Contoh Skripsi Teknik Elektro judul Tugas Akhir

Posted by Sanjaya Yasin 1 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Skripsi Teknik Elektro - Bagi mahasiswa jurusan elektro yang sedang membutuhkan referensi skripsi untuk membantu penyusunan skrisp teknik elektro, saya menyediakan beberapa contoh skripsi jurusan teknik elektro mudah mudahan dengan adanya referensi skripsi ini teman teman dapat terbantu dalam penyusanan skripsinya,

Selain Skripsi Teknik Elektro saya juga sudah memposting beberapa contoh skripsi yang lainnya seperti  skripsi ekonomi, keperawatan, bahasa indonesia, psikologi, matematika, kimia, fpok, skripsi teknik mesin kata pengantar. tesis. pai silahkan teman teman baca contoh skripsi teknik elektro dibawah ini 

Judul: 
Alat Pengontrol Peralatan Menggunakan Remote TV

BAB I
PENDAHULUAN
skripsi teknik elektro

1.1.    Latar belakang

Kemajuan teknologi dibidang elektronika dewasa ini berkembang cepat sekali dan berpengaruh dalam pembuatan alat-alat canggih, yaitu alat yang dapat bekerja secara otomatis dan memiliki ketelitian tinggi dengan bantuan mikrokontroler. Ada beberapa macam kontroler yang dapat digunakan, namun yang saat ini yang paling banyak digunakan adalah kontroler yang merupakan dari mikroprosesor. skripsi teknik elektro

Sistem mikroprosesor tidak dapat bekerja sendiri tanpa didukung oleh internal system (software) dan eksternal system (hardware). Apabila sebuah mikroprosesor dikombinasikan dengan memori (ROM/RAM) dan unit-unit I/O maka akan dihasilkan sebuah mikrokomputer. Kombinasi ini dapat dibuat dalam satu level chip yaitu chip mikrokomputer atau sering disebut juga mikrokontroller.

Penggunaan sebagai unit-unit kendali sudahlah sangat luas. Hal ini dikarenakan peralatan-peralatan yang dikontrol secara elektronik lebih banyak memberi kemudahan-kemudahan dalam penggunaanya. Seperti dapat melakukan pengontrolan secara otomatis.

Misalnya dibidang rumah tangga yang mana dari remote control TV, dengan kemajuan elektronik yang ada saat ini remote control yang ada dirumah dapat digunakan untuk mengontrol peralatan rumah tangga yang lain. Seperti pada ruang utama rumah, yang didalamnya terdapat lampu utama, korden, tape, dan lain-lain.
Untuk lebih mengoptimalkan fungsi dari remote control TV tersebut, maka dalam skripsi ini dibuat sistem pengontrol yang menggunakan remote control TV sebagai pengendalinya. skripsi teknik elektro

1.2.    Rumusan Masalah
Berdasarkan hal tersebut diatas maka timbul permasalahan yaitu:
  • Bagaimana merencanakan dan membuat suatu alat yang dapat membaca kode-kode dari remote kontrol TV?
  • Bagaimana merencanakan dan membuat suatu alat dengan kode-kode dari remote kontrol yang dapat menghidupkan ataupun mematikan peralatan rumah tangga pada ruang utama rumah. skripsi teknik elektro

1.3.    Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk membuat suatu sistem yang dapat dikontrol dengan menggunakan remote kontrol TV pada peralatan listrik di ruang utama rumah. Dengan menggunakan sistem pengontrolan ini diharapkan dapat lebih mengoptimalkan fungsi dari remote kontrol TV.

1.4.    Batasan Masalah
Agar permasalahan tidak terlalu luas, maka penulis membatasi hanya pada hal-hal berikut:
  • Alat yang dibuat berbasis mikrokontroler.
  • Remote kontrol yang digunakan adalah remote kontrol TV buatan China yang umum dijual dipasaran.
  • Ruangan yang digunakan dalam bentuk miniatur.
  • Catu daya tidak dibahas.

1.5.    Metodologi Penulisan
Adapun metode penulisan yang digunakan dalam menyusun dan menganalisa tugas akhir ini adalah:
  • Studi literatur yang berhubungan dengan perancanangan dan pembuatan alat ini.
  • Perencanaan dan pembuatan alat

Merencanakan peralatan yang telah dirancang baik software maupun   hardware.
  • Pengujian alat
Peralatan yang telah dibuat kemudian diuji apakah telah sesuai yang telah direncanakan.

1.6.    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam tugas akhir ini terdiri dari 5 bab, yaitu: skripsi teknik elektro
BAB  I    :     PENDAHULUAN
Berisi latar belakang permasalahan, batasan masalah, tujuan pembahasan, metodologi pembahasan, sistematika penulisan dan relevansi dari penulisan tugas akhir ini.
BAB  II   :     TEORI PENDUKUNG
Membahas tentang teori dasar remote, mikrokontroller, hardware dan teori dasar alat-alat pendukung lainnya.
BAB  III  :    PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT
Membahas tentang perencanaan dan pembuatan sistem secara keseluruhan.
BAB  IV  :     PENGUJIAN ALAT
Berisi tentang uji coba alat yang telah dibuat, pengoperasian dan spesifikasi alat.
BAB  V   :     PENUTUP
Merupakan kesimpulan dari pembahasan pada bab-bab sebelumnya dan kemungkinan pengembangan alat.

1.7.    Relevansi
Diharap laporan tugas akhir ini dapat dihasilkan suatu metode perancangan dan prototype yang dapat digunakan sebagai acuan dan masukan dalam perancangan untuk dikembangkan lebih lanjut.

BAB II
DASAR TEORI
skripsi teknik elektro

Landasan teori sangat membantu untuk dapat memahami suatu sistem. Selain dari pada itu dapat juga dijadikan sebagai bahan acuan didalam merencanakan suatu system. Dengan pertimbangan hal-hal tersebut, maka landasan teori merupakan bagian yang harus dipahami untuk pembahasan selanjutnya. Pengetahuan yang mendukung perencanaan dan realisasi alat meliputi pemancar inframerah, detektor inframerah, driver relay, dan mikrokontroler

2.1.    Inframerah
Sinar inframerah adalah termasuk cahaya monokromatis yang tidak tampak oleh mata manusia. Spektrum frekuensi cahaya secara umum dibagi menjadi tiga bagian yaitu [Wilson & Hawkes,1989:2]:
  • Inframerah, mempunyai panjang gelombang 0,3 mm–0,7 um
  • Cahaya tampak, mempunyai panjang gelombang 0,7 um –  0,4 um.
  • Ultra Violet, mempunyai panjang gelombang 0,4 um – 0,03 um.

Gelombang elektromagnetik merupakan penyusun dari cahaya yang berada dalam spektrum elektromagnetik yang mempunyai jangkauan sangat lebar. Pada jarak yang sama, seluruh spektrum elektromagnetik tersebut mempunyai kecepatan yang sama tetapi frekuensinya berbeda sesuai dengan panjang gelombangnya [Sears and Zemansky, 1994:704].

BAB III
PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT
Skripsi Teknik Elektro

Bab ini membahas pembuatan alat pengontrol peralatan Rumah Tangga dengan Remote TV berbasis Mikrokontroller AT89c51. Pembuatan alat disini dibagi dalam beberapa blok perangkat yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Pembuatan sistem meliputi pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak.

3.1.    Perencanaan Perangkat Keras

Diagram blok sistem pengontrol peralatan Rumah Tangga dengan Remote TV berbasis Mikrokontroller AT89c51 dapat dilihat dalam Gambar 3.1 di bawah ini.


BAB IV
PENGUJIAN DAN ANALISIS
skripsi teknik elektro

Pengujian alat meliputi pengujian perangkat keras dan perangkat lunak sistem. Pengujian dilakukan per-bagian agar mudah dalam analisis hasil perancangan dan pengujian.
Bagian – bagian yang diuji adalah :
  1. Detektor infra merah.
  2. Rangkaian sistem mikrokontroller.
  3. Pendekodean remote kontrol.
  4. Rangkaian Driver Relay Pemutus & Penghubung Supply Peralatan Rumah Tangga

Setelah semua bagian diuji, langkah berikutnya adalah pengujian sistem secara keseluruhan.

    Pengujian detektor infra merah
  • Tujuan

Untuk mengetahui apakah detektor infra merah tersebut dapat mendeteksi sinyal remote kontrol televisi.
  • Peralatan yang digunakan
  1. Remote kontrol merek Goldstar type 105-230A.
  2. Detektor infra merah GP1U5 dari Sharp.
  3. Logic Probe.
  4. Catu daya 5 volt.

BAB  V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1    Kesimpulan
Setelah dilakukan pengujian hasil perancangan alat pemanfaatan remote kontrol televisi sebagai pengontrol peralatan rumah tangga, dapat diambil beberapa kesimpulan:
  • Detektor infra merah dapat mendeteksi sinyal remote kontrol televisi pada jarak lebih kurang 4 meter dengan sudut lebih kurang 60o dari detektor infra merah.
  • Panjang data remote kontrol sebesar 32 bit atau 4 byte merek Goldstar type 105-230A.
  • Protokol pengiriman kode remote kontrol menggunakan tipe space.
  • Ada sebelas tombol remote kontrol yang digunakan sebagai fungsi mematikan dan menghidupkan peralatan, yaitu tombol “power”, “1”, “2”, “3”, “4”, “5”, “6”, “7”, “8”, “9”, dan “0” yang masing-masing fungsinya untuk mematikan dan menghidupkan peralatan rumah tangga.

5.2    Saran
Beberapa tambahan yang diperlukan dalam meningkatkan kemampuan alat in adalah:
  • Agar seluruh fungsi tombol dapat dimaksimalkan, maka beban yang akan dikontrol oleh remote dapat ditambahkan.
Di bawah ini tersedia tombol download yang dapat anda klik untuk mendapatkan file skripsi teknik elektro, karena contoh skripsi yang saya posting disini tidak lengkap saya posting di karenakan banyak nya data, (gambar, diagram, simbol) yang tidak dapat saya posting (memakan waktu untuk mempostingnya) maka dari itu saya menyediakan mendownload skripsi teknik elektro, silahkan anda download
Skripsi Teknik Sipil



Artikel Menarik lainnya :