Melakukan Prosedur Pengelasan, Pematrian, Pemotongan dengan Panas dan Pemanas

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

BAB I
PENDAHULUAN

 
A. DESKRIPSI

Modul ini berisi materi praktis tentang Prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan yang meliputi : tujuan dan K3L, Pengertian umum, metode dan prosedur, dan langkahlangkah yang harus diperhatikan dalam prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan. Semua yang kami kupas dalam modul ini membahas tentang informasi penting yang dikemas secara sistematis disertai tugas-tugas praktis untuk diketahui siswa SMK program keahlian Teknik Body Otomotif. Harapannya setelah mempelajari modul ini siswa dapat memahami prosedur yang benar dari prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas, dan pemanasan.

Kompetensi yang terdapat dalam modul ini banyak dipakai dalam industri karoseri kendaraan baik sekala besar maupun kecil, bahkan dalam bengkel-bengkel perbaikan body yang banyak tersebar di Nusantara ini. Siswa yang sudah memiliki kompetensi dalam modul ini dapat bekerja di bengkel perbaikan body (Body repair) kendaraan maupun industri karoseri kendaraan. Dalam akhir pembelajaran modul ini perlu diadakan Kunjungan Industri agar siswa mengetahui secara langsung penggunaan kompetensi dalam modul ini di lapangan serta untuk membuka wawasan kewirausahaan siswa.
B. PRASYARAT

Dari peta kedudukan modul dalam halaman depan modul ini dapat diketahui beberapa kompetensi sebagai prasarat siswa dalam mempelajari modul ini yakni :
  1. Pembacaan dan pemahaman gambar teknik.
  2. Mengikuti prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan.
  3. Penggunaan dan Pemeliharaan Peralatan dan Perlengkan Tempat Kerja.
  4. Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur.
  5. Melepas dan mengganti rangkaian/listrik/unit elektronik. Dengan penguasaan kompetensi prasarat diatas siswa dapat dengan mudah mempelajari kompetensi Masking Pengecatan ini.
C. Petunjuk Penggunaan Modul

1. Petunjuk bagi Siswa :
  • Bacalah modul ini dengan seksama dan pahami setiap topik secara berurutan, karena isi dari modul ini saling keterkaitan antara kegiatan belajar satu dengan yang lainnya.
  • Kerjakan Tugas pada modul ini dan laporkan tugas anda kepada guru pendamping/instruktur. Jika tugas dinyatakan belum baik ulangi kembali sampai dinyatakan baik.
  • Kerjakan tes formatif dalam modul ini tanpa melihat kunci jawabannya. Cocokkan dengan kunci jawaban. Jika masih terdapat kesalahan ulangi kembali sampai tidak terdapat kesalahan.
  • Siapkan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan di ruang kerja anda sebelum anda melaksanakan praktek.
  • Jangan cepat puas dengan hasil praktek anda, coba lagi sampai mendapatkan kualitas pekerjaan yang sempurna.
  • Jika ada yang kurang jelas tanyakan pada instruktur/guru pembimbing anda.
  • Jika anda sudah dapat menguasai modul ini baik materi maupun prakteknya, mintalah evaluasi kompetensi dan surat keterangan sertifikasi pada guru pendamping/instruktur.
2. Petunjuk bagi Guru :
  1. Bantulah peserta diklat dalam merencanakan (Planing) proses belajar.
  2. Instruktur/Guru wajib mendampingi siswa dalam mempelajari modul ini.
  3. Koreksilah tugas dan hasil latihan yang dikerjakan siswa dengan baik, berilah respon pada siswa anda supaya siswa lebih bersemangat.
  4. Awasi (Controlling) peserta diklat dalam mempelajari modul ini.
  5. Guru bertugas mengorganisasikan (Organizing) peserta diklat untuk memudahkan siswa dalam belajar.
  6. Jika siswa dipandang sudah mampu menguasai materi modul ini Guru bertugas meng-evaluasi (Evaluasing) peserta diklat dan berilah surat keterangan serifikasi keahlian/ kompetensi tentang Masking Pengecatan.
  7. Untuk memudahkan guru dalam penilaian hasil latihan siswa, Guru wajib membuat kriteria penilaian yang berisi sub-sub kompetensi siswa. Berilah angka penilaian pada setiap butir kompetensi tersebut (contoh kriteria penilaian terlampir).

D. Tujuan Akhir

Tujuan akhir dari pembelajaran modul ini adalah :
  1. Siswa mampu menyebutkan peralatan keselamatan kerja dan memiliki kompetensi dalam melaksanakan langkah keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan dengan baik.
  2. Siswa mampu menyebutkan bahan dan peralatan Pengelasan, Pematrian, Pemotongan dengan panas dan pemanasan serta menjelaskan fungsi dari peralatan tersebut.
  3. Siswa memiliki kompetensi sebagai berikut :
  • Menjelaskan Peralatan dan bahan yang dipakai pada prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan dengan benar.
  • Menjelaskan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam prosedur Pengelasan, Pematrian, Pemotongan dengan panas dan pemanasan dengan benar.
  • Menjelaskan prosedur pengelasan dan melakukan pengelasan dengan prosedur yang benar.
  • Menjelaskan prosedur pematrian dan melakukan Pematrian dengan benar.
  • Menjelaskan dan melaksanakan prosedur Pemotongan dengan panas dengan benar.



Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :