Pengetahuan Morfologi, Anatomi Tumbuhan Dan Hewan

Posted by Sanjaya Yasin 0 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Pengetahuan Morfologi, Anatomi Tumbuhan Dan Hewan
A.    Latar Belakang

    IPA merupakan salah satu dari sekian banyak mata kuliah yang mengemban berbagai bentuk praktikum yang antara lain juga mencakup beberapa materi pelajaran yang terkait dengan pelajaran yang ada kaitanya dengan Alam.


    Pada praktikum kali ini kami mengamati berbagai jenis bakteri maupun jamur yang pada umumnya bergerak secara pasif. Namun demikian ada berbagai jenis bakteri yang dalam keadaan tertentu dapat membentuk rambut-rambut plasma yang menembus keluar dinding dan adanya rambut-rambut plasma ini memungkinkan bakteri bergerak aktif dalam medium cair. Rambut-rambut plasma itu lazimnya dinamakan bulu cambuk atau flagel, yang jumlah dan letaknya pada tubuh dapat berbeda-beda.

    Bakteri pada umumnya bersifat heterotrof hidupnya sebagai saprofit atau sebagai parasit. Namun demikian, ada pula beberapa jenis yang mampu mengadakan asimilasi, jadi bersifat autotrof.

B.    Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas dapat ditentukan rumusan masalah dalam penyusunan laporan ini : untuk mengetahuai adanya variasi pada bakteri, Mengemukakan ciri pembeda antara prokariotik dan eukariotik dan Memperkirakan suatu kondisi bahan makanan yang dapat di rusak oleh aktivitas bakteri, serta bentuk-bentuk daun dan morfologi tumbuhan dan hewan.

C.    Tujuan Umum

Berdasarkan rumusan masalah di atas dapat ditentukan tujuan dalam penyusunan laporan ini seperti : mengetahuai adanya variasi pada bakteri, Mengemukakan ciri pembeda antara prokariotik dan eukariotik dan Memperkirakan suatu kondisi bahan makanan yang dapat di rusak oleh aktivitas bakteri serta bentuk-bentuk daun dan morfologi tumbuhan dan hewan.

BAB II
MATERI PRAKTIKUM


ACARA I
PENGENALAN ALAT, BAHAN & UJI AMILUM

A.    Pelaksanaan
1.    Hari/tanggal     :  Ahad, 31 Mei 2009
2.    Tempat     : Laboratorium IPA
3.    Tujuan     : 
  • Memperkenalkan beberapa macam alat dan bahan laboratorium
  • Untuk menguji adanya zat tepung pada berbagai bahan makanan

B.    Landasan Teori

Laboratorium kimia bagaikan sebuah dapur yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan, baik sederhana maupun yang cukup canggih. Alat-alat sederhana yang paling banyak dipergunakan antara lain : tabung reaksi, pengaduk, corong, pipa bengkok, gelas arloji, gelas ukur, gelas piala, air (Aquades), labu ukur, penjepit, dll
Penjepit merupakan alat yang terbuat dari kayu atau kawat yang digunakan untuk menjepit dan memegang tabung reaksi yang panas, dan corong yang terbuat dari gelas yang digunakan untuk membantu memasukkan cairan ke dalam botol yang mulutnya sempit atau sebagai tempat meletakkan kertas saring pada waktu penyaringan (Yuduyawati, 1972 : 17).

Tabung reaksi merupakan alat yang terbuat dari gelas pirix sehingga dapat dipanaskan, dan digunakan untuk mereaksikan zat-zat kimia (Maryono, 1975 : 13).
Dalam mengisi pipet dengan larutan sebaiknya dengan bantuan boton pipet, jika tidak ada larutan dapat disedot melalui selang pelastik, buret dibuat dari kaca panjang dengan garis sepala yang ditera secara teliti. Di ujung bawah terdapat sebuah keran untuk mengalirkan cairan yang akan dikeluarkan buret digunakan untuk memperoleh volume suatu cairan secara teliti dalam ukuran terkecil. (Anonim, 1993, hal 10-15).

C.    Alat dan Bahan    

Percobaan I
-    Alat tulis menulis dan bahan laboratorium

D.    Cara Kerja
  • Setiap kelompok dapat melakukan pengamatan
  • Menggambarkan alat-alat sederhana dan bahan-bahan yang telah disediakan pada tiap-tiap meja percobaan 
  • Mencatat hal-hal yang perlu diperhatikan pada hasil pengamatan

E.    Hasil Pengamatan

Hasil pengamatan bahan dan sifatnya

Keterangan tanda/Simbol:
1.    X         : Tidak terlalu berbahaya
2.    -----    : Berbahaya bila terkena api

3.                : Bisa mematikan

Gambar hasil pengamatan alat dan kegunaanya





Untuk lebih lengkap makalahnya Pengetahuan Morfologi, Anatomi Tumbuhan Dan Hewan  silakan klik  dibawah ini!!!
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :