Sukai Halaman Grosir Mutiara Lombok Supplier Murah

Mengelas Tingkat Lanjut dengan Proses Oksi Asetilen


BAB I
PENDAHULUAN


A. DESKRIPSI 

Modul ini berjudul Mengelas Tingkat Lanjut dengan Proses Las Oksi-asetilen yang berisi tentang bagaimana menentukan dan melakukan pengesetan alat perlengkapan, bahan-bahan yang digunakan dalam pengelasan oksi asetilen, kemudian bagaimana membuat sambungan las yang standar nasional atau ISO, memeriksa hasil las dan bagaimana memperbaiki cacat las yang terjadi. 


Modul ini adalah lanjutan dari modul pengelasan dengan oksi-asetilen tingkat dasar dimana diharapkan setelah menguasai modul ini Peserta Diklat diharapkan mampu melakukan persiapan, proses pengelasan oksi asetilen pada jenis sambungan sudut (fillet) posisi 2F,3F,4F dan sambungan tumpul serta melakukan pemeriksaan dan perbaikan cacat las. Kemampuan tersebut akan sangat membantu Peserta Diklat memasuki dunia kerja.

B. PRASYARAT

Untuk mengambil modul Mengelas Tingkat Lanjut dengan Proses Las Oksi-asetilen disyaratkan Peserta Diklat sudah memiliki kemampuan awal mengelas dengan las oksi-asetilen tingkat dasar.

C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1. Petunjuk bagi Peserta Diklat

Langkah yang harus dilakukan untuk mempelajari modul ini :

  1. Baca tujuan akhir dan tujuan antara dengan seksama.
  2. Pelajari secara baik dan cermat uraian teori yang disampaikan dalam kegiatan belajar bilamana merasa kurang dapat mencari referensi lain atau bertanya kepada guru pembimbing.
  3. Persiapkan alat dan bahan yang digunakan pada setiap kegiatan.
  4. Lakukan semua kegiatan belajar dengan teliti dan hati-hati.
  5. Jawab pertanyaan tes formatif yang ada kemudian cocokan dengan kunci jawaban yang telah tersedia pada lembar jawaban atau konsultasikan dengan guru pembimbing bilamana telah mengusai maka bisa dilanjutkan ketahapa kegiatan belajar praktek sesuai dengan perintah pada lembar kerja.
  6. Melakukan kerja praktek mulai dari persiapan hingga selesai kemudian melaporkan hasil praktek untuk mendapatkan penilaian dari guru pembimbing.
  7. Kembalikan semua peralatan praktik yang digunakan.
  8. Setelah Peserta Diklat mampu menguasai proses pemelajaran dan memenuhi kriteria kelulusan maka Peserta Diklat berhak mengikuti tes sertifikasi pada bidang keahlian ini.


2. Petunjuk bagi Guru

  1. Membantu Peserta Diklat dalam merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing Peserta Diklat melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
  3. Membantu Peserta Diklat dalam memahami konsep dan praktik baru dan menjawab semua pertanyaan Peserta Diklat mengenai proses belajar.
  4. Membantu Peserta Diklat untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
  5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok bila diperlukan.
  6. Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.
  7. Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya.
  8. Melaksanakan penilaian.
  9. Menjelaskan kepada Peserta Diklat tentang sikap pengetahuan dan keterampilan dari suatu kompetensi, yang perlu dibenahi dan merundingkan rencana pemelejaran selanjutnya.
  10. Mencatat pencapaian kemajuan Peserta Diklat.

D. TUJUAN AKHIR

Setelah mempelajari modul ini diharapkan peserta diklat mampu:

  1. Memahami, menentukan dan melakukan pengesetan alat dan bahan yang digunakan dalam pengelasan tingkat lanjut dengan las oksi-asetilen.
  2. Melakukan langkah-langkah pengelasan sambungan fillet posisi mendatar, tegak dan diatas kepala dengan las oksi-asetilen.
  3. Melakukan langkah-langkah pengelasan sambungan tumpul posisi mendatar, tegak dan diatas kepala dengan las oksi-asetilen.
  4. Melakukan pemeriksaan cacat las yang terjadi pada hasil pengelasan.


Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!