Melakukan Perhitungan Dasar

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

BAB I
PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI

Modul Melakukan Perhitungan-dasar (M2.7C10) dibuat untuk membantu peserta diklat dalam melaksanakan belajar berdasarkan Kurikulum 2004. Modul ini modul awal tentang melakukan perhitungan, sebagai prasarat mempelajari Melakukan perhitungan-lanjut. Ruang lingkup modul ini sesuai dengan GBPP meliputi: 
Menerapkan empat aturan dasar kalkulasi; Melakukan penghitungan dasar yang menyangkut pecahan dan desimal. Setelah menyelesaikan modul ini peserta diklat diharapkan memiliki kompetensi melakukan perhitungan dasar sesuai dengan bidang teknik pemesinan.


B. PRASYARAT

Modul ini adalah modul awal.

 
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1. Penjelasan Bagi Peserta diklat

a. Langkah-langkah belajar yang harus ditempuh oleh peserta diklat adalah :
  • Membaca petunjuk penggunaan modul
  • Mencoba mengerjakan soal pada Sub bab F (Cek kemampuan), apabila telah bisa menyelesaikan soal-soal tersebut (minimal 70% benar), peserta diklat dipersilahkan langsung mengerjakan tes formatif.
  • Apabila cek kemampuan tidak bisa mengerjakan, peserta diklat mempelajari modul ini dari awal sampai akhir mulai Kegiatan belajar 1.
  • Setiap Kegiatan belajar dilakukan dengan cara membaca penjelasan singkat setiap sub kompetensi, memahami penjelasan tersebut (bisa meminta pertolongan guru apabila belum jelas), kemudian mengerjakan soal latihan.
  • Soal tugas sebaiknya dikerjakan semua, apabila waktu di sekolah tidak mencukupi maka dikerjakan di rumah sebagai tugas.
  • Setelah selesai mengerjakan soal tugas hasilnya dilaporkan pada guru untuk dinilai.
  • Apabila nilai yang diperoleh belum 70, maka peserta diklat harus mengulang mempelajari kegiatan belajar yang sama sampai nilai yang diperoleh minimal 70.
  • Setelah soal tugas dikuasai (nilai>70), kemudian mengerjakan Tes Formatif.
  • Peserta diklat dinyatakan menguasai sub kompetensi apabila nilai test formatif yang dicapai minimal 70.
  • Setelah kegiatan belajar 1 selesai dilanjutkan dengan kegiatan belajar selanjutnya dengan langkah-langkah seperti yang telah dijelaskan di atas.
  • Peran guru dalam mempelajari modul adalah sebagai nara sumber, yaitu orang yang menguasai kompetensi yang selalu siap ditanyai oleh peserta diklat dalam mempelajari kompetensi tertentu.
b. Perlengkapan yang harus dipersiapkan

Setiap peserta diklat dalam mempelajari modul sebaiknya menggunakan perlengkapan: ballpoint, pencil, karet penghapus, buku tulis, kertas buram, dan kalkulator.

2. Peran Guru Antara Lain
  1. Membantu peserta diklat dalam merencanakan proses belajar
  2. Membimbing peserta diklat melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar
  3. Membantu peserta diklat dalam memahami konsep dan praktek baru dan menjawab pertanyaan peserta diklat mengenai proses belajar peserta diklat
  4. Membantu peserta diklat untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar
  5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
  6. Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan
  7. Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya
  8. Melaksanakan penilaian
  9. Menjelaskan kepada peserta diklat tentang sikap, pengetahuan dan ketrampilan dari suatu kompetensi yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya.
  10. Mencatat pencapaian kemajuan peserta diklat

D. TUJUAN AKHIR
  1. Kinerja yang diharapkan : Peserta diklat mampu melakukan perhitungan- dasar secara mandiri.
  2. Kriteria keberhasilan : Peserta diklat dikatakan telah menguasai kompetensi apabila telah mampu mengerjakan semua soal latihan, dan sol tes formatif dengan nilai minimal 70.
  3. Kondisi atau variabel yang diberikan : Kompetensi melakukan perhitungan- lanjut ini diharapkan dapat diselesaikan peserta diklat dalam waktu 80 jam pelajaran (@ 45 menit).



Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :