Anatomi Fisiologi Manusia Praktikum, Makalah, Pengertian, Laporan Tetap

Posted by Sanjaya Yasin 3 komentar

Ditulis oleh : Sanjaya Yasin

Anatomi fisiologi manusiaLaporan tetap Anatomi fisiologi manusia Di susun guna memenuhi salah satu syarat Untuk mengikuti ujian akhir praktikum Anatomi fisiologi manusia.  
 judul artikel ini adalah (Anatomi Fisiologi Manusia Praktikum, Makalah, Pengertian, Laporan Tetap)

Dibawah ini silahkan anda baca Bab I serta Bab III nya dikarenakan ada beberapa kendala yang tidak bisa saya posting pada Bab II seperti adanya tabel, simbol, diagram dan data yang lainnya yang mendukung kelengkapan pada landasan teori. Namun anda jangan khawatir dulu karena Laporan Tetap Anatomi fisiologi manusia akan anda dapatkan dengan cara mengunduhnya.


BAB I
PENDAHULUAN
Anatomi Fisiologi Manusia Laporan Tetap

A.     Latar belakang

Anatomi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari ana yang artinya memisah-misahkan atau mengurai. Dan tomos yang artinya memotong-motong, jadi anatomi berarti mengurai dan memotong. Ilmu bentuk dan susunan tubuh di peroleh dengan cara mengurai badan melalui potongan bagian-bagian dari badan dan hubungan alat tubuh satu dengan yang lainnya sedangkan fisiologi adalah ilmu yang mempelajari faal fungsi atau pekerjaan dari tiap jaringan tubuh atau bagian dai alat  tubuh tersebut dan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada tubuh orang sakit kita harus terlebih dahulu mengetahui struktur dan fungsi tiap alat-alat dari susunan tubuh manusia yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Makanisme dan sifat khusus tubuh manusia hidup di luar pengendalian kita sendiri, misalnya rasa haus dan  lapar yang membuat kita mencari minum dan makan, perasaan dingin membuat kita mencari kehangatan dan perlindungan. Manusia sebenarnya bergerak secara otomatis kita mempunyai perasaan, fikiran,  dan pengetahuan yang merupakan suatu rangkaian kehidupan yang otomatis memungkinkan kita hidup pada berbagai keadaan. Pada manusia gugusan sel berfungsi khusus yang terdiri dari system saluran pencernaan untuk  mencerna dan mengabsorpsi makanan. System pernafasan berfungsi untuk mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida di sebut tata cara kerja pada masing-masing system  berperan dalam fungsi tubuh secara keseluruhan, jadi ilmu fisiologi adalah untuk menjelaskan faktor-faktor fisik dan kimia yang bertanggung jawab terhadap asal-usul perkembangan dan kemajuan kehidupan dari  virus atau bakkteri yang paling sederhana sampai manusia yang paling rumit.
 

1.2    Tujuan praktikum
  • Kita bias mengetahui otot-otot apa saja yang bekerja pada saat bergerak.
  • Kita bias mengetahui cara enentukan golongan darah.
  • Kita bias mengetahui pengaruh tubuh kita pada saat bekerja dan pada saat istirahat.

1.3     Tempat praktikum  : Laboratorium biologi IKIP MATARAM
1.4     Waktu            : 07.30



BAB III
PENUTUP
Anatomi Fisiologi Manusia > Laporan Tetap



4.1. Kesimpulan

Pada acara  I otot terlibat dalam semua pergerakan dengan bertentangan atau dengan kata lain mempunyai fungsi yang berbeda-beda, otot yang bekerja pada otot rahang adalah otot osmaksilaris adalah tulang rahang atas yang terdiri dari bagian kiri dan kana menjadi satu di dalam terdapat lubang-lubang besar yang di sebut dengan sinus dan di bawah osmaksilaris terdapat suatu tempat melekatnya urat gigi yang di sebut prosesus alveolaris. Dan osz sigomatikum terdapat tulang pipi yang terdiri dari dua tulang kiri dan kanan.  Pada os palatum tulang langit-langit terdiri dari dua buah tulang yaitu kiri dan kanan. Osmandibularis tulang rahang bawah dua buah kiri-kanan dan menjadi satu di pertengahan dagu bentuknya seperti logam muda, bagian muka membentuk taju yang di sebut prosesus korakoid yaitu tempat melekatnya otot-otot kunyah dan kondilus yang membentuk persedndihan tulang pipi. Pada tulang rahang atas dan bawah banyak mempunyai lubang-lubang yaitu tempat saraf dan pembuluh darah dan oshioid tulang lidah letaknya agak terpisah dari tulang-tulang wsajah yang lainnya yaitu terdapat di pangkal leher diantara otot leher, otot-otot yang bekerja pada saat tekukan tganganyaaitu otot kontraksi dan otot relaksasi di mana otot kontraksi berfungsi memendek sedangkan relaksasi memanjang pada poin A otot relaksasi 26,5cm sedangkan otot kontraksi 30cm, pada poin B kita bias mengetahui kegunaan atau fungsi dari otot-otot saat kita mengunyah sesuatu, pada poin C kita dapat mengetahui waktu yang di gunakan pada saat merentangkan tangan sambil mengangkat suatu benda jadi dari waktu yang di perlukann selama perlakuan 1-5 adalah  35detik, 15detik,8detik, 5detik, 2detik.

Pada cara II denyut nadi dan denyut jantung di pengaruhi oleh suhu panas dan dingin. Dimana seorang beradac di tempat panas pasti lebih tinggi suhu jantung dan denyut nadinya meningkat. Demikian ddengan seorang yang berada di tempat teduh akan denyut jantung dan denyut nadinya berkurang, nadi adalah gelombang yang dikirimkan melalui arteri sebagai respon tetrhadap dorongan darah dari jantung menuju aorta.hal ini tidak berhubungan dengan lewatnya jantung di sepanjang arteri. Tempat-tempat untuk meraba arteri adalah arteriria radialis pada pergelangan tangan, arteria temporalis super fisial pada bagian telinga arteria   dorsalis pada bagian kaki.

Pada acara III manusia di bagi ke dalam empat golongan darah besar, yaitu A,B,O dan AB. Proporsi manusi dalam golongan darah berbeda. Golongan darah AB sama dengan 5% , golongan darah A  40%, golongan darah B 10% dan golongan darah O 45%.sel-sel darah merah mempunyai antigen tertentu pada permukaannya anti gen ini di temukan secara genetic, sel-sel darah AB mempunyai antigen A dan B. sel-sel golongan darah A mempunyai antigen A dan sel-sel golongan darah B mempunyai anti gen B.golongan darah O tidak mempunyai anti gen. plasma seseorang mengandung anti bodi terhadap anti gen yang tidak cukup.orang yang mendapat darah di sebut resipien dan orang yang memberikan darah di sebut donor.



4.2. Saran

Adanya kesulitgan dalam hasil pengamatan selain faktor ketidak telitian dalam praktikum.


judul artikel ini adalah (Anatomi Fisiologi Manusia Praktikum, Makalah, Pengertian, Laporan Tetap)
Untuk lebih lengkap Anatomi Fisiologi Manusia Laporan Tetap silakan klik dibawah ini
Download disini!

Artikel Menarik lainnya :