Fototropi

Posted by Sanjaya Yasin 1 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

A.     Landasan Teori

Gerak pada tumbuhan disebut dengan gerak etinom yang reaksi gerak yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar. Kecuali gerakan turgor, tumbuhan beraksi terhadap perubahan di alam sekitarnya dengan pertumbuhan. Respon pertumbuhan dapat mengakibatkan satu bagian tumbuhan lebih cepat tumbuh dari pada bagian lainnya. Pertumbuhan ini mampu menghasilkan gerakan yang pasti tetapi relatif lamban. Berdasarkan hubungan antara respon gerakan dengan asal rangsangan, gerakan etinom dapat dibedakan menjadi :

1.    Tropisme

Tropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Dintinju dari macam sumber rangsangan, tropisme dapat dibedakan menjadi :

  • Fototropisme; Adalah gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya
  • Geotropisme; Adalah gerak bagian tumbuhan karena pengaruh grafitasi bumi
  •  Hidrotropisme; Adalah gerak tumbuhan karena rangsangan air
  •  Kemotropisme; Adalah gerak tumbuhan karena rangsangan zat kimia
  • Togmotrpisme; Adalah gerak bagian tumbuhan karena adanya rangsangan sentuhan satu sisi atau persinggungan


2.    Nasti

Merupakan gerak tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, tetapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri. Macam-macam gerak nasti:

  • Fotonasti; Adalah gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan cahaya
  • Niktinasti; Merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh suasana gelap, sehingga disebut juga gerak tidur
  • Tigmonasti/seismonasti; Adalah gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan sentuhan atau gerakan
  • Termonasti; Merupakan gerakan yang disebabkan oleh rangsangan suhu.
  •  Haptonasti; Merupakan gerak nasti yang terjadi pada tumbhan insektivora yang disebabkan oleh sentuhan serangga
  •  Nasti kompleks; Adalah gerak nasti yang disebabkan oleh beberapa faktor sekaligus, seperti karbohidrat pH, temperatur, dan kadar kalsium


3.    Taksis

Adalah gerak seluruh tubuh atau bagian dari tumbuhan yang berpindah tempat dan arah perpindahannya dipengaruhi rangsangan.


C.    Alat dan bahan

a.    Polibek
b.    Media tanah
c.    Media air
d.    Biji Vigna Ungiculata



D.    Cara Kerja 

  1. Menanam Vigna Ungiculata dalam polibek yang diisi dengan media tanah
  2. Meletakkan dijendela yang terkena sinar matahari 
  3. Mengamati arah pertumbuhan tanaman pada bagian yang terkena cahaya dan yang tidak terkena cahaya serta mencari perbedaanya
  4. Membalik bagian yang terkena cahaya ke arah yang membelakangi cahaya



F.    Hasil Pengamatan



Keterangan :
-    Kecambah vigna ungiculata  gerak tumbuh selalu mengikuti arah rangsangan cahaya matahari



F.    Pembahasan

Tanaman vigna ungiculata  yang kami amati merupakan salah satu tanaman yang cepat tumbuh walaupun dengan perawatan sederhana. Biji tanaman vigna ungiculata  yang ditanam dalam polibek, kemudian diberi air dan ditempatkan pada jendela yang dapat tembus cahaya matahari. Dalam jangka waktu yang sangat pendek mampu hidup dan menjadi tanaman baru. Hal yang kami amati dalam tanaman vigna ungiculata  ialah tentang arah tumbuh atau arah pergerakannya. Mula-mula arah tumbuhan tanaman ini ialah menghadap kearah sinar matahari yang mengenainnya.

Dari hasil tersebut kami sementara dapat menyimpulkan bahwa cara tumbuh atau gerak tanaman tersebut tergolong dalam fototropisme yaitu gerak bagian tumbuhan yang arahnya mengikuti cahaya matahari.

Setelah didiamkan selama 2 hari, kami membalik arah tumbuhan yang bengkok tadi atau arahnya menghadap matahari, kemudian arahnya kami balik membelakangi matahari, hasilnyapun sama, selalu mengikuti arah matahari. Dari sini kami pun bertambah yakni bahwa tanaman tersebut termasuk ke dalam tanaman fototropisme, karena bagian tumbuhan tersebut arah tumbuhannya akan selalu mengikuti arah cahaya matahari yang menyinarinya.


G.    Simpulan

1.    Gerak tumbuhan secara mum dapat digolongkan menjadi 3 :

-    Tropisme
-    Nasti
-    Taksis

2.    Tanaman vigna ungiculata  merupakan tanaman yang tergolong dalam tanaman yang arah gerak sebagian tubuhnya menghadap matahari sehingga tanaman tersebut merupakan tanaman fototropisme.



Artikel Menarik lainnya :