Kerukunan Antar Umat Beragama

Posted by Sanjaya Yasin 1 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

 Kerukunan Antar Umat Beragama
  • Jelaskan konsep Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam, sebutkan dalilnya.
Konsep Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam adalah kemanfaatan ajaran agama yang diikutinya berlaku secara universal, tidak terbatas pengikutny asaja, tetapi untuk seluruhan ala mini. Hal ini di kuatkan oleh firman allah SWT. Seperti yang tercantum dalam (QS. Al-Anbiya’107 dan 108).

Artinya:

    “Dan tiada kami mengutus kamu (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. Katanlah : “Sesungguhnya yang di wahyukan kepadaku bahwasanya Tuhanmu adalah Tuhan yang Esa, maka hendaklah kamu berserah diri (kepada-Nya)”,  

  • Jelaskan pengertian Ukhuwah Islamiyah.
Ukhuwa Islamiah adalah yang bisa di terjemahkan sebagai persaudaraan dalam Islam, atau agar lebih mengerakkan dan tidak beku atau terhenti, dapat di beri makna dalam kata kerja, sehingga dapat  di artikan sebagai semangat persaudaraan dalam Islam.

  • Jelaskan pengertian Ukhuwah Insaniyah.
Ukhuwah Insaniyah adalah semangat persaudaraan dalam kemanusiaan yang terwujud di dalam sikap-sikap murah hati, bersediah menolong, adil, peduli sesama dan semua tindakan yang mengarah pada penggukapan rasa kaksih syang. 

Dan juga pelaksanaan persaudaraan yang di sertai dengan sikap hati yang tulus dan terjalin secara baik di tingkat individu, komunitas (masyarakat), Negara, dan bahkan dunia. Seperti yang tercantum dalam (QS. Al-Hujurat:13 ).

Artinya:

 “ Wahai seluruh amnesia, sesungguhnya kami telah menciptakna kmau terdiri (dan bersumber) dari lealki dan wanita, dan kami jadikan kamu sekalian Berbangsa-bangsa dan Bersuku-suku, agar kamu semua saling kenal mengenal (bekerja sama). Sesungguhnya ynag paling mulia di antara kamu di sisi Tuhan adalah yang bertaqwa. Sesungguhanya Tuhan Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” 

  •  Jelaskan konsep kebersamaan dalam pluralitas agama.
Konsep kebersamaan dalam pluralitas agama adalah setiap manusai yang hidup bersama di masyarakat akan menyadari lingkungan yang serba plural, berbeda, dan tidak sama dengan dirinya. Dan bahkan masyarakat yang homegen pun, perbedaan antar individu pasti ada, karna perbedaan manusia adalah kehendak tuhan.
Kerukunan Antar Umat Beragama

  • Jelaskan bagaimana cara membuat keahlian yang sedang Anda geluti (profesi yang nantinya Anda geluti) bisa menjadi rahmat bagi orang lain, mahkluk lain, maupun bagi alam semesta.
Cara membuat keahlian yang nantinya saya geluti (profesi yang nantinya saya geluti) bisa menjadi rahmat bagi orang lain, mahkluk lain, maupun bagi alam semesta. Berati saya udah memilik sikap untuk menghormati arang lain atau sesama, sesuai dengan profesi yang saya miliki sekarang karna dengan berahklak berati kita udah mendapatkan kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Dan mengembangkan pengetahuan serta memanfaatkannya.  Kerukunan Antar Umat Beragama


Artikel Menarik lainnya :