Memahami Implementasi Iman dan Taqwa Dalam Kehidupan Modern

Posted by Sanjaya Yasin 4 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Memahami Implementasi Iman dan Taqwa Dalam Kehidupan Modern

  • Jelaskan problem-problem manusia dalam kehidupan modern berdasarkan pandangan Islam.
Problem-problem manusia dalam kehidupan modern adalah munculnya dampak negatif (residu), mulai dari berbagai penemuan teknologi yang berdampak terjadinya pencemaran lingkungan, rusaknya habitat hewan maupun tumbuhan, munculnya beberapa penyakit, sehingga belum lagi dalam peningkatan yang makro yaitu berlobangnya lapisan ozon dan penasan global akibat akibat rumah kaca.

Tidakkah kita belajar dari pohon, daun yang gugur karena sudah tua apakah tidak menjadikan residu yang merugikan tetapi justru bermanfaat bagi kesuburan pohon itu sendiri, ini menyiratkan perlunya teknologi yang ramah lingkungan dan meminimalisasi dampak lingkungan yang di timbulkannya. manusia juga tidak melihat di dalam kegelapan seperti kelelawar, namun akal manusia yang dapat menciptakan lampu, untuk mengatasi kelemahan itu.

Manusia tidak mampu lari seperti kuda dan mengangkat benda-benda berat seperti sekuat gajah, namun akal manusia telah menciptakan alat yang melebihi kecepatan kuda dan sekuat gajah. Kelebihi manusia dengan mahkluk lain adalah dari Akalnya. Sedangkan dalam bidang ekonomi kapitalisme-kapitalisme yang telah melahirkan manusia yang konsumtif, meterialistik dan ekspoloitatif.


  • Jelaskan peran iman dan taqwa dalam menjawab problem dan tantangan kehidupan modern.
     Peran iman dan taqwa di dalam problem dan tantangan kehidupan moderen adalah suatu masalah besar yang harus di hadapi oleh setiap orang (Manusia) karna seperti yang kita lihat selama ini semakin bertambahnya Zaman pasti akan ada perubahan! baik dalam segi moral, agama, budaya, maupun dalam segi sosial kehidupan di dalam masyarakat. Dan yang paling utama dalam segi agama, kepercayaan dan keyakinan sehingga dalam segi iman dan taqwapun berkurang.


    • Jelaskan peran iman dan taqwa dalam menunjang profesi yang nantinya anda akan geluti.
           Peran iman dan taqwa di dalam menunjang profesi yang di geluti oleh seseorang adalah suatu profesi atau kedudukan yang di miliki dengan di imbangi oleh Iman dan taqwa kepada Tuhan yang maha Esa karna kalau kita memliki porfesi harus di imbangi dengan ke imanan.


      • Jelaskan hubungan antara agama dan ilmu menurut Ian Barbour.
        Hubungan antara agama dan iman menurut Ian Barbour adalah suatu hubungan yang
        Erat yang di lihat dari realitas sekarang telah menunjukan bahwa manusia tidak hanya mengenal nama-nama benmda yang sudah ada, namun juga telah mengembangkan dan mencipkan nama-nama baru pada benda-benda yang di ciptakannya. Baik dalam segi moral, agama, budaya, maupun dalam segi sosial kehidupan di dalam masyarakat dan lingkungan.

        Memahami Implementasi Iman dan Taqwa Dalam Kehidupan Modern


        Artikel Menarik lainnya :