Akhlak Tasawuf

Posted by Sanjaya Yasin 2 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

TASAWUF

A.    Asal-Usul Tasawuf

Ada beberapa defenisi yang dikemukakan oleh para ahlinya antara lain :

    1.    Asy-Syekh Muhammad Amin Al-Kurdy mengatakan bahwa :”Tasawuf adalah suatu ilmu yang dengannya dapat diketahui hal ihwal kebaikan dan keburukan jiwa, cara membersihkannya dari (sifat-sifat) yang buruk dan mengisinya dengan sifat-sifat yang terpuji, cara melakukan suluk, melangkah menuju (keridhaan) Allah dan meninggalkan (larangan-Nya) menuju kepada (perintah-Nya)


    2.    Sedangkan Imam Al-Ghazali mengemukakan pendapat Abu Bakar al-Kataany yang mengatakan bahwa “Tasawuf adalah budi pekerti, jadi barangsiapa yang memberikan bekal budi pekerti atasmu, berarti ia memberikan bekal atas dirimu dalam tasawuf. Maka hamba yang jiwanya menerima (perintah) untuk beramal karena sesungguhnya mereka melakukan suluk dengan nur (petunjuk) Islam. Dan Ahli Zuhud yang jiwanya menerima (perintah untuk melakukan beberapa akhlaq (terpuji) karena mereka telah melakukan suluk dengan nur (petunjuk) imannya”.

B.    Essensi Tasawuf

    Tasawuf adalah nama lain dari “Mistisme dalam Islam” di kalangan orintalis Barat dikenal dengan sebutan “Sufisme” kata “Sufisme” merupakan istilah khusus mistisme Islam. Sehingga kata “Sufisme” tidak ada pada mistisme agama-agama lain.
Adapun tujuannya adalah untuk memperoleh suatu hubungan khusus langsung dari Tuhan. Sedangkan ada juga tujuan lain seperti bisa berhubungan langsung dengan Tuhan. Dengan maksud bahwa ibadah yang diselenggarakan dengan cara formal belum dianggap memuaskan karena belum memenuhi kebutuhan spiritual kaun sufi.

Untuk lebih lengkap makalahnya silakan klik di bawah ini!!!

Download disini!

Artikel Menarik lainnya :