Pembelajaran Biologi

Posted by Sanjaya Yasin 2 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pembelajaran Biologi

Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari dalam diri individu maupun faktor eksternal yang datang dari lingkungan.


Rekayasa pembelajaran guru dan tindak belajar siswa, maka dapat diketahui bahwa:

  • Guru sebagai pendidik melakukan rekayasa pembelajaran, rekayasa pembelajaran tersebut dilakukan berdasarkan kurikulum yang berlaku.
  • Siswa sebagai pembelajar di sekolah memiliki kepribadian, pengalaman dan tujuan. Siswa mengalami perkembangan jiwa, sesuai asas emansipasi diri menuju keutuhan dan kemandirian.
  • Guru menyusun desain intruksional untuk membelajarkan siswa.
  • Guru menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar.
  • Guru bertindak mengajar di kelas dengan maksud membelajarkan siswa, dalam tindakan tersebut guru menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar.
  •  Siswa bertindak belajar, artinya mengalami proses dan meningkatkan kemampuan mentalnya.
  • Berakhirnya suatu proses belajar, maka siswa memperoleh hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar (Dimyati dan Mudjiono, 2006).

Dalam pembelajaran biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami tentang alam sekitar secara sistematis, sehingga ilmu biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep, penemuan pendidikan biologi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitar.

Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang tentu saja mempunyai sasaran studi yang masih menyangkut alam sekitar beserta isinya yang terdiri dari dua macam yaitu makhluk hidup (biotik) dan makhluk tidak hidup (abiotik).

Pembelajaran biologi dapat diartikan sebagai suatu proses interaksi antara guru dengan siswa secara terprogram dalam desain instruksional untuk membuat siswa belajar secara aktif agar terjadi proses perubahan pada diri siswa sebagai hasil dari suatu pengalaman setelah mempelajari biologi.



Artikel Menarik lainnya :