memindahkan gunung.

Percaya, benar-benar percaya bahwa anda dapat memindahkan gunung, maka anda pun akan mampu melakukannya. Kesangsian berjalan bersama-sama dengan kegagalan.

Anda tidak akan dapat memindahkan gunung hanya dengan angan-angan saja. Anda pun tidak akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan hanya mengangankannya. Anda juga tidak akan mendapatkan rumah besar hanya dengan mengangankannya.

Akan tetapi kita dapat memindahkan gunung dengan keprcayaan yang kuat. Cara terbaik untuk memperoleh keberhasilan adalah dengan percaya bahwa Anda dapat berhasil. Tidak ada yang gaib atau rahasia mengenai kekuatan kepercayaan.

Kepercayaan bekerja sebagi berikut. Kepercayaan, sikap yang positif,saya dapat, membangkitkan kekuatan,keterampilan dan energi myang diperluksn untuk berhasil. Jika anda percaya “saya dapat melakukanya” dan benar-benar pervcaya, maka bagaimana melukannyapun akan berkembang secara otomatis

Mereka yang percaya bahwa meraka dapat memindahkan gunung benar-banar dapat melakukannya. Meraka yang percaya bahwa meraka benar-benar tidak dapat melakukannya.Kepercayaan menggerakan kekuatan untk melaksanakanya.

Dizaman moderen ini kepercayaan mengerjakan hal-hal yang jauh lebih besar daripada memindahkan gunung. Unsur yang paling esensial sebenarnya satu-satunya yang paling esensial di dalam penjelajahan luar angkasa ini adlah kepercayaan bahwa ruang angkasa dapat dikuasai. Tanpa kepercayaan yang kuat tidak tergoyahkan bahwa manusia dapat mengadakan perjalanan ke ruang angkasa, para ilmuan tidak akana mempunyai keberanian, minat, dan antusiasme untuk maju.
   
Percayalah, benar-benar bahwa Anda dapat berhasil, maka Anda pun akan berhasil.
Selama bertahun-tahun saya sudah berbicara dengan banyak orang yang gagal dalam usaha bisnis dan bermacam karier. Banyak alasan dan dalih diberikan mengenai kegagalan mereka. Sesuatu yang sangat penting tersingkap ketika Anda berbicara dengan seorang yang gagal. Dengan cara yang sambil lalu oarang yang gagal melontarkan komentar seperti, “Terus teramg saja, sya rasa ini tidak akan berhasil” atau “saya ragu bahkan sebelum mulai,” atau “sebenarnya, sayatidak terlalu herranusaha ini tidak berhasil.”


Kesangsian adalah kekuatan yang negatif. Ketika pikiran tidak percaya atau ragu, pikiran tersebut menarik “dalih” untuk menyonykong ketidakpercayaan tesebut. Keraguan, ketidak percayaan, keinginan bahwa sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar untuk berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegaglan.

2.    Bangun Kepercayaan Dan Hancurkan Ketakutan

Ketakutan itu adalah hal yang nyata. Dan oleh karena itu, kita harus mengenalnya sebelum dapat menaklukkanya.

Kebanyakan  ketakutan sekarang ini bersifat psikologis. Kekehawatiran, rasa malu, panik semua ini berakar dari imajinasi negatif yang salah penanganan. Ketakutan adalah musuh sukses nomor satu. Ketakutan menghentikan orang memanfaatkan peluang; ketakutan menghentikan vitalitas fisik, ketakutan benar-benar membuat orang sakit, menyebabkan gangguan organik, memendekan umur. Ketakutan menutup mulut Anda ketika Anda sebenarnya ingin berbicara.

Ketakutan , ketidakpastian, tidak adanya kepercayaan menjelaskan mengapa kita tetap menderita resesi ekonomi. Ketakutan menjelaskan mengapa jutaan orang hanya mencapai sedikit dan meniknmati sedikit.

Satu hal tindakan mengalahkan katakutan. Sebaliknya, kebimbangan dan penundaan memupuk rasa takut.

TINDAKAN MENGALAHKAN KETAKUTAN

Suatu menghadapi masalah sulit, kita tinggal di dalam lhmpur hingga kita mengambil tindakan. Harapan adalh suatu awal. Akan tetapi, harapan memerlukan tindakan untuk mendapatkan kemenangan.

3.    Bagaimana Berpikir Besar

Kecendrungan begitu banyak orang yang berpikiran kecil berarti ada jauh lebih sedikit persaingan ketimbang yang  Anda kira untuk karier  yang sangat memberikan harapan.

Sejauh berkanaan dengan sukses, orang tidak diukur menurut sentimeter, atau kilogram, atau gelar akademis,atau latar belakang kelurarga. Tetapi mereka diukur dari besar kecilnya cara berpikir mereka. Berapa besar ktia berpikir menentukan ukuran prestasi kita. Sekarang , mari kita lihat bagimana  kita dapat memperbesar pikiran kita. Pernahkah anda bertanya kepada diri sendiri, “ Apa kelamhan kita yang terbesar ?” Barang kali kelemahan terbesar manusia adalah sikap mencela diri.

Selama ribuan tahun yang lalu para pilsuf telah memberikan nasihat yang bagus: kenali diri Anda sendiri. Akan tetapi kebanyakan orang tampaknya menafsirkan nasihat ini sebagai kenali diri anda yang negatif. Kebanyakan evaluasi diri terdiri atas pembuatan daftar mentang yang panjang dari kesalahan seseorag, kekurangannya dan ketidakmemadai dirinya.

Memang baik jika kita mengenali ketidakmampuan kita, karna hal ini memoerlihatkan kepada kita bidang-bidang yang masih dapat kita perbaiki. Akan tetapi jika kita hanya mengenal sisi negatf kita, mak nilai kita pun akan menjadi kecil.

Pemikir besar adalah ahli dalam menciptakan gambar yang positif, memandang kedepan, optimis baik dalam pikiran mereka sendiri maupun pikiran orang lain.

4.    Bagaiman Berfikir Dan Bermimpi Secara Kreatif

Mari kita menjernihkan suatu pikiran yang keliru mengenai arti berpikir kreatif. Karena beberapa alasan yang tidak logis , sains, teknologi, seni dan karya tulis dianggap sebagai satu-satunya yang memerlukan pikiran yang benar-benar kreatif. Kebanyakan orang-orang menghubungkan bepikir krearif dengan hal-hal seperti penemuan listrik atau vaksin polio, atau novel atau pengembangan televisi berwarna.

Tentu saja penciptaan seperti ini adalah bukti dari cara berpikir kreatif. Tapi langkah maju daalam menaklikan liar angkasa adalah hasil dari berpikir kreatif. Akan tetapi, berpikir kreatif tidak hanya terbatas untuk pekerjaan tertentu, juga tidak hanya untuk orng yang super pandai.
Lalu apa yang dimaksud dengan berpikir kreatif ?

Sebuh kelurga yang berpenghasilan rendah menyusun rencana untuk mengirim putra mereka keuniversitas. Inilah berpikir kreaif. Sebuah kelurga merubah rumah yang paling tidak menarik di jalan itu nenjadi temapat yang indah di lingkungan itu. Inilah berpikir kreatif. Berpikir kreatif berarti menemukan cara-cara baru yang lebih baik untik mengerjakan apa saja.

Untuk dapat mengembangkan dan menguatkan kemampuan kita dalam berpikir kreatif  ada satu hal yang haru kita tanam dalam pikiran kita, yaitu percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan. Inilah perinsipnya, untuk dapat melakukan apa pun, kita harus lebih dahulu percaya bahwa hal itu dapat dilakukan. Percaya sesuatu dapat dilakukan membuat pikiran begarak mencari cara untuk melakukannya.

Di mana ada kemauan di situ ada jalan.
Percayalah sesuatu itu dapat dilakukan.
Inilah dasar bagi berpikir kreatif. 

Di bawah ini dua saran untuk membantu Anda mengembangkan kekuatan berpikir kreatif melalui kepecayaan:

  • Pertama, hapus kata tidak mungkin baik dari pikran Anda maupu kosakata pembicaraan anda. Tidak mungkin adalah kata kegagalan. Pikiran,”ini tidak mungkin,” memulai reaksi berantai dari pikiran lain untuk membuktikan  bah wa anda benar.
  • Kedua, pikirkan sesuatu yang istimewa yang selama ini anda ingin lakukan, tetapi anda rasa anda tidak dapt melakukanya.


5.    Atur Lingkungan Anda: Gunakan Selalu Yang Kelas Satu  
     
 Pikiran Anda adalah mekanisme yang mengagumkan. Jika pikiran anda   bekerja satu arah, yang dapat membawa anda maju menuju keberhasilan yang luar biasa. Akan tetapi, pikiran yang sama yang beroperasi dengan cara yang berbeda dapat mengakibatkan kegagalan total.

Perhatikan baik-baik. Lingkungan membentuk kita, membuat kita berpikir sebagaimana yang kita lakukan. Coba saja sebutkan kebiasaan atau perangai yang Anda miliki yang tindak Anda ambil dari orang lain, hal-hal lain seperti cara berjalan,batuk, memegang cangkir; preferensi kita tentang musik, literatur, hiburan, pikiran semunya berasal dari lingkingan.

Yang lebih penting lagi, besar kecilnya pikiran Anda, sikap Anda, kepribadian Anda dibentuk oleh lingkungan anda.

Pergaulan yang lama dengan orang yang negatif membuat kita berpikir negatif, hubungan dekat dengan orang yang picik mengembangkan kebiasaan picik di dalam diri kita. Pada sisi yang cerah, pergaulan dengan orang yang memiliki gagasan besar meningkatkan tingkat kemampuan berpikir kita; hubungan erat dengan orang yang ambisius memberi kita ambisi.

Para ahli setuju bahwa Anda yang sekarang, keperibadian Anda, ambisi, setatus yang sekarang dalam kehidupan, sebagian besar adalah hasil dari lingkungan psikologis Anda. Dan para ahli setuju pula bahwa Anda nanti satu, lima, sepuluh, dua puluh taun dari sekarang, bergantung hampir sepenuhnya pada lingkungan masa depan Anda.

Mari kita lihat sekarang apa yang dapat kita lakukan untuk membuat linkungan masa depan kita memberikan hasil yang memuaskan dan keberhasilan

Salah satu langkahnya adalah perbaiki diri Anda untuk meraih keberhasilan. Penghalang nomor satu dalam perjalanan menuju sukses tingkat tinggi adalah perasaan bahwa prestasi tinggi berada di luar jangkauan. Sikap ini berasal dari banyak ketakutan penindas yang yang mengarahkan pikiran kita ke tingkat yang biasa-biasa saja.

Untuk mengerti kekuatan penindas ini, mari kita kembali ke masa kita masih kanak-kanak. Sebagai anak-anak, kita semua menetapkan cita-cita tinggi. Pada usia yang sangat masih mida kita membuat rencaana untuk menklukan dunia yang tidak dikenal, untuk menjadi pemimpin, untuk mencapai posisi yang sangat penting, untuk mengerjakan hal-hal yang sangat menggairahkan dan menstimulasi, untuk menjadi kaya dan masyhur. Pendeknya menjadi yang nomor satu, terbesar daan terbaik.

6.    Berpikir Benar Tentang Orang Lain

Inilah kaidah dasar untuk mendapatkan keberhasilan. Goreslah ini dalam pikiran dan ingatlah. Kaidah tersebut adalah: sukses bergantung pada dukungan orang lain. Satu-atunya penghalang di antara Anda dan apa yang Anda inginkan adalah dukungan dari orang lain.

Seornag mahsiswa di perguruan tinggi bergantung pada profesor untuk melanjutkan program pendidikannya, seorng polotokus bergantung pada pemberi saran memilihnya, seorang penulis bergantung pada orang lain untuk membaca apa yang ia tulis.

Nah, inilah waktunya untuk bertanya, “Andaikan, saya bergantung pda orang lain untukm mencapai sukses yang saya inginkan, tetapi apa yang harus saya lakukan untuk membuat orang-orang ini menyokong dan menerima kepemimpinan saya?”

Jawabannya adalah berpikir benar tentang orang lain. Berpikir benar tentang orang lain dan mereka akan suka dan mendukung Anda. Orang sukses mengikuti rencana untuk menyukai orang lain. Orang yang mencapai puncak tidak mendiskusikan teknik mereka untuk berpikir benar terhadap orang lain. Akan tetapi mereka akan heran berapa banyak oarng yang benar- benar besar mempunyai rencana yang jelas, pasti, bahkan trtulis untuk menyukai orang lain.

Perimbanga satu kasus lagi separti yang dilaporkan Jack Andrson, mitra junior dari Drew Pearsons’s, seseorang kolumnis yang terkenal ketepatan fakta yang ia nyatakan. Anderson melaporkan sebelum lama ini bahwa orang taxes, Lyndon Johnson, yang mungkin merupakan Senator paling berpengaruh sejak perang dunia II, menyimpan sebuah daftar yang terdiri atas sepuluh aturan di dalam laci meja kerjanya untuk “ membuat orang menyukai Anda. “dan dari apa yang dicatat olah Anderson, Senator Johnson tidak hanya letakkan aturan ini di laci mejanya dan melupakanya. Dari cap jempol pada daftar itu, jelas bahwa Senantor sering membacanya.


Aturan tersebut bagus sekali. Ialah daftar tersebut yang dikutip secara langsung :
  • Belajarlah mengingat nama. Ketidak efisiensinan pada titk ini mumgkin menunjukan banwa perhatian anda kirang.
  • Jadilah oarang yang menyenagkan sehingga Anda tidak menjadi kaku.jadilah orang yang luwes.
  • Memiliki sikap sanatai dan rilaks sehingga Anda tidak mudah terganggu.
  • Janga congkak. Hindari kesan bahwa Anda sok tahu.
  • Kembangakan sifat menarik sehingga oarang akan mendapatkan sesuatu yang bernilai dari pergaulan mereka dengan Anda.
  • Berushalah secara terus untuk memperbaiki setip keslahpahaman yang pernah Anda alami atau sedang Anda alami. Buanglah kelihan Anda.
  • Biasakanklah menyukai orang Hingga Anda beljar melakukannya secara sungguh-sungguh.
  • Jangan pernah melewatkan kesempatan mengatakan selamat atas perestasi siapapun, atau menyatakan simpati akan penderitaan atau kekecewaan.
  • Berikan kekuatan spiritual kepada oang, dan mereka kan memberikan kasih sayang tulus kepada Anda.
Orang besar, mereka yan memimpin dalam  politi, industri, seni, sains,semuanya ramah dan manusiawi. Mereka bersepesilisasi agar disukai.

Akan tetapi janga coba membeli persahabatan; persahabatan bukan untuk dijual. Memberikan hadiah adalah kebiasaan yang baik jika hadiah itu didukung dengan ketulusan murni, kesukaan memberi dan kasukaan akan orang kepada siapa hadiah tersebut diberikan. Akan tetapi, tanpa ketulusan sejati, hadiah itu sering dianggap tidak lebih sebai suap.

7.    Dapat Kebiasaan Bertindak
Inilah sesuatu yang para pemimpin dalam semua bidang sepaati: ada kekurangannya orang kelas satu yang sangat cakap umtuk mengisi posisi kunci. Sebenarnya ada banyak kurang di atas. Sebagaimana dijelaskan oleh seorang eksekutif, ada banyak oarang yang hampir memenuhu syarat tetapi ada satu unsur sukses yang serig hilang, yaitu kemampuan menyalesaikan sesuatu, untuk mendapatkan hasil.
Setiap pekerjaan besar entah itu menjalankan perusaaan, perjualan tingkat tinggi, dalam sains atau pemerintah memerlukan orang yang berpikir untuk bertindak.  Gagasan yang bagus saja tidak cukup. Gagasan yang sederhana yang dilaksanakan, dan dikembangkan, adalah seratus persen lebih baik daripada gagasan hebat yang mati karena tidak ditindaklanjuti.

Pedagang besar, John Wanamakar, sering berkata, “tidak ada yang datang hanya dengan memikirkannya. Ingatlah semuamya yang kita memiliki di dunia ini, dari satelit hngga pencakar langit hingga makanan bayi, hanyalah suatu gagasan yang dilaksanakan.

Sementara Anda mempelajari orang baik yang berhasil maupun yang Cuma biasa-biasa saja Anda akan mengatahui bahwa mereka masuk ke dalam dua klas. Oarang sukses aktif; kita menyebutkan mereka “aktivasionis.” Orang yang biasa-biasa saja, orang menengah, orang yang tidak berhasil adalah orang pasif. Kita menyebut mereka “psivasionis.”

Tulisan diambil dari sebuah buku Berpikir Dan Berjiwa Besar karya David J. Schwartz, bukunya sangat bagus untuk dibaca silahkan beli ditoko buku terdekat


Artikel Menarik lainnya :