Sukai Halaman Grosir Mutiara Lombok Supplier Murah

Pelaksanaan Pemeriksaan Keamanan/Kelayakan Kendaraan

BAB I
PENDAHULUAN


A. DESKRIPSI


Modul Pelaksanaan pemeriksaan keamanan/ kelayakan kendaraan ini membahas persyaratan desain yang berhubungan dengan keamanan kendaraan, persyaratan minimum untuk cara kerja sistem, prosedur pemeriksaan kendaraan/ komponen, petunjuk teknis cara menguji kendaraan bermotor, persyaratan pelaporan hasil pemeriksaan dan daftar pemeriksaan. Bahan ajar dalam modul ini disajikan dalam 5 kegiatan belajar.
  • Kegiatan belajar 1 : membahas tentang persyaratan desain yang berhubungan dengan keamanan kendaraan. 
  •  Kegiatan belajar 2 : membahas tentang persyaratan minimum untuk cara kerja sistem. 
  • Kegiatan belajar 3 : membahas tentang prosedur pemeriksaan kendaraan/ komponen. 
  • Kegiatan belajar 4 : membahas tentang petunjuk teknis cara menguji kendaraan bermotor 
  • Kegiatan belajar 5 : membahas tentang persyaratan pelaporan hasil pemeriksaan dan daftar pemeriksaan. Manfaat dari kemampuan melaksanakan pemeriksaan keamanan/ kelayakan kendaraan ini dapat digunakan untuk jasa pelayanan pemeliharaan/ servis dan perbaikan bidang perbengkelan kendaraan bermotor, agar kendaraan tetap dalam kondisi yang sesuai dengan spesifikasi pabrik pembuat maupun peraturan pemerintah tentang kendaraan bermotor yang berlaku.


 
B. PRASYARAT

Untuk dapat mempelajari modul pelaksanaan pemeriksaan keamanan/ kelayakan kendaraan dengan lancar, siswa harus sudah menguasai kompetensi yang dilatihkan pada modul dengan kode: OPKR 10-016C : Mengikuti Prosedur Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan OPKR 10-017C : Penggunaan dan Pemeliharaan Peralatan dan Perlengkapan Tempat Kerja OPKR 10-010C : Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur.


C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1. Petunjuk Bagi Siswa

Guna memperoleh hasil belajar yang maksimal dengan menggunakan modul ini, maka perlu ditempuh langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Bacalah dan pahami dengan sekasama uraian-uraian bahan ajar yang ada masing-masing kegiatan belajar. Bila ada bahan ajar yang sulit dipahami, siswa dapat bertanya pada guru yang membimbing kegiatan belajar ini.
  2. Kerjakan setiap tugas dan tes formatif untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki terhadap bahan ajar yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
  3. Jika belum menguasai bahan ajar pada tingkat yang diharapkan, pelajari sekali lagi bahan ajar pada kegiatan belajar tersebut atau bertanyalah kepada guru yang membimbing kegiatan belajar ini.


2. Petunjuk Bagi Guru

Dalam setiap kegiatan belajar guru atau instruktur berperan untuk :
  1. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
  3. Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktik baru dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa.
  4. Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
  5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok bila diperlukan
  6. Merencanakan seorang ahli/ pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu bila diperlukan.
  7. Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya.
  8. Menyiapkan kunci jawaban tes formatif dan soal evaluasi.Melaksanakan penilaian.
  9. Menjelaskan kepada siswa tentang sikap pengetahuan dan keterampilan dari suatu kompetensi yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya.
  10. Mencatat pencapaian kemajuan siswa.


D. TUJUAN AKHIR

Setelah mempelajari materi pembelajaran secara keseluruhan pada modul ini, siswa diharapkan dapat memahami cara melaksanakan pemeriksaan keamanan/ kelayakan kendaraan secara benar.



Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!