Baik dan Buruk

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin


A.   Penentuan baik dan buruk

Mengenai hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek berikut;
  1. Baik buruk menurut aliran adat istiadat (sosialisme); menurut aliran ini baik atau buruk ditentukan didasarkan pada adat istiadat yang berlaku dan ditentukan berdasarkan adat yang berlaku dan dipegang teguh oleh masyarakat.
  2. Baik buruk menurut aliran hedonisme; menurut paham ini baik dan buruk itu didasarkan pada perbuatan yang banyak mendatangkan kelezatan, kenikmatan, kepuasan nafsu biologis. 
  3. Baik buruk menurut aliran intuisisme (humanisme); menurut paham ini perbuatan yang baik adalah perbuatan yang sesuai dengan penilaian yang diberikan oleh hati nurani atau kekuatan bathin yang ada dalam dirinya. 
  4. Baik buruk menurut paham utilitarianisme; menurut paham ini bahwa yang baik adalah yang berguna.
  5. Baik buruk menurut paham vitalisme; menurut paham ini yang baik adalah yang mencerminkan kekuatan dalam hidup manusia. 
  6. Baik buruk menurut paham religiosisme; menurut paham ini yang dianggap baik adalah perbuatan yang sesuai dengan kehendak Tuhan, sedangkan perbuatan buruk adalah perbuatan yang tidak disenangi oleh Tuhan.
  7. Baik buruk menurut paham evolusi; menurut paham yang baik itu adalah perbuatan yang bertujuan untuk mencapai kesenangan dan kebahagiaan.  
  8. Baik dan buruk menurut ajaran Islam; menurut ajaran Islam penentuan baik dan buruk harus didasarkan pada petunjuk al-Qur’an dan al-hadits.



Artikel Menarik lainnya :