Sistem Perekonomian Islam

Posted by Sanjaya Yasin 1 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

1. Jelaskan konsep ekonomi dalam pandangan islam.

    Konsep ekonomi dalam pandangan islam adalah  berbicara tentang hajat manusia untuk memenuhi kebutuhannya dalam usaha mempertahankan hidupnya. Dan dasar pemikiran tersebut manusia dalam berbisnis akan selalu mencari profit. Oleh karena itu munculah bisnis-bisnis no-islam dan bisnis menurut islam dalam mencari profit.


Adapun prinsip ekonomi non-islam adalah berprinsip pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya. Prinsip ini hanya memncari keuntungan dan kebahagiaan di dunia. Sedangkan dalam prinsip ekonomi islam adalah berkorban, tidak kikir dan boros dalam rangka menggapai keuntungan yang layak baik keuntungan di dunia maupun di kehidupan yang abadi.


2. Jelaskan fungsi ekonomi Islam.

    Fungsi ekonomi Islam adalah menuntun kita agar memperoleh harta benda yang menerapkan sehingga terwujud kebahagiaan dunia dan akhirat, sebagaimana Allah telah menjelasjan dalam (QS. An-Nisaa’: 29-30) yang artinya “,

   “Hai orang yang beriman, jangalah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan batil, kecuali dengan jalan peniagaan yang berlaku suka sama suka di antara kamu dan jangalah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah maha penyanyang kepadamu.” Barang siapa yang berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya Allah kelak akan memasukkannya ke dalam neraka, yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.


3. Jelaskan konsep mekanisme pasar menurut Al Gazali.
    Konsep mekanisme pasar menurut Al Gazali adalah menerangkan bahwa kurva penawaran mempunyai slope positif, dari kiri bawah ke atas. Beliau menuliskan “Jika petani tidak menemukan pembeli hasil-hasil pertaniannya, maka ia menjualnya dengan harga lebih murah.”Dan juga beliau menuliskan, bila harga mahal suatu barang mahal, seyogyanya permintaan dkurangi untuk menurankan harga, atau terminologi ekonomi, menggeser kukrva permintaan ke kiri. Algajali mengajukan konsep elastisitas harga terhadap permintaan “’pengurangan marjin keuntungan dengan menurunkan harga nakan mendorong maiknya penjualan  dan selanjutnya meningkatkan keuntungan.”

4. Jelaskan konsep pasar yang sehat menurut Ibnu taimiah.

    Konsep pasar yang sehat menurut ibnu tamiyah adalah memaksa orang untuk menjual barang-barang yang tidak di wajibkan oleh syariah untuk dijual, atau melarang orang menjual barang yang boleh di perdagangkan, adalah hal yang tidak adil dan melanggar aturan syariah.”dan beliau juga menegarai praktek kolusi diantara penjual dan pembeli. Ia juga menerangkan perlunya pengetahuan akan pasar dan komoditi.

Dan juga ibnu  taimiyah menolak peraturan yang berlebihan bila mekanisme pasar berjalan normal, satu hal yang diyakininya akan membentuk harga yang kompotitif. Namun bila pasar tidak sempurna
(imperfect market) beliau menganjurkan campur tangan pemerintah.

Dan bila para penjual menyimpan barangnya untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi pada hal masyarakat memerlukan barang tersebut, maka para penjual harus menjualnya, bila ada elemen-elemen monopoli terutama untuk barang kebutuhan pokok, pemerintah harus melakukan inyerfensi untuk menghilangkan kekuatan monopoli dan mempengaruhi jalannya mekanisme pasar yang sehat.

5. Jelaskan konsep pasar  dan harga menurut Ibnu Khaldun.

    Konsep pasar dan harga menurut Ibnu khaldun adalah bila suatu kota berkembang dan selanjutnya populasinya akan betambah banyak, maka harga-harga barang kebutuhan pokok akan turn relatif di bandimgkan harga barang mewah.  Karna barang-barang kebutuhan pokok akan mendapat prioritas pengadaannya dalam kota berkambang sehingga penawarannya meningkat dan akan mengakibatkan turunnya harga.sedangkan untuk barang-barang mewah, pemerintalah yang meningkat dengan perkembangan kota dan berubahnya gaya hidup seorang sehingga harga brang mewah meningkat.

 Dan ketika barang-barang  yang tersedia sedikit, maka harga-harga akan naik. Namun bila jarak antar kota dekat dan untuk melakukan perjalanan, maka akan banyak barang-barang yang diimpor sehingga ketersediaan barang akan melimpah, harga barang-barang akan turun. 

6. Sebutkan 3 pesoalan yang harus diperhatikan agar operasi bank islam tetap berjalan dengan prinsip-prinip syari’ah.

    Ada 3 persoalan yang diperhatikan agar operasi bank islam teteap berjalan dengan prinsip-prinsip syari’ah
adalah sbb : 

  • Pengelolahan bank yaitu mereka yang selain menguasai prinsip-prinsip perbankkan dan juga menguasai prinsip-prinsip mu’amanah.
  • Bank beroperasi berdasarkan pedoman operasional bank syari’ah .
  • Adanya dewan pengawas syari’ah yang bertugas mengawasi operasional perbankkan.



    Misi dan fungsi bank islam adalah bank komersial yang bersifat social, yang membantu mengembankan UKM. Dan juga dapat memajukan usaha penghimpunan dana zakat, sedaqoh dan infaq agar dapat di arahkan penggunaanya untuk mengentskan masyarakat dan kemiskinan, serta mengembangkan produk-produk perbankan berdasarkan syari’ah.

Sistem Perekonomian Islam


Artikel Menarik lainnya :