Sukai Halaman Grosir Mutiara Lombok Supplier Murah

Fana dan Baqa


A.    Pengertian

Fana artinya hilang, hancur, atau dalam bahasa Inggris dissapear, perish, annihalate. Sehingga dapat dipahami bahwa fana merupakan proses menghancurkan diri bagi seorang sufi agar dapat bersatu dengan Tuhan.


B.    Faham antara Fana Seiring Baqa



Ada beberapa faham kesufian yang membuktikan adanya keseiringan fana dan baqa yaitu : “Jika kejahilan (iqnorance) dari seseorang hilang yang akan tinggal ialah pengetahuan”.

C.    Tokoh Sufi

Adapun tokoh sufi antara lain : Abu Yazid dan Ibnu Qayyim.  Abu Yazid adalah salah satu tokoh sufi yang telah melewati “Ma’rifat” dia mencapai fana dan baqa yang kemudian “ijtihad” bersatu dengan Tuhan.

Ibnu Qayyim memberikan penjelasan tentang istilah fana dan baqa sebagai berikut :

“Fana dalam pengertian tauhid berbarengan dengan baqa, yaitu penetapan terhadap Tuhan yang haqdalam hatimu dan menghilangkan Tuhan selain Allah. Di sinilah bertemu antara nafi dan Itsbat. Nafi adalah fana dan itsbat adalah baqa. Sebenarnya ia fana dengan dengan ibadah kepada membuang cinta selain dari padaNya, takut kepada Allah, menyingkari takut selain dari pada-Nya. Ta’at kepada Allah dan menyingkiri ta’at selain dari Pada Nya.