Proses Las Gas Metal dan Prosedur Pemasangan Perlengkapannya

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Gambar Kerja Las

Semua pekerjaan konstruksi las yang dikerjakan di bengkel, pabrik atau lapangan selalu menggunakan gambar. Gambar ini berfungsi sebagai alat komunikasi antara perancang dengan para pengelas (welder).

Permasalahan yang timbul adalah apakah seluruh sambungan dan manikmanik las sepanjang pengelasan pada konstruksi itu digambarkan berikut dengan bentuk sambungan maupun kampuhnya? Jika pertanyaan di atas dijawab dengan “ya”, maka akan sangat merepotkan menggambar las pada konstruksinya. Apalagi kalau konstruksi yang bersangkutan semuanya menggunakan sambungan las. 


Oleh sebab itulah di dalampengelasan dikenal simbol las, yaitu alat komunikasi seluruh permasalahan pengelasan yang dipersyaratkan oleh perancang dan dipahami oleh para pengelas. Simbol ini ada di dalam gambar kerja las yang mempersyaratkan antara lain, mesin las yang digunakan, bentuk kampuh atau fillet, bentuk kontur las, ukuran-ukuran pengelasan, daerah yang dilas, maupun persyaratan-persyaratan yang lain. 

Oleh sebab itu welder maupun operator las perlu memahami gambar maupun kode-kode yang dipergunakan di dalam pengelasan.

Pada pengelasan sambungan plat dikenal ada 5 macam sambungan las yang terdiri dari sambungan tumpul, sudut, T, sisi, dan tumpang.

Masing-masing sambungan ini dapat dilas dengan menggunakan 4 posisi pengelasan yaitu posisi di bawah tangan, mendatar, vertikal, dan di atas kepala. Gambar 1 menunjukkan ilustrasi masing-masing sambungan berikut dengan posisi pengelasannya. 

Masing-masing sambungan ini dapat dibuat variasi bentuk sambungan yang bentuk dan pengkodeannya dapat dilihat pada gambar 2. Variasi bentuk sambungan ini dilakukan atas beberapa pertimbangan yang diantaranya meliputi kekuatan, kemudahan di dalam mengerjakan, model distribusi gaya ketika konstruksi itu dipakai dan lain sebagainya.

  • Gambar 1. Macam-macam Sambungan Las
  • Gambar 2. Simbol Las Dasar Setelah mengenal macam-macam sambungan las dan bentuk sambungan las, maka langkah berikutnya adalah mengenal simbol las yang di dalamnya termuat data-data simbol pengelasan standar berikut dengan tatacara peletakannya.
  • Gambar 3. Simbol Las dan Tatacara Peletakannya Contoh-contoh peletakan simbol las yang biasa digunakan di dalam gambar kerja dapat dilihat pada gambar-gambar berikut. 
  • Gambar 4. menunjukkan cara meletakkan simbol pengelasan untuk sambungan tumpul dan sambungan T berikut dengan ilustrasi bentuk pengelasan sebenarnya pada kedua sambungan tersebut. Gambar ini menunjukkan pengelasan pada sisi panah untuk sambungan tumpul dan pada kedua sisi untuk sambungan T fillet.
  • Gambar 5 menunjukkan simbol beserta ukuran kampuh yang akan dibuat dan daerah pengelasan untuk sisi panah dan sisi lain. Gambar A dan D menunjukkan simbol las, gambar B dan E menunjukkan ukuran kampuh yang dibuat beserta bentuk kampuhnya dan gambar C dan F menunjukkan bentuk pengelasan sebenarnya.
  • Gambar 6. Bentuk Permukaan las dan Perlakuannya Untuk menggambarkan ukuran-ukuran yang dibuat pada kampuh
  • Gambar 7 A dan B menunjukkan kedalaman las yang dibuat yaitu 3/8 inchi dengan celah akar 1/8 inchi pada kampuh V dengan sudut 600 dan permukaan las rata digerinda. Gambar 7 C dan D menunjukkan sambungan T dengan bentuk sambungan bevel dengan tinggi 0,5 inchi  dan lebar 0,6 inchi bevel ini dibuat dengan sudut 450.
  • Gambar 8 A dan B menunjukkan pengelasan sambungan T fillet dengan ukuran tinggi dan lebar fillet masing-masing 1/8 inchi. Pengelasan dilakukan sepanjang 3 inchi dengan jarak antar pengelasan dari pusat ke pusat pengelasan masing-masing 6 inchi. Pengelasan ini dilakukan dari sisi panah. Gambar 8 C dan D menunjukkan pengelasan dilakukan dari kedua sisi dengan posisi berseling. Pengelasan dilakukan sepanjang 2 inchi dengan jarak dari pusat ke pusat pengelasan 4 inchi.


Untuk lebih lengkap Modulnya silahkan diklik tulisan dibawah ini!!!
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :