Perawatan Unit Machine 50 Jam

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Modul Merawat Unit/ Machine 50 Jam Operasi membahas tentang beberapa hal penting yang perlu diketahui pada pekerjaan perawatan 50 jam operasi secara efektif, efisien dan aman. Materi yang akan dipelajari dalam modul ini adalah: Perawatan unit/ machine 50 jam pada kendaraan jenis: Dozer, Excavator, Wheel Loader, Dump Truck, Motor grader dan kendaraan Timberjack model 610. Modul ini terdiri dari satu kegiatan belajar. Kegiatan belajar ini membahas tentang bagaimana pekerjaan perawatan 50 jam operasi yang ditekankan pada pekerjaan melumasi grease fittings (semua unit alat berat). Setelah mempelajari modul ini peserta diklat diharapkan dapat memahami cara Melaksanakan Pekerjaan Power Train.



B. PRASYARAT

Modul ini merupakan modul bertingkat yang memerlukan pemahaman dan penguasaan modul- modul sebelumnya (ABMR 020.01-1.A).


C. PETUNJUK PENGGUNAAN

1. Petunjuk Bagi Siswa
 
  1. Lakukan cek kemampuan untuk mengetahui kemampuan awal yang anda kuasai, sebelum membaca modul lebih lengkap.
  2. Bacalah modul secara seksama pada setiap kegiatan belajar, bila ada uraian yang kurang jelas silakan bertanya pada guru/ instruktur.
  3. Kerjakan setiap test formatif pada setiap kegiatan belajar, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman saudara terhadap materi yang disampaikan, cocokkan hasil jawaban saudara pada kumpulan lembar jawaban yang ada.
  4. Lakukan latihan setiap sub kompetensi sesuai dengan lembar kerja.
  5. Perhatikan petunjuk keselamatan kerja dan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan kerja yang termuat pada lembar kerja.
  6. Lakukan latihan dengan cermat, teliti dan hati-hati. Jangan melakukan pekerjaan yang belum anda pahami dengan benar.
  7. Bila saudara siap mintalah guru untuk menguji kompetensi saudara.


2. Petunjuk Bagi Guru/Instruktur

Guru/ instruktur bertindak sebagai fasilitator, motivator, organisator dan evaluator. Jadi guru/ instruktur berperan:
  1. Fasilitator yaitu menyediakan fasilitas berupa informasi, bahan, alat, training obyek dan media yang cukup bagi siswa sehingga kompetensi siswa cepat tercapai.
  2. Motivator yaitu memotivasi siswa untuk belajar dengan giat, dan mencapai kompetensi dengan sempurna
  3. Organisator yaitu bersama siswa menyusun kegiatan belajar dalam mempelajari modul, berlatih keterampilan, memanfaatkan fasilitas dan sumber lain untuk mendukung terpenuhinya kompetensi siswa.
  4. Evaluator yaitu mengevaluasi kegiatan dan perkembangan kompetensi yang dicapai siswa, sehingga dapat menentukan kegiatan selanjutnya.


D. TUJUAN AKHIR

Tujuan akhir dari modul ini adalah siswa mempunyai kompetensi: Melakukan pekerjaan perawatan 50 jam operasi yang terdiri dari beberapa kegiatan, yakni:
  1. Melumasi grease fittings (semua unit alat berat)
  2. Melakukan pengecekan pada komponen- komponen yang berhubungan dengan pekerjaan grease fittings tersebut.
  3. Melakukan pengecekan terhadap kebocoran, keausan dan kekendoran pada oli hidrolik.


E. KOMPETENSI

Kompetensi perawatan unit/ machine 50 jam operasi mempunyai kode ABMR 020.02-1.A dengan durasi pembelajaran 30 jam @ 45 menit. Kompetensi ini terdiri dari satu sub kompetensi, yaitu: Melumasi Grease Fittings (semua unit alat berat). Kriteria kinerja, lingkup belajar, materi pokok dalam pemelajaran dapat dilihat pada tabel di halaman selanjutnya.




Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :