Sukai Halaman Grosir Mutiara Lombok Supplier Murah

Melepas dan Memasang Motor Starter

BAB I
PENDAHULUAN


A. DISKRIPSI


Modul ini membahas tentang Melepas dan Memasang Motor Starter, khususnya untuk kendaraan alat berat. Materi yang dibahas antara lain: prinsip kerja motor starter, melepas motor starter, pemeriksaan dan pengujian starter dan memasang motor starter. Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar, kegiatan belajar 1 membahas tentang prinsip kerja motor starter dan melepas motor starter. Kegiatan belajar kedua membahas tentang memasang sistem starter.



B. PRASYARAT


Mempelajari modul ini akan lebih efektif bila telah menguasai dasar elektro magnet dan penggunaan multi meter.


C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1. Petunjuk Bagi Siswa


  1. Bacalah check list kompetensi sebelum membaca modul secara lengkap, tandai kompetensi yang telah anda kuasai dan yang belum anda kuasai.
  2. Bacalah materi secara seksama, bila ada keterangan yang belum jelas silakan bertanya pada instruktur atau dosen pengampu (pembimbing) mata kuliah/ pelajaran.
  3. Kerjakan tugas dan soal pada akhir materi, sesuaikan jawaban saudara dengan kunci soal yang disediakan secara terpisah (minta kunci jawaban pada administrasi).
  4. Lakukan latihan keterampilan dalam melepas, membongkar, memeriksa, merakit motor sistem starter, gunakan pedoman motor yang saudara gunakan untuk petunjuk lebih akurat.
  5. Bila saudara telah mampu menjawab soal teori minimal 75 % dan terampil melakukan perawatan, menentukan gangguan dan overhaul sesuai dengan SOP dalam waktu yang ditentukan, hubungi guru/ instruktur/ tim penguji untuk mendapat pengakuan kompetensi tertentu dengan mejawab soal yang tersedia dan melakukan demontrasi keterampilan yang saudara miliki.


2. Petunjuk Bagi Guru/ Instruktur

Dalam sistem modul guru/ Instruktur berperan sebagai fasilitator, motivator, organisator dan evaluator, untuk itu:
  1. Berikan fasilitas pendukung yang memadai untuk bagi mahasiswa berupa modul, kunci jawaban, buku referensi, buku pedoman kendaraan, peralatan dan media melatih keterampilan siswa.
  2. Dorong siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan irama belajarnya, Bantu mereka menemukan pola belajar yang lebih tepat untuk dirinya.
  3. Bersama mahasiswa buatlah skedul yang jelas, tegas dan terukur sesuai dengan kemampuan siswa dan fasilitas pendukung kegitan. Aturlah tugas-tugas bagi siswa untuk mempercepat terpenuhi kompetensinya.
  4. Sediakan model alat evaluasi sesuai standar kompetensi yang ada, sosialisasikan model dan kriteria penilaian agar tidak ada miskomunikasi saat siswa mengerjakan tugas/ soal evaluasi.


D. TUJUAN AKHIR

Siswa mempunyai kompetensi menangani permasalah pelepasan dan pemasangan motor starter, mulai dari pemahaman komponen-komponen system starter, prinsip kerja, , merawat, menguji dan overhaul sistem starter.


E. KOMPETENSI

Modul ABMR 060.01-1A merupakan salah satu kompetensi pada jurusan Teknik Alat Berat. Kompetensi yang diperoleh adalah melepas dan memasang motor starter. Disamping itu juga diperoleh pemahaman tentang komponen-komponen system starter, prinsip kerja, merawat, menguji dan overhaul sistem starter.




Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!