Pemeliharaan/ Servis unit Kopling dan komponen-komponen Sistem Pengoperasiannya

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pemeliharaan/servis unit Kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasiannya, di dalamnya akan dibahas mengenai fungsi dan cara kerja kopling, komponen unit kopling, hingga pemeriksaan kerusakan komponen kopling. Hasil belajar modul ini, diharapkan siswa akan dapat:

  1. Menyebutkan peranan dan fungsi kopling pada suatu kendaraan.
  2. Mengetahui arti “kopling set” (Clutch Assembly) dan letak kopling pada kendaraan.
  3. Memahami cara kerja komponen pengoperasian kopling.
  4. Mengidentifiikasi Komponen-komponen utama dari kopling dan komponen pengoperasiannya.
  5. Menjelaskan dan melakukan proses pemeliharaan unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasiannya.
  6. Menerangkan/melakukan sistem perawatan berkala.


B. PRASYARAT

Sebelum memulai modul ini, peserta diklat pada Bidang Keahlian Mekanik Otomotif harus sudah menyelesaikan modul-modul prasyarat seperti terlihat dalam diagram pencapaian kompetensi maupun peta kedudukan modul. Prasyarat mempelajari modul OPKR-30-001B antara lain adalah OPKR-10-018B.


C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

Untuk mempermudah di dalam mempelajari modul ini, maka diharapkan siswa membaca dengan baik petunjuk penggunaan modul ini baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus, berikut ini:

1. Petunjuk Bagi Peserta Diklat

Pertama, sebelum mempergunakan modul ini, terlebih dahulu sebaiknya anda mempelajari dan menguasai terlebih dahulu modulmodul prasyarat. Sebab untuk mencapai keberhasilan di dalam mempelajari modul ini diperlukan kemampuan atau kompetensi dalam bidang yang terkait dengan materi kegiatan. Seperti yang telah disampaikan pada pengantar modul ini, tanpa dikuasai materi prasyarat, maka akan terjadi kondisi yang diistilahkan sebagai beban berkelanjutan, dan kondisi ini akan menghambat proses pembelajaran melalui modul ini. Kedua, untuk membantu kelancaran proses belajar, siswa dapat berhubungan dengan guru/tutor, yang bisa dimulai atas inisiatif dari siswa atau dari tutor. 

Sedangkan proses dan hasil kerja program ini, sepenuhnya menjadi tanggungjawab siswa. Masukan dapat diperoleh dari mana dan siapapun, namun apa yang masuk di dalam buku kerja menjadi tanggungjawab siswa secara mandiri, dan siap untuk dilakukan evaluasi pencapaiannya sebagai bentuk penampilan yang telah dikuasai. Ketiga, untuk mencapai efisiensi dan efektivitas belajar, maka ikutilah petunjuk khusus, dan berbagai petunjuk yang terdapat di dalam setiap kegiatan belajar. 

Di samping itu, setiap kali menyelesaikan setiap kegiatan memberikan tanda Cek (V) pada kolom deskripsi kegiatan, sebagai tanda anda telah selesai mempelajari materi kegiatan belajar. Hal ini juga untuk menghindarkan terjadinya pengulangan/ pengabaian setiap aspek kegiatan di dalam buku modul ini. Berikut ini petunjuk khusus yang perlu diperhatikan dalam pengerjaan modul ini, yaitu :
  • Pelajarilah modul ini dengan baik terhadap sajian konsep yang diberikan pada setiap kegiatan belajar.
  • Untuk memahami isi materi yang terdapat di dalam setiap kegiatan belajar, maka kerjakan semua pertanyaan yang diberikan pada setiap kegiatan belajar.
  • Selain itu, diharapkan siswa dapat menyelesaikan tugas-tugas, dan bila diperlukan dapat dilakukan diskusi dengan 3–5 orang teman. Selanjutnya jawaban anda, tulis di dalam tempat yang telah disediakan.
  • Bila anda telah selesai dan telah merasa menguasai modul ini, silahkan berhubungan dengan asesor/ guru/ tutor yang bersangkutan untuk mendapatkan pengujian atas kompetensi anda.


2. Petunjuk Bagi Guru

Dalam penyelesaian modul ini, Guru bertindak sebagai tutor yang mendampingi siswa dalam menyelesaikan modul ini, beberapa hal yang perlu dilakukan ialah:
  1. Membantu siswa membuat perencanaan kegiatan belajar.
  2. Membantu siswa bila mengalami kesulitan/ hambatan dalam menyelesaikan modul ini.
  3. Membantu koordinasi siswa dalam mempergunakan fasilitas jurusan atau yang fasilitas lainnya.
  4. Sebagai tutor, guru jangan berlebihan dalam memberikan penjelasan, ingat kegiatan ini untuk mengarahkan siswa dapat belajar mandiri. Penjelasan cenderung bersifat mengarahkan bukan menuntaskan sebagaimana saat mengajar.
  5. Setelah siswa selesai dan siap diuji, maka tugas Guru/Tutor adalah menguji kompetensi mahasiswa sebagai wujud pengusaan materi modul.

D. TUJUAN AKHIR

Melalui proses pembelajaran modul ini, diharapkan siswa dapat mengusai pengetahuan dan cara permeliharaan unit kopling beserta komponen pengoperasiannya.


Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :