Berkomunikasi Yang Baik Dengan Anak

Posted by Sanjaya Yasin 2 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Berrkomunikasi Yang Baik Dengan Anak sangat diperlukan bagi setiap orang tua, karena komunikasi yang baik akan menjalin hubungan yang baik antara anak dan ibu, antara anak dan bapak. Anak bak kertas putih apa yang diajarkan itu yang ia pelajari, apa yang dia dengar itu yang dia ucapkan, jadi komunikasi yang baik dengan anak perlu diterapkan disetiap keluarga karena hal seperti itu akan membantu perkembangan anak menjadi lebih baik

Berkomunikasi yang baik dengan anak selain mendapatkan hubungan yang baik juga menjadikan komunikasi anak akan lebih baik dengan masyarakat atau teman sebayanya, karena secara tidak langsung kita mengajarkan pelajaran yang sangat berharga pada anak, selain itu kita juga  menggunakan kata-kata yang baik

Parenting adalah semua tentang berkomunikasi dengan anak Anda. Komunikasi positif dua arah sangat penting untuk membangun perkembangan anak anda. Anak tumbuh dengan kata-kata dorongan dan pujian. Ada hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki cara Anda berkomunikasi dengan anak Anda.

Jika Anda mengatur pola komunikasi yang jelas dan terbuka dengan anak Anda pada tahun-tahun awal mereka, nah pada saat itulah anda melakukan praktek yang baik untuk membanun masadepan anak anda

Berkomunikasi Positif

komonukasi positif antara orang tua dan anak merupakan bagian penting dari konsep membangun anak menjadi lebih baik. Seorang anak yang merasa terus-menerus di salahkan, trus menerus di kritik dapat tumbuh menjadi dewasa dengan konsep diri negatif.

Anda dapat membantu anak Anda mengembangkan konsep diri yang positif dengan menggunakan komunikasi positif. Sebagai contoh:
  • Perhatikan, menghormati perasaan anak Anda dan menyaksikan nada suara Anda.
  • Menghormati hak pendapat mereka, tidak peduli seberapa muda mereka.
  • Komunikasikan hal yang penting tanpa takut seortang anak merasa disalahkan




Dengarkan anak Anda

Jika ingin anak Anda menjadi pendengar yang baik, pastikan Anda seorang model peran yang baik. Luangkan waktu untuk mendengarkan mereka. Kesibukan orangtua membuat anak terabaikan bahkan komunikasi pun jarang. Dan anda mengatakan mendengar pendapat anak kecil (anak anda senidiri) tidak penting saat inilah anda membangun konsep negatif pada anak anda sendiri

Beberapa saran meliputi:
  • Perhatikan apa yang dikatakan anak Anda kapan pun Anda bisa.
  • Pastikan untuk mengalokasikan beberapa waktu setiap hari untuk sekadar duduk dan mendengarkan anak Anda jika Anda memiliki jadwal sibuk.
  • Dorong anak anda unutuk berkomunikasi baik dan berpendapat. Komunikasi positif adalah jalan dua arah di mana kedua belah pihak bergiliran mendengarkan dan berbicara.

Bahasa tubuh

Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Ingatlah bahwa cara Anda mengatakan sesuatu membawa berat badan. Saran meliputi:
  • Menjaga kontak mata dengan anak-anak muda. Ingat, meskipun, bahwa anak-anak dan remaja sering tidak seperti ini, jadi mengobrol saat Anda sedang berjalan bersama atau mengemudi di dalam mobil bisa lebih efektif.
  • Smile. Seorang anak akan merespon lebih baik senyum daripada cemberut.
  • Hindari berbicara dengan mereka ketika kembali Anda diaktifkan atau ketika anda berjalan menjauh dari mereka.
  • Gunakan nada suara lembut, terutama jika emosi mulai perkelahian. Berteriak hanya akan mendorong kemarahan lebih.
  • Peluk anak yang sering (tak peduli berapa umur mereka).
  • Hindari bahasa tubuh tidak sabar seperti rolling mata, kaki penyadapan atau mendesah. Hal ini dapat mencegah anak dari berbicara.

Hal yang perlu diingat
  • Komunikasi positif dengan anak-anak berarti memperhatikan, menghormati perasaan anak
  • Jika Anda memiliki jadwal sibuk, pastikan untuk mengalokasikan beberapa waktu setiap hari untuk sekadar duduk dan mendengarkan anak Anda.
  • Anak-anak tumbuh dengan kata-kata dorongan dan pujian.
  •  Berrkomunikasilah yang baik dengan anak


Artikel Menarik lainnya :