Hakikat Pendidikan MIPA

Posted by Sanjaya Yasin 15 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
      Dewasa ini , khususnya bagi para pelajar beranggapan bahwa matematika adalah ilmu yang memusingkan dan menyulitkan. Ditambah lagi dengan matematika yang berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ). Sebagaimana para pelajar mengartikan bahwa matematika adalah ilmu hitung menghitung yang hanya berhubungan dengan angka , sementara IPA adalah ilmu yang berhubungan dengan lingkungan kehidupan
sekitar dan mahluk hidup. Jadi , bagaimana bisa ada keterkaitan antara kedua ilmu tersebut.

    Melihat perkembangan zaman sekarang ini jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Khususnya pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) , yang mana hal tersebut sangat terkait dengan perkembangan ilmu bahasa dan ilmu hitung-menghitung. Ilmu bahasa disini bukan semata-mata kita berkembang dalam hal bahasa yang biasa kita gunakan setiap hari tetapi ilmu bahasa ini justru lebih mendalam , singkat dan pasti serta dapat digunakan sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehrai-hari.

    Terkait dengan hal diatas maka melalui makalah ini penulis ingin menyampaikan beberapa kelebihan dan peranan Matematika dalam Ilmu Pengetahuan Alam itu sndiri agar dapat menjadi suatu pegangan untuk kita semua khususnya yang bergelutik di bigang Matimatika.

B. RUMUSAN MASALAH
1. Jelaskan tentang “ Hakikat MIPA “ !
2. Jelaskan Definisi Matematika !
3. Apa peranan Matematika bagi IPA !
4. Bagaimana proses belajar mengajar Matematika !
5. Bagaimana perkembangan daya abstraksi otak manusia !
6. Perbedaan IPA Kualitatif & Kuantitatif !

Untuk lebih lengkap makalahnya silakan klik di bawah ini!!!
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :