Sukai Halaman Grosir Mutiara Lombok Supplier Murah

Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Kompetensi adalah kemampuan yang dapat dilakukan peserta didik yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Standar adalah arahan atau acuan bagi pendidik tentang kemampuan dan keterampilan yang menjadi fokus proses pembelajaran dan penilaian.  Jadi standar kompetensi adalah batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan dapat dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu. 


Cakupan materi yang terkandung dalam setiap standar kompetensi cukup luas dan terkait dengan konsep yang ada dalam suatu mata pelajaran. Sesuai dengan pengertian tersebut, standar kompetensi bahasa Inggris adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa sebagai hasil dari mempelajari bahasa Inggris
Untuk mata pelajaran bahasa Inggris di SMA, telah dirumuskan tiga standar kompetensi, sebagai berikut.

  • Berkomunikasi lisan dan tertulis menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan/atau monolog terutama berkenaan dengan wacana berbentuk  naratif, prosedur, spoof/recount, report dan news item. (Tema disesuaikan dengan jenis teks yang sedang dibahas dan tingkat kemampuan linguistik siswa.)
  • Berkomunikasi  lisan dan tertulis  menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan/atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk  deskriptif, naratif, anekdot, eksposisi analitis, dan eksposisi hortatory  yang mengarah kepada variasi makna interpersonal. (Tema disesuaikan dengan jenis teks yang sedang dibahas dan tingkat kemampuan linguistik siswa) 
  • Berkomunikasi  lisan dan tertulis menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan/atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk  naratif, explanation, discussion, commentary, dan review dengan penekanan pada makna interpersonal yang kompleks and makna tekstual yang variatif. (Tema disesuaikan dengan jenis teks yang sedang dibahas dan tingkat kemampuan linguistik siswa.)
STANDAR KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS