Mengukur dengan Menggunakan Alat Ukur

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Mengukur Dengan Alat Ukur ini berisi tentang penggunaan berbagai macam alat ukur berskala untuk digunakan dalam menentukan dimensi atau variabel. Penggunaan alat ukur secara tepat dan benar sangat penting, untuk itu diberikan pula cara perawatan dan pemeliharaan dari alat-alat ukur tersebut. Untuk dapat menentukan ukuran suatu benda diperlukan ketrampilan menggunakan alat ukur dengan baik. Modul ini terdiri dari 5 (lima) kegiatan belajar, yang mencakup: Menggunakan alat pengukur celah (feeler gauges), menggunakan jangka sorong (vernier calliper), mengukur dengan jam ukur (dial indicator), menggunakan batang sinus (sine bar), penyetelan dan kalibrasi alat ukur micrometer.



B. PRASYARAT

Untuk dapat mengikuti kegiatan belajar dalam modul ini Peserta Diklat harus sudah menguasai tentang sistem satuan metris, sistem desimal dan desimal-desimal tambahan.


C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1. Petunjuk bagi Peserta Diklat

Peserta Diklat diharapkan melakukan langkah-langkah belajar sebagai berikut:

  1. Pelajari secara baik dan cermati uraian teori yang disampaikan dalam kegiatan belajar, bilamana merasa kurang dapat mencari referensi lain atau bertanya kepada guru pembimbing.
  2. Jawab pertanyaan tes formatif yang ada kemudian konsultasikan dengan guru pembimbing bilamana telah menguasai maka bisa dilanjutkan ke tahapan kegiatan belajar praktek sesuai dengan perintah pada lembar kerja.
  3. Melakukan kerja praktek mulai dari persiapan hingga selesainya proses pengelasan kemudian melaporkan hasil praktek untuk mendapatkan penilaian dari guru pembimbing .
  4. Setelah Peserta Diklat mampu menguasai proses pemelajaran dan memenuhi kriteria kelulusan maka Peserta Diklat berhak mengikuti tes sertifikasi pada bidang keahlian ini.


2. Petunjuk bagi Guru 

  1. Membantu Peserta Diklat dalam merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing Peserta Diklat melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
  3. Membantu Peserta Diklat dalam memahami konsep dan praktik baru dan menjawab semua pertanyaan Peserta Diklat mengenai proses belajar.
  4. Membantu Peserta Diklat untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
  5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok bila diperlukan.
  6. Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.
  7. Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya
  8.  Mencatat pencapaian kemajuan Peserta Diklat.


D. TUJUAN AKHIR
  1. Peserta Diklat mampu menggunakan berbagai macam alat ukur yang digunakan dalam dunia industri dan dapat memilih alat ukuryang tepat sesuai dengan jenis kerja.
  2. Peserta Diklat terampil dalam membaca alat ukur berskala.
  3. Peserta Diklat mampu merawat dan melakukan kalibrasi alat ukur.



Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :