Makanan Sehat Yang Baik Untuk Tubuh Kita

Posted by Sanjaya Yasin 1 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Makanan Sehat. Ada banyak hal yang dilakukan oleh kita semua untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, tetap bugar dan tampil prima atau kita ingin meningkatkan daya fresh tubuh kita. Seperti kita berolahraga secara teratur, atau mengatur pola makan yang baik. dan masih banyak lagi

Berolahraga sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh kita, karena dengan olahraga dapat menyegarkan atau merefresh kembali tubuh kita.




1. Apel

Nutrition Research Newsletter terbitan U.S. Department of Health and Human Services menyebutkan bahwa apel adalah snack yang tepat untuk disantap sebelum mulai berolahraga. Kandungan gulanya tidak terlalu tinggi dan mengandung serat pektin untuk mengatur penyerapan gula darah. Serat pektin termasuk golongan karbohidrat kompleks sehingga baik sebagai sumber energi. Selain itu, apel juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Dengan begitu, kita bisa lebih intens berolahraga tanpa khawatir kelelahan!


2. Ubi Merah

“Di dalam ubi merah, terkandung beta-karoten yang di dalam tubuh akan diubah menjadi pro-vitamin A. Kemudian, pro-vitamin A akan diubah lagi menjadi vitamin A. Vitamin A memainkan peran utama dalam memproduksi jaringan ikat kulit,” jelas David Katz, M.D., direktur Prevention Research Center, Yale University. Dengan menyantap ubi merah dalam porsi yang tepat, kulit kita akan bertambah sehat. Plus, kita juga jadi jarang sakit.


3. Dark Chocolate

Cokelat yang sehat adalah yang mengandung sekurang-kurangnya 70% kakao atau biasa kita sebut dark chocolate,” kata Macdonald. Penelitian terbaru mengenai manfaat cokelat yang diketuai oleh Prof. Ian Macdonald, membuktikan bahwa cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke otak selama 2-3 jam setelah meminumnya. Meningkatnya aliran darah ke otak dapat membantu meningkatkan daya ingat. Macdonald adalah profesor ahli metabolisme fisiologis dari Nottingham University. “Cokelat mengandung flavonoid  yang membuat aliran darah semakin lancar dan kewaspadaan otak kita juga bertambah. Cokelat yang sehat adalah yang mengandung sekurang-kurangnya 70% kakao atau biasa kita sebut dark chocolate,” kata Macdonald.




4. Avokad

Menurut buku Flat Belly Diet, The Breakthrough Plan, yang ditulis para editor Prevention, makanan yang paling efektif meluruhkan lemak adalah yang mengandung MUFA (monounsaturated fatty acid) atau asam lemak tak jenuh tunggal. Salah satunya yang paling direkomendasi adalah avokad. Menu makan kaya MUFA tidak hanya membantu menurunkan  berat badan, tetapi juga secara spesifik meluruhkan lemak di area perut. MUFA juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi risiko gangguan jantung dan diabetes tipe-2.


5. Tiram

Penelitian tahun 2009 yang dimuat dalam Nutrition Journal menyebutkan, tiram banyak mengandung zink dan kalsium untuk pembentukan tulang. Plus, membantu membentuk kolagen tulang, yang membentuk kerangka tulang agar lebih fleksibel. Kandungan zink di dalam tiram juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk jaringan otot, mempercepat pertumbuhan sel-sel baru, mencegah pembesaran kelenjar prostat pada pria, mencegah pneumonia (radang paru-paru).


6. Daging Ayam

Sumber protein ini kaya akan asam amino yang disebut tirosin, yang berguna untuk meningkatkan produksi dopamin dan norepinefrin, senyawa kimia di dalam tubuh yang berfungsi memperbaiki mood, menambah energi, serta membantu tubuh menyesuaikan diri dengan stres. Demikian menurut ahli biologi dan nutrisi Banderet, L.E., dan Lieberman, H.R. dalam hasil penelitiannya yang diberi judul Treatment with Tyrosine, a Neurotransmitter Precursor, Reduces Environmental Stress in Humans.

Penelitian menunjukkan bahwa tirosin juga dapat membantu meringankan depresi. Simpulan ini didapat dari hasil penelitian terhadap penderita Alzheimer dan demensia. Disebutkan, kerjasama antara tirosin dan asam amino lain, dapat mengurangi stres yang biasa diderita oleh penderita Alzheimer dan demensia.

Makanan Sehat Yang Baik Untuk Tubuh Kita ini mudah-mudahan dapat membantu anda dalam meningkatkan kesehatan anda

Source: preventionindonesia


Artikel Menarik lainnya :